Kuliner 06 - Durian & Ikan Bakar Maluku

- Rabu, September 06, 2017

Sesudah dari Wamena, perjalanan saya selanjutnya merupakan ke Kota Masohi, Maluku Tengah. Bersama Mas Wisnu saya berangkat pada tanggal 15 Januari 2007 mempergunakan pesawat Batavia Air pukul 5 pagi serta mendarat di Bandara Pattimura Ambon sekitar pkl 14.30 WIT. Saya masih Perlu menyeberang ke Pulau Angker agar bisa ke tempat tujuan saya di Masohi. Di bandara Pattimura kami dijemput pak Johannis serta tim dari Pemkab Maluku Tengah serta masih dibutuhkan 8 jam perjalanan lewat darat serta laut hingga tiba di Masohi.
Sesudah kira-kira 1 jam lebih naik kendaraan beroda empat, akhirnya kami hingga ke pelabuhan bagi atau bisa juga dikatakan untuk naik ferry yng membawa kami menyeberang ke pulau Angker. Makanan yng pertama kali saya makan di maluku ini merupakan Indomie Telur, yng saya pesan diatas ferry. Entah kenapa, indomie di artikel ini terasa nikmat sekali bagi saya. Mungkin lantaran sedang lapar sesudah menempuh perjalanan yng cukup jauh ditambah yang dengannya sepoi-sepoi angin di lautan maluku, menjadikan makan indomie pun terasa Amat istimewa sekali :) Sesudah turun dari ferry, saya masih Perlu menempuh perjalanan sekitar 4 jam lagi, serta baru mampu masuk hotel menjelang pukul 11 malam.
Keesokan harinya, sesudah melakukan survey, kami diajak makan siang menikmati ikan bakar. saya dipilihkan ikan kerapu yng besar. Dagingnya Amat empuk serta tebal. Hampir percis yang dengannya ikan bakar di Makassar, ikan ini dibakar yang dengannya bumbu minimalis namun disajikan yang dengannya macam-macam bumbu serta sambal. Namun buat saya yng penting ada kecap, itu telah cukup. Puas serta kenyang sekali rasanya makan siang saya di artikel ini.
Malam harinya, sesudah makan malam saya berjalan-jalan melihat-lihat kota. Di depan Plaza Masohi, berjejer para pedagang durian. Durian di sini kecil-kecil, paling sebesar jeruk bali, namun soal rasa jangan ditanya. dagingnya begitu legit, membuat kita sulit utk berhenti. Harganya pun murah, cuma Rp.10.000,- bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu ikat yng berisi 4 buah durian.
Besoknya saya telah Perlu kembali ke Ambon yang dengannya mempergunakan speed boat lantaran ferry sedang dalam perbaikan. Lumayan tegang pula lantaran minggu lalu pernah liat di tv ada kecelakaan speed boat di tempat maluku hehehe...
What a trip... Mudah2an saya punya peluang utk kembali ke sini...
Score (1-10):
Indomie di atas kapal ferry : 8
Ikan Kerapu Bakar : 8,5
Durian Maluku : 8

Masakan lain di kota ini:

Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)