Kuliner 12 - Ikan Bakar Lae-Lae Makassar

- Jumat, April 07, 2017

Kuliner 12 - Ikan Bakar Lae-Lae Makassar

 

Kunjungan saya kedua kalinya ke Makassar yng adalah pusat Indonesia Timur di artikel ini tidak sedikit membawa oleh-oleh coretan masakan di kota ini. Seminggu saya disana, ramai sekali masakan khas Kota yng dahulu bernama Ujung Pandang ini. Oleh lantaran itu, goresan pena ihwal masakan kota Makassar ini saya bagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama ini akan berisi coretan ihwal Ikan Bakar Lae-Lae, satu dari sekian banyaknya rumah makan yng menyajikan menu utama macam-macam sea food yng terdapat atau terletak di sekeliling Pantai Losari.
Percis yang dengannya kunjungan saya ke Padang, beberapa waktu lalu, pada tanggal 24 Juni 2007 saya terbang ke Makassar selama satu minggu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi undangan Badan Litbang SDM Depkominfo bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan pelatihan TIK serta eGovernment bagi aparatur pemerintah di Propinsi Sulawesi Selatan. Mendarat di Bandara Hasanuddin Makassar, saya serta rekan seperjuangan, Hadi Susilo, langsung diajak menikmati makan siang Ikan Bakar, tepatnya di Ikan Bakar Lae-Lae.
Tiba di rumah makan ini, kita langsung diminta memilih ikan ataupun makanan laut lain-lainnya yng akan disajikan. Dari aneka macam jenis ikan, kita memilih ikan baronang bakar menjdai menu utama, yang dengannya beberapa porsi udang bakar serta udang goreng tepung menjdai pelengkap, serta tidak tidak ingat kangkung ktia pesan menjdai menu sayurannya. Ikan bakar ini disajikan yang dengannya aneka macam jenis sambal, akan tetapi yng Amat khas merupakan sambal mangga. Menjdai appetizer kita memesan otak-otak.

Bagaimana yang dengannya rasanya? Meskipun cukup enak, akan tetapi pendapat dari saya rasanya masih kalah yang dengannya ikan bakar di kota ini yng pernah saya kunjungi tahun lalu (lihat Masakan 03). Ikannya memanglah cukup mantap, namun bumbunya tak selezat di tempat itu. Otak-otaknya pula cukup enak, namun tak terlalu wah. Yng pendapat dari saya cukup lezat merupakan Udang Goreng Tepung-nya. Renyah serta gurih sampe ke kepala-kepalanya.

Minuman yng saya pesan waktu itu pula tak tidak lebih menarik, saya memesan Juice Terong Belanda. Rasanya semisal Juice jambu batu akan tetapi lebih cair. Amat menyegarkan di siang hari yng panas di kota Makassar ini. Selain juice ini, minuman yng layak dicoba merupakan Es Kelapa Muda, gula yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk es kelapa muda ini merupakan gula merah, menjadikan rasanya cukup "nendang" :). Saya memesan Es Kelapa Muda ini era malam yang terakhir kunjungan saya di artikel ini.
Jadi buat temen-temen yng mendapatkan peluang berkunjung ke makassar, Ikan Bakar Lae-Lae adalah satu dari sekian banyaknya tempat wisata masakan yng butuh dikunjungi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati beragam hidangan laut semisal ikan, udang serta cumi-cumi yng mampu disajikan yang dengannya aneka macam variasi semisal digoreng, dibakar, bumbu rica-rica, asam manis serta lain-lain. Selamat berupaya....
Score:
Ikan Bakar : 7
Udang Bakar : 7
Udang Goreng Tepung : 7,5
Otak-otak : 6,5
Juice Terong Belanda :7,5
Es Kelapa Muda : 8

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 12 - Ikan Bakar Lae-Lae Makassar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 12 - Ikan Bakar Lae-Lae Makassar