Kuliner Jakarta - Es Krim Ragusa

- Selasa, Agustus 15, 2017

Kuliner Jakarta - Es Krim Ragusa

 

Wisata Masakan Indonesia #383
Masakan Jakarta
ES KRIM RAGUSA
Jalan Veteran I, No. 10, Gambir, Jakarta Pusat
Telepon: (021) 3849123
Es Krim, siapa sih yng ga suka dessert yng satu ini? Di setiap sudut kota kita mampu yang dengannya gampang menemukan pedagang es krim mulai dari di restoran, supermarket, mini market, halaman sekolah hingga tukang es krim yng berkeliling yang dengannya mempergunakan sepeda. Namun tak tidak sedikit kita mampu temukan kedai makan yng memanglah mengkhususkan dirinya berjualan yang dengannya menu es krim, apalagi yng usianya telah puluhan tahun. Di Semarang serta Malang ada Toko Oen yng legendaris, di Medan kita mampu ke Restaurant Tip Top, ada pula Sumber Hidangan ataupun Rasa di Bandung, sedangkan di Surabaya ada Zangrandi yng Amat kondang. Bagaimana yang dengannya di Jakarta? Nama Es Krim Ragusa pastinya telah melekat di para pecinta es krim di ibukota ini. Menempati bangunan vintage di bilangan Jalan Veteran, Es Krim Ragusa memberikan es krim yang dengannya tujuh rasa utama. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng regular ada rasa mocca, vanilla, chocolate, strawberry serta nougat. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng premium ada rasa durian serta rum raisin. Ada dua yng jadi favorit saya, yng pertama merupakan Es Krim Nougat. Cita rasa kacang yng kuat menyeruak begitu es krim berwarna hijau ini lumer di mulut kita, bukan lantaran taburan kacang di atasnya, namun memanglah es krim nougat ini mengusung rasa kacang yng jarang kita jumpai di sajian es krim lain-lainnya. Sementara rasa favorit saya yng kedua merupakan Es Krim Durian, jangan hayalkan rasa durian yng muncul semisal es krim puter duren yng tidak sedikit kita jumpai di kaki lima. Rasa duriannya Amat halus dibalut yang dengannya tekstur es krim yng memanglah lembut, tak terlebih namun pula tak kehilangan rasa duriannya. Seporsi es krim standard ini kita mampu nikmati yang dengannya harga Rp 15-20 ribu.
Kalau ingin yng lebih komplit, Es Krim Ragusa pula menyediakan menu lain semisal Special Mix, Tutti Frutti, Spaghetti Ice Cream serta sebagainya. Saya baru berupaya yng Special Mix, dalam satu mangkuk kita akan mendapatkan empat rasa es krim sekalian: coklat, vanila, straberry serta nougat. Cukup memuaskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk harga Rp. 25.000. Buat saya, yng unik dari Es Krim Ragusa ini merupakan teksturnya yng lembut menjadikan kesan home made nya menjadi kuat. Namun kelemahannya merupakan es krim ini cepat mencair, apalagi andai kita menyantapnya di siang hari, lantaran kedai ragusa ini tak mempunyai pendingin ruangan serta cuma mengandalkan kipas angin saja.
Oh iya, andai ingin santapan selain es krim, Ragusa "bekerja percis" yang dengannya para pedagang yng mangkal di depan kedainya menjadikan kita mampu menyantap aneka makanan yng orang-orang jajakan di kedai ini. Ada sate ayam, gado-gado, otak-otak, asinan jakarta serta mie juhi. Lumayan lah menjdai main course yng melengkapi sajian dessert es krim nya... (kebalik yah hehehe)
"Ragusa, Es Italia. Es Krim Traditional. Tanpa Bahan Pengawet. Sejak 1932" Jejeran kalimat yang telah di sebutkan terpasang di dinding tengah dari bangunan Belanda yng ditempati kedai ini sejak tahun 1947, sesudah sebelumnya es krim ragusa dijajakan di Pasar Gambir (Jakarta Fair) sejak tahun 1932. Itulah info yng saya bisa dari Wikipedia. Entah era ini telah dikelola oleh generasi ke berapa, akan tetapi cita rasa yng dipertahankan memanglah menjadikan Es Krim Ragusa ini bisa bertahan hingga saat ini yang dengannya pelanggan yng pula telah berubah generasi.
Tidak salah andai Es Krim Ragusa layak menjadi destinasi wisata masakan yng Perlu dikunjungi di kota Jakarta ini.
Peta serta Alamat ES KRIM RAGUSA
Jalan Veteran I, No. 10, Gambir, Jakarta Pusat
Koordinat GPS: -6.169795, 106.829840

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Jakarta - Es Krim Ragusa

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Jakarta - Es Krim Ragusa