Kuliner : Gudeg Pawon

- Selasa, April 11, 2017

Kuliner : Gudeg Pawon

 
Gudeg Jogja? Tentu telah tidak asing lagi. Makanan khas ini ramai sekali serta gampang didapati di setiap sudut kota Jogja. Makanan ini memanglah cocok disantap di segala suasana, mulai dari menu sarapan, makan siang, makan malam, sampai-sampai dini hari.
Pedagang menu ini pula Amat tidak sedikit serta tersebar di seluruh penjuru Jogja. Mulai dari pedagang kaki lima yng buka di pagi hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyuplai kebutuhan sarapan warga Jogja, menu high-level yng terkenal semacam Gudeg Wijilan serta Gudeg Barek, sampai-sampai warung lesehan di emperan toko yng tutup di malam serta dini hari.
Dari sekian tidak sedikit gudeg yng ada di Jogja, sebenarnya beberapa di antaranya mempunyai keunikan serta tanda khas tersendiri. Di antaranya merupakan gudeg pawon. Di artikel ini, kita akan merasakan gudeg yng Amat terkenal serta legendaris yang telah di sebutkan.
Keunikan dari gudeg ini sebenernya bukan terdapat atau terletak pada menunya, malah boleh disebut rasa gudeg beraliran putih ini ndak ada yng istimewa bila dibandingkan yang dengannya gudeg-gudeg sejenis. Namun letak keunikannya merupakan tempat dijualnya gudeg ini, yakni di pawon ataupun dapur.
Tempat berjualan gudeg ini tak semisal warung-warung pada biasanya. Lantaran memanglah tempat berjualannya di pawon atau juga dapur, maka kita Perlu jeli bagi atau bisa juga dikatakan untuk menemukan tempat ini. Akan tetapi hal ini taklah susah, lantaran tempat ini gampang dikenali, yakni banyaknya kendaraan yng diparkir di depannya, mulai dari sepeda motor sampai-sampai mobil-mobil.
Lokasi gudeg ini berada pada Jalan Janturan, Glagah, Yogyakarta. Dari Jalan Kusumanegara, pada pertigaan di depan Toserba Pamela, belok ke selatan. Sesudah melewati kampus UTY serta Ahmad Dahlan, maka Kamu akan menemukan rumah yng di depannya tidak sedikit diparkir kendaraan, di situlah Gudeg Pawon berada.
Nuansa klasik langsung terasa disaat memasuki dapur yng berdiri sejak tahun 1958 ini. Dari pintu masuk, di sebelah kiri bisa kita lihat tungku berbahan bakar kayu yng masih dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasak gudeg ini. Di sebelah kanan bisa kita jumpai kursi-kursi andai kita ingin makan sambil menikmati nuansa klasik yng tercipta.
Menengok ke atas, akan ditemui atap tanpa asbes yng berwarna hitam lantaran banyaknya jelaga yng menempel di atas langit-langit. Kesan dapur makin kental disaat kita mendapati bumbu-bumbu dapur yng sengaja diletakkan di sudut ruangan.
Bagi yng terasa pengap bila berada di dalam dapur, mampu keluar serta duduk di kursi yng disediakan di luar. Namun, nuansa klasik yng dirasakan tak sedahsyat bila berada di dalam dapur.
Gudeg Pawon adalah satu dari sekian banyaknya makanan khas dini hari, lantaran warung ini buka sehari-hari pada pukul 23.30 sampai-sampai pukul 5 pagi. Akan tetapi umumnya sebelum pukul 5, gudeg ini telah habis. Menjadikan, bagi Kamu yng kelaparan pada tengah malam ataupun dini hari, gudeg ini patut dicoba.
Konon, dulu pedagang gudeg ini adalah pedagang gudeg keliling. Lantaran gudeg yng dijual Amat lezat, tidak sedikit orang yng tidak sabar bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanti si pedagang gudeg ini lewat, menjadikan orang-orang lantas Suka datang ke dapur si pedagang gudeg bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli gudeg yang telah di sebutkan secara langsung. Kebiasaan ini dia yng lantas mengilhami Gudeg Pawon.
Sampai-sampai kini gudeg ini masih terkenal, meski rasa dari gudeg ini pendapat dari kami biasa saja. Mungkin pembuat gudeg yng saat ini merupakan keturunan dari ibu pedagang gudeg perintis gudeg pawon ini, menjadikan kelezatan gudeg pawon yng saat ini tak sedahsyat gudeg pawon jaman dahulu.
Harga gudeg ini pula cukup murah, kami memesan gudeg yang dengannya telur, harganya cuma 4.000 rupiah per porsi. Akan tetapi nuansa klasik yng diperoleh disaat menyantap gudeg ini adalah nilai lebih dari gudeg ini.
Sumber : http://cahandong.org/2006/12/01/nuansa-klasik-gudeg-pawon.html

Source Article and Picture : www.kulinerwisata.com

Seputar Kuliner : Gudeg Pawon

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner : Gudeg Pawon