Kuliner Manggar - Gangan Kepala Ketarap RM Fega

- Senin, September 04, 2017

Kuliner Manggar - Gangan Kepala Ketarap RM Fega

 

Wisata Masakan Indonesia #382
Masakan Manggar
RUMAH MAKAN FEGA
Jl. Assalam No.10 Manggar, Belitung Timur
Telepon: (0719) 91114
Mungkin dulu tak tidak sedikit di antara kita yng tahu ataupun pernah mendengar sebuah daerah bernama Manggar yng berada di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Namun, sesudah sebuah novel karya Andrea Hirata berjudul Laskar Pelangi, memperoleh apresiasi Amat besar, maka nama Manggar yng menjadi latar daerah cerita pada novel yang telah di sebutkan, mulai dikenal oleh masyarakat luas. Saya pun berkesempatan berkunjung ke "Negeri Laskar Pelangi" ini pada pertengahan tahun 2015 lalu. Serta disaat bicara masakan di daerah ini, maka nama olahan ikan yng dikenal yang dengannya Gangan, menjadi satu dari sekian banyaknya sajian yng tak boleh terlewatkan. Rumah Makan Fega adalah satu dari sekian banyaknya restoran yng menyajikan hidangan gangan menjdai satu dari sekian banyaknya menu utamanya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikannya dipakai ikan ketarap, jenis ikan laut yng hidup di perairan sekitar pulau Belitung. Ikan ini menjadi bahan utama di dalam kuah kuning, yng diperoleh dari racikan aneka bumbu semisal bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, serta sebagainya. Namun ada bumbu spesial yng pula menjadi tanda khas dari gangan yakni Nanas muda. Ya, kita mampu menemukan potongan nanas dalam kuah gangan yng menyuguhkan rasa asam segar yng berpadu yang dengannya rasa gurih serta tidak banyak rasa pedas. Slurrruuuppp.... Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bagian ikan ketarap yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk gangan ini kita mampu memilih bagian ekor, tengah ataupun kepalanya. Kalau saya sih tak ragu lagi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih kepalanya, lantaran selain aneka olahan kepala ikan menjadi favorit saya, kepala ketarap pula menyimpan "harta karun" yng berlimpah dibanding kepala ikan lain-lainnya. Apa itu? Lapisan kulit yng tebal serupa kikil sapi namun jauh lebih lembut. Ini dia bagian dari kepala ikan ketarap yng terindah bagi indera pengecap saya. Maka, yang dengannya bahan utama ikan ketarap segar yng diolah dalam kuah kuning yng khas nan lezat, maka Gangan Ikan Ketarap di RM Fega ini layak sekali oentoek dipeodjiken. Harga bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu porsi Gangan Ikan Ketarap yng bisa disantap oleh 2 hingga 3 orang ini merupakan 100 ribu rupiah.
Satu dari sekian banyaknya sajian spesial di RM Fega, serta pula menjadi masakan andalan di tempat lain-lainnya di Belitung, merupakan Ikan Bakar. Yang dengannya bumbu minimalis, kesegaran dari ikan ini bisa terlihat dari kekenyalan daging serta rasa natural yng dihadirkan. Belum lagi kita tak butuh direpotkan yang dengannya deretan duri yng sudah dilepaskan dari tempat asalnya. Tinggal cocolkan yang dengannya aneka sambal yng tersedia maka kita bisa menikmati masakan khas Belitung yng satu ini. Saya tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanyakan jenis ikan yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan bakar ini, umumnya dipakai ikan ilak ataupun ikan tenggiri. Harga bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan bakar ukuran besar merupakan Rp. 80ribu.
Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati aneka sayuran di sini semisal tauge, kangkung serta genjer. Olahan yng khas merupakan olahan mempergunakan terasi ataupun Suka pula disebut belacan. Misalnya Genjer Belacan, sayuran kaya serat ini Amat cocok dimasak yang dengannya sambal belacan menjadikan memberikan cita rasa yng kuat serta tentunya pedas, sekalian menjadi pelengkap yng menyempurnakan sang hidangan utama yakni ikan. Harga satu porsi genjer belacan ini merupakan Rp. 25ribu.
Rumah Makan Fega menjadi satu dari sekian banyaknya spot masakan favorit di kota Manggar ini lantaran tak cuma menyajikan hidangan khas Belitung yang dengannya olahan yng lezat, akan tetapi pula memberikan suasana segar serta indah lantaran terdapat atau terletak persis di samping Danau/Kolong Bendung. Bentuk bangunannya pun menyerupai perahu yang dengannya tambahan dermaga kecil yng menjadi spot yng tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa berfoto-foto. Tidak heran, hampir setiap agen wisata maupun tamu-tamu daerah yng berkunjung ke Kabupaten Belitung Timur ini akan diajak bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati santapan di rumah makan ini. Negeri Laskar Pelangi ini memanglah tak cuma mempesona lantaran keindahan alamnya, namun pula lantaran "keindahan" masakan yng tersedia.

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Manggar - Gangan Kepala Ketarap RM Fega

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Manggar - Gangan Kepala Ketarap RM Fega