Kuliner Manado - Bubur Manado alias Tinutuan

- Rabu, Agustus 16, 2017

Kuliner Manado - Bubur Manado alias Tinutuan

 

Wisata Masakan Indonesia #196
Dego Dego Manado Cafe
Jl Wakeke No 11 Manado
Telp 0431 874824
Gak sah kayaknya kalo ke Manado namun tak merasakan masakan Manado yng satu ini: Bubur Manado atau juga Tinutuan. Ya, bubur manado ini memanglah seolah menjadi makanan wajib yng Perlu dicicipi siapapun yng berkunjung ke Manado. Makanya disaat berkunjung ke Manado bulan Desember 2011 lalu, saya langsung berburu Bubur Manado ini tempat wisata tempat makanan Manado di ruas jalan Wakeke. Saya menuju Dego-Dego Cafe, satu dari sekian banyaknya restoran di ruas jalan wakeke ini yng berada di seberang Hotel New Queen. Melihat di daftar menu, sebenarnya ada dua jenis Tinutuan yng bisa dipesan di resto/cafe ini, Tinutuan Biasa serta Tinutuan Campur yng didalam buburnya pula ditambahkan mie kuning. Saya pilih Tinutuan Biasa bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan rasa original, walhasil tidak lama lantas tersajilah semangkuk bubur manado yang dengannya harum yng khas. Bubur yang dengannya campuran labu kuning, singkong, bayam, kangkung, jagung serta pula daun kemangi ini memanglah selalu menjadi masakan favorit saya. Rasanya yng lezat serta kandungan gizinya yng terjamin membuat saya langsung menyantap habis tinutuan yng tersaji ini. Satu mangkuk besar Tinutuan ini bisa dinikmati yang dengannya harga Rp. 9500.
Eh tunggu dulu, sebenarnya ada pelengkap yng mampu menjadikan Tinutuan ini semakin mantab... Cobalah pesan Perkedel Milu serta Nike Goreng buat sahabat lauknya. Perkedel Milu merupakan perkedel jagung, yng agak berbeda merupakan jagungnya dihancurkan dulu, semisal diparut, tak semisal perkedel jagung yng Suka saya jumpai yang dengannya bulir jagung yng masih utuh. Sementara ikan nike sendiri semisal merupakan ikan kecil, semisal ikan teri, yng digoreng yang dengannya tepung terigu. Rasanya renyah serta asin. Pas banget menjadi sahabat pelengkap sang hidangan utama. Harga Perkedel Milu ataupun Nike Goreng ini Rp. 4000/pc.
Tidak sedikit hotel di Manado yng menyajikan Tinutuan atau juga Bubur Manado ini menjdai menu sarapannya. Namun memanglah makan tinutuan di Dego Dego ini memberikan cita rasa berbeda. Selain mampu memilih pelengkap yng pas, "kandungan" bahan-bahan pembentuk bubur manado ini pula terasa lebih lengkap serta pas di sini. Menuru Wikipedia, tempat Wakeke ini memanglah dijadikan tempat wisata tempat makanan Manado oleh pemerintah Kota Manado, melalui Dinas Pariwisata, sejak tahun 2004-2005. Berderet resto lantas muncul di tempat ini, yng menyajikan masakan khas Manado. Namun memanglah Dego-Dego terlihat paling ramai serta besar dibanding resto lain-lainnya. Jadi, yuk kita berwisata masakan Manado di Wakeke, serta coba aneka menu khas lain-lainnya semisal Mie Cakalang.

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Manado - Bubur Manado alias Tinutuan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Manado - Bubur Manado alias Tinutuan