Kuliner Madiun - Pecel Mbak Yayuk

- Jumat, Juni 16, 2017

Kuliner Madiun - Pecel Mbak Yayuk

 

Wisata Masakan Indonesia #387
Masakan Madiun
PECEL MBAK YAYUK
Jl. S. Parman (depan Carefour) - Madiun
Jam 4 lewat 20 menit, matahari belum menunjukan sinarnya disaat kereta Gajayana yng saya tumpangi bersandar di stasiun Madiun. Perjalanan lebih dari 10 jam dari stasiun Gambir cukup membuat badan saya remuk serta yng terang perut keroncongan. Tidak heran, begitu rekan-rekan dari Madiun menjemput saya serta rombongan, tujuan pertama kami bukanlah tempat menginap, melainkan tempat sarapan. Namun apakah telah ada tempat sarapan yng buka di pagi buta ini? Sebenarnya tempat makan di kota Madiun tidak sedikit yng buka 24 jam, salah satunya satu dari sekian banyaknya kedai yng akhirnya kami sambangi, Depot Mbak Yayuk. Apa menu utama yng disajikan di tempat ini? Apalagi kalau bukan Nasi Pecel. Ya, Pecel memanglah telah sukses menancapkan namanya menjdai top of mind disaat berbicara perihal masakan khas kota Madiun. Tidak lama menanti, satu porsi nasi pecel telah tersaji dalam pincuk daun pisang di depan saya: nasi putih dilengkapi aneka sayuran semisal tauge, kacang panjang, bayam serta lain-lainnya, lantas diguyur bumbu pecel serta dibubuhi potongan daun kemangi. Menjdai pelengkap ada taburan serundeng serta peyek teri. Bumbu pecel di mbak yayuk ini cenderung gurih yang dengannya rasa semburat rasa manis yng tak terlalu kuat, serta rasa pedas yng buat saya cukup, tak terlalu pedas namun pula cukup menggigit lidah. Taburan serundengnya tak cuma menjadi pelengkap penampilan, namun pula melengkapi cita rasa yng disajikan, ada sentuhan manis pula di sini. Peyek terinya pun layak diapresiasi, nyekris banget yang dengannya rasa asin yng jadi pemersatu seluruh elemen yng hadir di pecel ini. Yng jadi masalah buat saya di sini merupakan porsinya, tanggung. Mau nambah takut kekenyangan, namun gak nambah kayaknya masih tidak lebih. Mungkin efek dari perjalanan jauh ya, yng membuat rasa laparnya naek level.
Aneka lauk pendamping pula tersedia di sini, ada telur ceplok, telur dadar, paru, ayam goreng serta sebagainya. Kalau buat saya telor ceplok serta paru goreng merupakan sahabat yng paling akrab berdampingan yang dengannya nasi pecel. Selain pecel, di Depot Mbak Yayuk ini pula ada menu utama lain-lainnya yakni Nasi Rawon. Kuah rawon yng hitam lantaran olahan kluwek yng khasi dihadirkan bersama nasi putih, potongan daging sapi yng cukup ramah, tauge serta pula sambal di pinggiran piringnya. saya cuma tidak banyak merasakan rawon ini lantaran pesenan sahabat, namun kuahnya terasa agak ringan yang dengannya lebih banyak didominasi rasa asin gurih yng khas. Agak kontradiktif yang dengannya nasi pecel yng kaya rasa.
Sumber photo: Google Street View
Sangatlah gampang menemukan penjaja nasi pecel di Madiun, hampir di setiap sudut kota kita mampu menemukan pedagang masakan andalan kota ini. Malah beberapa di antaranya telah termahsyur serta berjualan pecel sejak puluhan tahun lalu. Sebut saja Pecel Bu Wo, Pecel Yu Gembrot, Pecel Murni, Warung Pojok serta Depot Mbak Yayuk ini. Kita pula mampu membawa bumbu pecel khas Madiun ini menjdai oleh-oleh maupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita nikmati sendiri di rumah. Dijamin bumbu pecel dari Madiun ini berbeda yang dengannya bumbu pecel yng saat ini tidak sedikit dijajakan di supermarket di Jakarta. Intinya, jangan pernah ngaku ke Madiun kalau belum merasakan kelezatan nasi pecelnya.
Peta serta Alamat Pecel Mbak Yayuk
Jl. S. Parman (depan Carefour)
Koordinat GPS: -7.623224, 111.533222

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Madiun - Pecel Mbak Yayuk

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Madiun - Pecel Mbak Yayuk