Mie Lethek Mbah Mendes Ring Road

- Selasa, April 11, 2017

Mie Lethek Mbah Mendes Ring Road

 

Jogja adalah surganya masakan, tidak sedikit aneka makanan dari daerah sekitar Jogja sendiri ataupun luar kota malah luar pulau ada disini. Jogja yng dikenal menjdai kota pelajar pun kini pula dikenal yang dengannya surganya wisata serta masakan, tidak sedikit aneka masakan dari warung kaki lima hinggan restaurant serta hotel berkembang di kota kecil ini. Jogja yng era ini menjadi satu dari sekian banyaknya tujuan utama wisatawan membuat kota ini makin ramai serta indah nikmati yang dengannya keramahan masyarakatnya. Kini di antaranya muncul masakan baru yakni Mie Lethek Mbak Mendes, mie lethek ini berasal dari daerah batul yogyakarta.
Mie Lethek merupakan sebuah Bakmi yng menyerupai bakmi lain-lainnya, malah mungkin hampir percis yang dengannya Bakmi Jawa Khas Bantul. Keunikan Mie Lethek merupakan berasal dari bahan utamanya, yakni Mie. Dalam bahasa Jawa, “Lethek” berguna kusam ataupun kotor. Satu hal yng dinilai pertama kali merupakan penampakannya yng kusam ataupun kotor. Kenapa Mie yng kusam dijadikan bahan utama pembuatan menu ini? Mie Lethek bukan sembarang mie yng kusam saja. Dibalik kekusaman penampakan mie yang telah di sebutkan, kamu bisa tau bagaimana mie ini dibuat.
Bahan dasar dari Mie ini merupakan Gaplek ataupun Singkong yng telah terlebh dahulu dihaluskan menjadi tepung. Dari bahan dasar ini, telah mampu dimaklumi kalau warna tepung serta mie yng diperoleh tak akan secerah mie dari bahan dasar lain. Sesudah menjadi tepung, proses pembuatan mie ini sangatlah unik yang dengannya mempergunakan tenaga sapi. Sebuah pabrik Mie Lethek yng ada di tempat Bendo, Srandakan, Bantul menunjukan bagaimana adonan mie diratakan oleh seekor sapi yng selalu berjalan memutari loyang raksasa. Meskipun demikian, kehigenisan mie ini Amat terjamin serta kebugaran atau kesehatan mie ini pula tak bisa diragukan. Bagaimana tak? Mie ini diproduksi tanpa mempergunakan pewarna, serta pengawet. Tips mengeringkan Mie ini sendiri langsung yang dengannya sinar matahari, serta tak mempergunakan MSG sedikitpun. Sesudah adonan telah rata, maka proses pembuatan Mie Lethek yng siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimasak dilanjutkan semisal proses pembuatan mie pada biasanya.
Suasananya jawa banget, ditambah iringan tembang jawa serta keroncong membuat kita makin lahap menikmati disini. Warung makan ini telah buka dari sore, serta kalau malam tiba ramai sekali pengunjungnya. Warung mie lethek Mbah Mendes ini mengusung makanan sehat lantaran bebas MSG. Menunya tak jauh-jauh dari kumpulan menu bakmi-bakmi jawa. Ada mie godhog (rebus), mie goreng serta nasi goreng. Namun ada yng unik nih kawan, yng mungkin tak ada di warung bakmi lain yakni mie plecing. Apa itu mie plecing? Mie Plecing Sekilas mirip mie goreng biasa, namun dari rasa ini unik lho! Plecing sendiri yng kita tahu merupakan masakan khas Lombok yng mempergunakan kangkung menjdai bahan dasar. Rasanya cenderung asam dari tomat serta terasi pula pedas. Kalau ini versi mienya. Toppingnya tak memakai ayam, namun tahu. Enak banget! Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mie goreng, rasa yng kuat merupakan rasa bawang putih yng di tumis yang dengannya telur. Semisal yng saya bilang, rasa khas mie letheknya muncul.
Selain makanan yng nikmat, di Mie Mbah Mendes pula disediakan minuman yng nikmat semisal Teh Poci, Wedang Uwuh, Secang, dll. Minuman ini menambah suasana pedesaan tempo dulu yng Amat nyaman, jauh dari hiruk pikuk ke hidup-an kota.






Source Article and Picture : www.kulinerwisata.com

Seputar Mie Lethek Mbah Mendes Ring Road

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mie Lethek Mbah Mendes Ring Road