Kuliner Wonosobo - Mie Ongklok Bu Umi

- Sabtu, Januari 14, 2017

Kuliner Wonosobo - Mie Ongklok Bu Umi

 

Wisata Masakan Indonesia #261
Mie Ongklok BU UMI
Jl. Masjid, Kauman Utara
Wonosobo
Buat saya, ini merupakan satu dari sekian banyaknya jenis olahan mie yng paling enak sedunia: Mie Ongklok, masakan khas dari kota Wonosobo. Satu dari sekian banyaknya penjajanya yng tidak sedikit direkomendasikan merupakan Mie Ongklok Bu Umi. Mie kuning ditambah kol yng telah direbus, lantas diguyur yang dengannya kuah "jenang" dari tepung kanji, tidak tidak ingat cacahan daun kucai, taburan bawang goreng serta potongan cabe rawit. Cita rasa manis serta gurih dari ebi mencuat sejak suapan pertama, ditambah sentuhan pedas dari cabe rawit... buat saya, mie ongklok ini benar-benar memberikan "keindahan" yng "ngangeni" buat indera pengecap saya. Harga satu porsi mangkuk Mie Ongklok di Bu Umi ini pula cukup terjangkau, cuma Rp. 5.000 saja.
Makan Mie Ongklok taklah lengkap andai tak ditemani yang dengannya sate sapi. Ya, buat saya mie ongklok itu Perlu di-jejerke yang dengannya sate. Sate sapi yng dihidangkan di kedai Bu Umi ini pula simpel, yang dengannya potongan daging yng kecil-kecil, serta bumbu kacang yng halus serta manis. Bumbu kacangnya ini sebetulnya yng akan memperkuat rasa kuah "jenang" dari mie ongklok, jadi umumnya saya ambil bumbu sate ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk dicampurkan yang dengannya kuah mie ongklok menjadikan menciptakan rasa yng paripurna. Nyosss.... Satu porsi sate sapi berisi 10 tusuk ini harganya Rp. 14.000.
Yng tak boleh dilewatkan sambil makan mie Ongklok ini merupakan kudapan khas yng tersaji di meja: Geblek serta Tempe Kemul. Geblek ini mirip yang dengannya cireng kalo dari tatar Sunda, namun tak terlalu asin. Saya sih kalo di rumah seneng makan geblek yng dicocol yang dengannya bumbu pecel. Kalo Tempe Kemul merupakan irisan tempe tipis yng digoreng yang dengannya kemul atau juga selimut tepung yng pula diberi cacahan daun kucai. Gurihh.. Satu porong gorengan ini harganya Rp. 600.
Mie Ongklok serta Sate Bu Umi terdapat atau terletak di Jl. Masjid, tak jauh dari alun-alun kota Wonosobo, cukup terus menuju ke arah Utara, sekitar 500m kita akan menemukannya di sisi jalan. Ada satu lagi kedai Mie Ongklok yng lebih ramai, yng pula tak terlalu jauh dari kedai ini, yakni Mie Ongklok Longkrang. Lebih ramai lantaran longkrang ini berada di jalan utama yng dilintasi orang yng baru berwisata dari daerah Dieng. Sementara saya adalah pecinta berat Mie Ongklok lantaran Wonosobo adalah kota asal dari keluarga ayahanda tercinta. Jadi sejak kecil, masakan wonosobo yng satu ini telah Amat lekat yang dengannya lidah serta hati saya. Namun sejak mbah telah tak ada, saya jarang ke Wonosobo, namun kerinduan akan mie ongklok selalu terobati lantaran andai keluarga besar berkumpul di Jakarta ataupun di Bandung, Mie Ongklok selalu menjadi sajian wajib, lantaran ibu serta bulik-bulik saya pula piawai memasaknya. Di tengah kesegaran udara kota Wonosobo, Mie Ongklok merupakan jawaban paling tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kamu yng mencari kehangatan...
Mau tahu tempat makan lain-lainnya di Wonosobo? Silakan lihat disini -> Wisata Masakan Wonosobo

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Wonosobo - Mie Ongklok Bu Umi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Wonosobo - Mie Ongklok Bu Umi