Kuliner Yogya - Masakan Omah di Warung Bu Ageng

- Jumat, September 08, 2017

Kuliner Yogya - Masakan Omah di Warung Bu Ageng

 

Wisata Masakan #204
Warung Masakan Omah "BU AGENG"
Jl.Tirtodipuran No. 13 Yogyakarta
Telp: 0274-387191, 085329562888
Kangen masakan rumah? Coba deh ke Warung Masakan Omah Bu Ageng yng ada di Jl Tirtodipuran Jogja. Meskipun namanya warung, namun Bu Ageng ini menempati rumah yng cukup asri yang dengannya interior khas Jawa Kuno. Bu Ageng menyajikan masakan spesial yng berbeda setiap harinya, semisal disaat saya datang kesini, yng disarankan dicoba bagi atau bisa juga dikatakan untuk dicicipi merupakan Pangkal Lidah Goreng. Dari keterangan di buku menunya ditulis: Pedagang bestik di Solo menyebut Pangkal Lidah Goreng ini yang dengannya nama "elek-elekan", lantaran secara tampilan urat serta daging di pangkal lidah sapi ini memanglah elek atau juga tidak bagus. Hihihi, memanglah tampilannya tak membuat yakin sih. Umumnya ibu saya di rumah mengolah lidah sapi ini yang dengannya digoreng basah, namun di Bu Ageng ini pangkal lidah ini digoreng kering yang dengannya bumbu yng yahud. Kalo dicolek yang dengannya sambal bawang kayanya pas banget deh. Satu porsi Pangkal Lidah Goreng ini mampu dinikmati yang dengannya harga Rp. 22.000,-
Yng direkomendasikan pula dari Warung Bu Ageng ini merupakan Sayur Lodehnya. Kacang panjang, labu, nangka muda, tahu, daun melinjo, serta pula potongan pete hadir dalam kuah santan yng pekat nan gurih yang dengannya semburat rasa pedas yng tertinggal di lidah. Emang cocok disebut masakan omah, lodeh yng disajikan disini memanglah bener-bener bikin kangen masakan ibu di rumah. Jarang ada rumah makan yng menyajikan lodeh yang dengannya ramuan kuah semisal ini. Patoet dipoedjikan... Harga: Rp.7000.
Rebusan potongan daging ayam kampung yang dengannya dibumbui ramuan khusus, kecap serta cabe yng lantas digoreng, maka hadirlah satu porsi Ayam Nylekit. Ayam yng dipotong-potong yng rasanya menggigit atau juga nylekit, nylekit lantaran rasa pedesnya serta pula lantaran kenikmatan yng diberikan oleh menu yng satu ini. Harga: Rp.8000.
Buat dessertnya ada yng dahsyat nih: Bubur Duren Mlekoh. Dulu saya Suka dibuatkan hidangan semisal ini oleh ibu saya, lebih-lebih di bulan puasa: santan yang dengannya gula merah yang dengannya isi potongan roti tawar. Simpel namun hidangan yng ngangeni. Nah, Bubur Duren Mlekoh mengobati rasa kangen saya akan hidangan itu, namun bedanya terdapat aroma buah durian di dalam kuah santannya. Ya, buah durian ditambahkan dalam olahan santan serta gula merahnya. Juara! Harga: Rp. 9000.
Minumnya kalo yng mau anget-anget coba Jeruk Nipis Panas nya. Yng istimewa dari perasan jeruk nipis ini merupakan gula yng digunakannya, mempergunakan gula batu tradisional yng berwarna kuning. Meski penampilan gula ini tak membuat yakin namun rasa manis khasnya membuat Jeruk Nipis ini menjadi istimewa. Harga: Rp. 7000.
Nah, kalo mau seger-seger, cobain dua minuman seger ini: Es Cincau Hijau serta Es Kopyor Duren. Es Cincau Hijaunya pake gula merah, membuat rasa segernya lebih nyesss. Sementara Es Kopyor Duren adalah minuman unik yng mengagumkan, serutan daging kopyor dipadu yang dengannya aroma buah duren yng tak menyengat. Pilihan paduan yng pas menghasilkan minuman segar yng susah kita temukan di tempat lain. Es Cincau Hijau bisa kita tebus yang dengannya harga Rp. 9000 sedangkan Es Kopyor Duren RP. 15.000.
Saya diajak ke tempat ini oleh seorang blogger senior serta pula peracik teh asal Solo, Pakdhe Blontankpoer. Serta dari beliau juga saya baru tahu bahwasanya sebenarnya Warung Bu Ageng ini punyanya sang budayawan kondang, Mas Butet Kertaradjasa, yang dengannya dapur yng dikomandani langsung oleh istrinya. Pantes, selevel beliau pasti mempunyai standar tinggi bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap "hasil karya" yng dihasilkannya, salah satunya tentu aneka menu omahan di warung ini. Masih tidak sedikit menu lain yng kayaknya Perlu banget dicoba, sebut saja lele njingkrung, baceman kambing, sotong gelap, terik daging, sidat bumbu kecap serta masih tidak sedikit lagi. Kayaknya Perlu berulang kali balik ke sini deh. Serta saya setuju yang dengannya ucapan Mas Butet wacana makanan yng disajikan di Warung Bu Ageng ini, yng saya kutip dari jakartaglobe.com: "I guarantee you will like what we have here: If you don’t, there must be something wrong with your taste buds." Hahaha, can't more agree mas :)

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Yogya - Masakan Omah di Warung Bu Ageng

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Yogya - Masakan Omah di Warung Bu Ageng