12 Kuliner Mie Khas dari Indonesia

- Senin, April 03, 2017

12 Kuliner Mie Khas dari Indonesia

 
Wisata Masakan Indonesia #353
Mie dipercaya berasal sejak ribuan tahun lalu dari daratan China, serta kini sudah menyebar ke seluruh dunia yang dengannya beraneka bentuk, rasa, jenis serta bahan dasar pembuatannya. Di Indonesia sendiri, era ini hampir setiap daerah mempunyai olahan mie yng unik serta khas. Olahan-olahan mie ini malah sudah menjadi ikon masakan khas dari daerah-daerah yang telah di sebutkan. Keragaman bumbu serta rempah yng dimiliki masakan nusantara sudah menjadikan mie bisa dibuat yang dengannya bermacam variasi yng Amat kaya. Berikut merupakan 12 masakan mie yng khas dari banyak sekali kota di Indonesia:

1. Mie Aceh

Mie Kepiting khas Aceh
Mie Aceh merupakan olahan mie khas dari provinsi Serambi Mekah. Secara umum dikuasai rasa pedas yang dengannya paduan gurih serta semburat rasa asam segar. Mie nya sendiri relatif besar serta kenyal. Umumnya tersedia dalam tiga jenis penyajian: Kuah, Goreng ataupun Basah (tak terlalu kering namun pula tak berkuah). Umumnya "Isi"nya pun mampu kita pilih: Udang, Daging, Jamur, Cumi-Cumi, Kepiting maupun gabungan dari pilihan-pilihan yang telah di sebutkan. Buat saya, pilihan isi favorit merupakan kepiting. Andai di Banda Aceh, maka kepiting dalam mie ini disajikan utuh. Satu dari sekian banyaknya penjaja Mie Aceh yng terkenal di Banda Aceh merupakan Mie Razali, kita pula mampu menemui penjaja Mie Aceh yng melegenda di kota Medan yakni Mie Titi Bobrok. Di beberapa kota besar di Jawa, kita pun mampu yang dengannya gampang menemukan penjaja Mie Aceh ini

2. Mie Celor

Mie Celor Khas Palembang
Andai kita ke Kota Palembang ataupun Jambi, Mie Celor adalah masakan wajib yng Perlu dicoba. Mienya berukuran besar serta lurus semisal spaghetti yang dengannya kuah kental yng adalah perpaduan antara santan, udang serta telur. Umumnya disajikan bersama potongan telur rebus, serpihan daging udang serta bawang goreng. Rasa asin serta gurih mendominasi cita rasa dari mie celor ini, pula aroma udang serta telur yng begitu terasa. Di Palembang, tidak sedikit bisa kita jumpai penjaja Mie Celor ini, di antaranya merupakan Mie Celor 26 Ilir H. M. Syafei Z. Sedangkan di Jambi terdapat kedai besar yng menyajikan Mie Celor ini menjdai menu utamanya yakni Mie Celor Hawa Jaya. Tidak banyak perbedaan Mie Celor Jambi serta Palembang ini merupakan penggunaan daging sapi yng menggantikan udangnya.

3. Mie Koba

Mie Koba khas Bangka Belitung
Koba diambil dari nama daerah di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, tempat dimana Mie Koba ini berasal. Kuah tenggiri yng segar serta gurih yang dengannya tidak banyak semburat rasa manis dari gula aren, menjadikan Mie Koba menjadi masakan khas Bangka Belitung yng tak boleh dilewatkan. Awal mulanya saya pikir tak ada unsur ikan di masakan yng satu ini, lantaran rasanya tak terlalu mencolok, namun sebenarnya bahkan ikan tenggiri lah kunci dari Mie Koba. Era ini Mie Koba tak cuma mampu dinikmati di tempat asalnya, namun telah mampu dinikmati pula di ibukota provinsi Bangka Belitung, Kota Pangkal Pinang. Mie Koba disajikan yang dengannya jeruk kunci yng khas bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambahkan kesegaran hidangan ini serta telur ayam rebus menjdai sahabat lauknya.

4. Mie Lendir

Mie Lendir atau juga Mie Rebus Kuah Kacang Khas Batam
Mendengar namanya awal mulanya saya gundah, mie jenis apa ini? Sebenarnya ini merupakan Mie Rebus Kuah Kacang yng bisa kita temukan menjdai menu sarapan di Kota Batam. Mie rebus yang dengannya tauge yng ditemani taburan bawang daun serta bawang goreng diguyur kuahnya yng kental (mungkin ini yng membuat disebut mie lendir), yang dengannya warna kecoklatan dari bumbu kacang. Rasa gurih serta manis yng berpadu yang dengannya cantik yang dengannya irisan cabe rawit bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkuat rasa yang dengannya sentuhan rasa pedas yng diperoleh, pula satu butir telur rebus menjdai penyempurna

5. Soto Mie

Soto Mie Khas Bogor
Ada yng bilang ini merupakan masakan khas Bogor, ada pula yng bilang khas Betawi. Namun yng terperinci soto mie ini memanglah gampang didapati di dua kota yang telah di sebutkan. Mie, bihun, wortel, lobak, kentang, risol, daging, kikil, emping, bawang goreng serta bawang daun bersatu dalam mangkok yng diguyur kuah soto bening yng segar. Umumnya para pemburu masakan yng tengah berwisata ke kota Bogor menjadikan Soto Mie ini menjdai satu dari sekian banyaknya destinasinya, lantaran memanglah Bogor terkenal yang dengannya banyaknya penjaja soto mie yng lezat.

6. Mie Kocok

Mie Kocok Khas Bandung special pake Sumsum Sapi
Kalau yng ini terperinci masakan khas Bandung. Mie kuning serta tauge yang dengannya kikil sapi serta kuah kaldu sapi yng kental. Di beberapa tempat, sumsum sapi jadi tambahan topping yng susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditolak. Tidak sedikit penjaja mie kocok bisa kita jumpai di kota Bandung, baik yng mempergunakan gerobak keliling, maupun yng menjualnya di kedai/kios permanen. Mie Kocok Mang Dadeng yng berjualan di Jl. Banteng (KH Ahmad Dahlan) menjadi satu dari sekian banyaknya penjaja Mie Kocok paling ternama di kota Bandung.

7. Mie Ongklok

Mie Ongklok Khas Wonosobo
Namanya mungkin asing bagi sebagian orang namun buat yng pernah berwisata ke Dieng, masakan mie khas Wonosobo ini pasti pernah orang-orang dengar. Ya, Mie Ongklok memanglah jarang kita jumpai di kota lain selain di kota Wonosobo, Jawa Tengah. Mie kuning ditambah kol yng telah direbus, lantas diguyur yang dengannya kuah "jenang" dari tepung kanji. Yng pula khas dari Mie Ongklok ini merupakan cacahan daun kucainya. Tidak tidak ingat taburan bawang goreng serta potongan cabe rawit. Cita rasa manis serta gurih dari ebi mencuat sejak suapan pertama, ditambah sentuhan pedas dari cabe rawit. Umumnya Mie Ongklok ini pula disantap bersama sate ayam yang dengannya bumbu kacang yng manis. Hmmm...

8. Mie Koclok

Mie Koclok Khas Cirebon
Yng ini Masakan kota Cirebon. Mie yng direbus ditemani irisan kol serta tauge diguyur kuah putih kental yng terbuat dari tepung maizena, kaldu ayam, santan kental dan tentunya merica serta garam. Suwiran ayam, bawang daung serta bawang goreng menjadi pelengkap yng tak boleh tidak di ingat-ingat lagi beserta potongan telur ayam rebus. Rasa asin nan gurih segera menyeruak di dalam rongga mulut kita begitu kuah mie koclok ini kita seruput. Rasa serta teksturnya yng unik memanglah membuat mie koclok ini menjadi spesial, apalagi makanan yng satu ini susah didapati di luar kota Cirebon

9. Bakmi Jogja

Bakmi Kuah khas Jogja
Mau rebus, goreng ataupun nyemek? Pedesnya segimana? Itulah pertanyaan standar yng biasa diajukan pedagang bakmi khas Jogja andai kita memesan masakan mie yng satu ini. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng rebus, mie akan direbus dalam kuah gurih ditemani ayam, kol, telor, tomat, daun bawang, acar serta taburan bawang goreng. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mie goreng, maka kecap menjadi kunci "pemersatu" seluruh ingredient di atas. Di beberapa tempat, proses memasak bakmi Jogja ini masih mempergunakan arang, mungkin ini dia yng membuat bumbunya lebih meresap ke dalam mie menjadikan membuat sajian menjadi nikmat. Bakmi Kadin yng berdiri tahun 1947 di Jogja adalah satu dari sekian banyaknya penjaja bakmi Jogja yng legendaris serta tidak sedikit peminatnya. Pula Bakmi Pele yng berjualan di tempat Alun-Alun Utara Jogja.

10. Mie Tiaw Sapi

Mie Tiaw Sapi Khas Pontianak
Bergeser ke Pontianak, ada sajian masakan khas di kota ini yng pula "diakui" di tingkat nasional, Mie Tiaw Sapi, mie lebar yng diolah yang dengannya daging sapi, babat, tauge serta sayuran. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng Mie Tiau Goreng awal mulanya lantaran berwarna coklat gelap, saya pikir mie tiaw ini akan terasa Amat manis, namun sebenarnya dugaan saya salah, rasanya bahkan cenderung asin. Salah dua penjaja Mie Tiaw ini di ibu kota Kalimantan Barat ini merupakan Mie Tiaw Apollo serta Mie Tiaw Polo yng kedainya bersebelahan di Jl. Pattimura. Uniknya di bagian depan Mie Tiaw Apollo tertulis: "Berdiri sejak tahun 1968 tidak pernah pindah" sementara kedai sebelah menulis "Mie Tiau Polo Pindahan dari sebelah" :)

11. Mie Kering

Mie Kering Khas Makassar
Selanjutnya kita menyeberang lagi ke Pulau Sulawesi, tepatnya ke ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makassar. Di kota ini kita mampu menemukan masakan Mie yng menjadi satu dari sekian banyaknya ikon kulinernya: Mie Kering. Disebut demikian lantaran memanglah mie yng disajikan merupakan mie kering atau juga mie yng digoreng kering semisal kerupuk. Keistimewaannya terasa disaat kuah panas diguyurkan diatasnya, tekstur mienya menjadi Amat khas, antara mulai lembut namun tetap menyisakan kerenyahannya. Kuahnya semisal kuah capcay yang dengannya sayuran serta potongan daging ayam. Dua pedagang mie kering yng cukup terkenal di Makassar ini merupakan Mie Titi serta Mie Anto.

12. Mie Cakalang

Mie Cakalang Khas Manado
Yang terakhir kita mengunjungi Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati Mie Cakalang yng mampu disajikan dalam bentuk goreng maupun kuah. Sekilas tak ada yng berbeda yang dengannya mie cakalang ini, namun begitu kita menyuapnya terdapat rasa yng unik yng diperoleh dari potongan ikan cakalang fufu atau juga cakalang asap, rasanya asin serta gurih. Malah lantaran "kesengsem' yang dengannya rasa cakalang yng khas ini saya pesan ikan cakalang goreng bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkuat cita rasa mie ini. Satu dari sekian banyaknya tempat dimana kita mampu menikmati sajian ini merupakan di satu dari sekian banyaknya pusat masakan di kota Manado, Jl. Wakeke, tepatnya di Dego Dego Manado Cafe
Nah itulah 12 masakan mie khas Nusantara yng pernah saya cicipi. Ada yng mau menambahkan???

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar 12 Kuliner Mie Khas dari Indonesia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 12 Kuliner Mie Khas dari Indonesia