7 Kuliner Khas yang Halal di Kawasan Pecinan - Bogor

- Jumat, Agustus 18, 2017

7 Kuliner Khas yang Halal di Kawasan Pecinan - Bogor

 

Wisata Masakan Indonesia #393
Masakan Bogor
Jl. Suryakencana - Gg Aut Bogor
Selama perayaan tahun baru Imlek ini, hingga 15 hari ke depan, ada satu ruas jalan di Bogor yng menjadi pusat perhatian. Mengapa? Lantaran tempat ini terkenal menjdai satu dari sekian banyaknya daerah pecinan di kota Bogor, salah satunya menjadi satu dari sekian banyaknya lokasi pusat perayaan Cap Go Meh yng akan diadakan pada tanggal 22 Februari 2016 kelak. Ruas jalan itu merupakan Jalan Suryakencana, dimana di satu dari sekian banyaknya sudutnya terdapat kelenteng tertua di kota Bogor yakni Kelenteng Hok Tek Bio yng pula menjadi pusat perayaan imlek di kota hujan ini. Tak cuma itu, Jl Suryakencana pula dikenal menjdai satu dari sekian banyaknya pusat masakan tradisional. Membentang sepanjang tidak lebih lebih 1 kilometer mulai dari tempat Pasar Bogor hingga Perempatan Gang Aut/Jl Roda, beberapa masakan khas kota hujan hadir di tempat ini. Tentunya ada beberapa masakan yng non-halal bagi kaum muslim, namun tetap mayoritas menyajikan masakan yng halal. Kita akan melihat satu sudut di ruas jalan ini, tepatnya di perempatan Jl Suryakencana yang dengannya Gang Aut serta Jl. Roda. Aneka masakan tradisional khas Bogor hadir di tempat ini, namun paling tak ini dia 7 (tujuh) masakan yng Perlu Kamu coba:

1. Cungkring


Tak tidak sedikit yng mengenal masakan khas Bogor yng satu ini. Namanya pun asing bagi tidak sedikit orang. Namun di tempat ini ada pedagang cungkring yng telah berjualan selama 3 (tiga) generasi. Cungkring Pak Jumat namanya, diambil dari nama sang pedagang generasi kedua. Cungkring sendiri merupakan potongan kikil ataupun bagian pipi sapi yng dimasak yang dengannya bumbu kuning, lantas disajikan yang dengannya bumbu kacang yang dengannya aroma legit menjdai bumbunya. Ada pula tempe yng digoreng kering dan lontong bagi atau bisa juga dikatakan untuk menemaninya. Cungkring ini cuma ada di pagi hari, mulai pukul 7 hingga sekitar pukul 11. Namun andai sedang ramai, khususnya di akhir pekan, bisa-bisa jam 9 pula telah habis.
Coretan lengkap perihal cungkring ini mampu dibaca di sini.

2. Soto Kuning

Soto kuning adalah satu dari sekian banyaknya ikon masakan khas kota Bogor. Kuah santan yng kuning yang dengannya aroma gurih kaya rempah membanjiri mangkok yng berisi daging serta jeroan sapi. Cukup tidak sedikit penjaja soto kuning di Jl. Suryakencana ini. Yng tidak sedikit direkomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pagi serta siang hari merupakan Soto Pak Yusup, sementara kalau sore hari silakan cicipi Soto Pak Salam, yng berada sekitar 50 meter dari sudut jalan ini ke arah Jl Siliwangi. Padatnya antrian para pengunjung di kedai kaki lima ini cukup memperlihatkan kualitas serta performa dari masakan yng satu ini. Tidak lebih elok tampaknya jalan-jalan ke Bogor tanpa merasakan Soto Kuning ini.
Coretan lengkap perihal Soto Pak Salam mampu dibaca di sini

3. Asinan Bogor serta Asinan Jagung Bakar

Ada dua jenis Asinan Bogor yng mampu kita nikmati: Asinan Buah ataupun Asinan Sayur. Potongan buah semisal timun, nanas, salak, jambu, pepaya, bengkuang serta buah pala "tenggelam" dalam kuah asinan Bogor yng asam serta pedas. Ataupun mampu pula memilih Asinan Sayur yng berisi wortel, lobak, kol, tauge, sayur asin, tahu, timun, serta sebagainya. Disajikan yang dengannya butiran kacang tanah serta kerupuk kuning menjdai pelengkap. Masuk tidak banyak dari perempatan tesebut ke Jl. Roda, ada pedagang Asinan Bogor yng telah turun temurun hingga tiga generasi menjajakan masakan khas Bogor ini.
Nah andai Asinan Bogor telah terkenal menjdai satu dari sekian banyaknya masakan serta oleh-oleh khas Bogor, namun tahukah Kamu ada yng namanya Asinan Jagung Bakar? Ya, jagung manis yng dibakar ataupun dipanaskan di atas plat besi diguyur yang dengannya "kuah" asinan yng asam serta pedas, serupa yang dengannya kuah asinan Bogor, sueeggerrrr.... Saya lebih suka dibawa pulang bagi atau bisa juga dikatakan untuk disimpan berlebi dahulu di lemari pendingin biar lebih nyosss...

4. Laksa Bogor

Masuk tidak banyak ke Gg Aut akan kita jumpai tenda yang dengannya goresan pena Laksa Gg. Aut yng menyajikan laksa khas Bogor. Yng menjadi pembeda laksa Bogor yang dengannya laksa lain-lainnya merupakan penggunaan oncom menjdai "topping" dari kuah laksa kuningnya. Parutan kelapa yng sengaja dibiarkan kasar pula membuat sajian masakan bogor yng satu ini spesial.
Coretan lengkap perihal Laksa Gg. Aut mampu dibaca di sini

5. Aneka Pepes

Pepes ayam maupun pepes ikan mungkin biasa kita dengar ataupun kita makan. Namun bagaimana yang dengannya pepes sagu pisang, pepes oncom, pepes pete serta aneka pepes lain-lainnya? Tampaknya cuma di Jl. Suryakencana ini kita mampu menemukannya. Satu kedai kecil menyajikan aneka pepes serta menjadi satu dari sekian banyaknya buruan para pemburu masakan di tempat ini.

6. Es Pala serta Es Mangga

Cari yng segar-segar? Es Pala serta Es Mangga di sini mampu jadi solusinya. Didalam es mangga kita akan menemukan potongan buah mangga muda yng diiris tipis di dalam air gula, pun mirip yang dengannya es pala yng berisikan buah pala. Satu dari sekian banyaknya "dessert" segar khas dari Bogor

7. Bir Kocok

Meskipun namanya Bir,akan tetapi bir yng satu ini halal koq, lantaran tak memiliki kandungan alkohol. "Bir tradisional" ini terbuat dari paduan jahe, kayu manis serta gula merah, yng di-"kocok" yang dengannya es batu, menjadikan menghasilkan minuman yng menyegarkan rongga mulut namun bisa menghangatkan badan.
Pada tanggal 10 Februari 2016, Walikota Bogor Bima Arya meresmikan "Lawang Suryakencana", sebuah gerbang tempat pecinan di depan Jl. Suryakencana, serta pula menjdai satu dari sekian banyaknya jalan tertua di kota Bogor ini. Tempat ini pula memanglah lekat andai kita berbicara perihal wisata masakan di Bogor, Tak cuma tujuh jenis masakan di atas sebetulnya, namun sepanjang jalan ini kita mampu menemukan aneka jajanan lain-lainnya semisal toge goreng, dodongkal, comro, wedang ronde, gorengan, sate sumsum, nasi goreng pete serta sebagainya. Jadi, catat ruas jalan ini menjdai destinasi Kamu yng berburu masakan di kota ini.
Peta Perempatan Jl. Suryakencana - Gg Aut:
Koordinat GPS: -6.60993, 106.80447

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar 7 Kuliner Khas yang Halal di Kawasan Pecinan - Bogor

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 7 Kuliner Khas yang Halal di Kawasan Pecinan - Bogor