Gandos Jajan Pasar Menggoda Selera

- Kamis, April 06, 2017

Gandos Jajan Pasar Menggoda Selera

 

Gandos merupakan satu dari sekian banyaknya jajanan tradisional di Yogyakarta. Awal mula saya mengenal makanan ini disaat saya menghadiri pernikahan saudara saya di Surabaya. Saya belanja bersama eyang ke pasar tradisional di daerah Waru Sidoarjo, era saya coba Amat enak serta gurih sesudah saya tanyak pak penjualnya di daerah Surabaya serta sekitarnya di kasih nama Rangin. Sejak era itu saya mengenal makanan ini yang dengannya nama Rangin.
Pendapat dari Wikipedia : Gandos merupakan jajanan khas yng bisa didapati di Jawa. Gandos terbuat dari adonan tepung beras dicampur santan kelapa ditambah garam secukupnya. Gandos dibuat di dalam cetakan loyang yang dengannya api superpanas di bawahnya. Pengaruh garam membuat dominasi rasa gurih jajanan tradisional ini. Bagi penyuka rasa manis umumnya cukup meminta tidak banyak taburan gula tebu di permukaanya. Kue Gandos ada yng menyebutnya kue rangin maupun pancong. orang Surabaya menamakannya rangin, orang Jakarta mengistilahkan kue pancong, orang Bandung menyebutnya bandros, orang Bojonegoro mengatakan tratak jaran, serta orang Bali memberikan nama daluman. Bentuknya melengkung yang dengannya ketebalan sekitar 2 cm. Bagian di dalam kue berwarna putih. Sedangkan pada permukaan kulitnya berrona warna coklat. Rasa Gandos cukup gurih serta nikmat yng memberikan nuansa nostalgia pada cita rasa kue tradisional

Sesudah saya beberapa lama Suka bisa tugas bagi atau bisa juga dikatakan untuk belanja di pasar, baru lah saya kadang menemukan pedagang rangin di jogja, yng membuat saya aneh merupakan orang-orang selalu teriak "Pak Gasdos Pak". Saya berpikir awal mulanya Gandos serta Rangin berbeda cuma bentuknya saja yng percis, lantaran malam ber spekulasi akhirnya saya enggan membeli.
Didorong rasa penasaran saya Suka melihat bapak itu berjualan, akhirnya sesudah 6 bulan saya berupaya membeli. Saya beli Rp 4000 mendapatkan 10 Gandong ataupun Rangin. Rangin ini dibuat yang dengannya cetakan percis persis yang dengannya cetakan kue pukis, yng memberdakan cuma ukuran lebih kecil saja. Rangin ataupun Gandos ini di buat dari campuran antara Kelapa Parut serta Tepung Beras dan tambahan garam secukupnya. Gandos di masak yang dengannya posisi loyang yng Amat panas, gandos tak butuh waktu lama bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemasakan sekitar 10 menit bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu loyang.

Gandos mempunyai cita rasa yng gurih, bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng tak suka yang dengannya rasanya yng terlalu gurih mampu meminta bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditambah taburan gula pasir agar tak terllau eneg era kita menikmatinya. Saya Amat merekomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng ingin menikmati Jajan Pasar Gandos ini agar dinikmati selagi panas.



Source Article and Picture : www.kulinerwisata.com

Seputar Gandos Jajan Pasar Menggoda Selera

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Gandos Jajan Pasar Menggoda Selera