Kuliner Ternate: Gohu Ikan Cakalang

- Sabtu, Februari 04, 2017

Kuliner Ternate: Gohu Ikan Cakalang

 

Wisata Masakan Indonesia #296
Gohu Ikan Cakalang
RM Poppeda
Pasar Bahari Memberikan kesan
Ternate
Potongan daging ikan cakalang mentah yng segar dilumuri garam, perasan lemon cui serta rajangan daun kemangi, tidak tidak ingat dibubuhi cabe rawit serta bawang merah yng telah ditumis yang dengannya tidak banyak minyak kelapa. Seluruh diaduk jadi satu serta tanpa dimasak. Daaann taraaaa.... hadirlah makanan khas Ternate ini: Gohu Ikan Cakalang. Saya Perlu beri 4 jempol buat cita rasa yng dihadirkan masakan yng satu ini, rasa asam segar dari lemon cui, gigitan rasa pedas dari cabe rawit, wangi khas dari daun kemangi berpadu cantik serta saling mengisi. Serta asiknya lagi tak ada rasa amis tidak banyak pun keluar dari daging ikan mentah yng disajikan, malah saya baru tahu bahwasanya Gohu ikan ini tak dimasak sesudah hampir menyantap 1/2 porsi yng disajikan. Juara banget! Lalu makanan apa yng cocok disandingkan yang dengannya Gohu ikan ini?
Katanya, gohu ikan ini paling cocok dimakan yang dengannya pisang ataupun singkong rebus. Pisang rebus? Menjdai orang Jawa yng selalu bergelut dngan nasi terdengar aneh makan lauk yang dengannya makanan pokoknya pisang rebus. Emang enak? Serta sebenarnya lidah jawa saya pun Perlu mengagumi cita rasa yng dihadirkan oleh paduan pisang rebus serta gohu ikan ini. Lezzaaatt... Yng menghentikan saya makan ini merupakan rongga perut saya yng tak menyisakan ruang yng kosong lagi, padahal rasanya mulut tak ingin berhenti mengunyah. Oh ya, selain ikan cakalang, gohu ikan ini pula umumnya mempergunakan ikan tuna menjdai bahan bakunya. Namun memanglah harganya lebih tidak murah.
Saya menikmati Gohu Ikan Cakalang ini di satu dari sekian banyaknya kedai simpel di samping Pasar Bahari Memberikan kesan Kota Ternate. Pasar yng bersih ini memanglah surga bagi para pemburu masakan ternate, tak cuma warung warung yng berjejer menjajakan masakan khas Ternate, akan tetapi pula beragam bahan masak yng khas di kota ini mampu didapati disini, sebut saja lemon cui, sagu bakar, bambu muda, cabe rawit, ikan asap serta sebagainya.
Wisata masakan Ternate memanglah tidak kalah indahnya yang dengannya wisata alam di kota ini semisal Danau Tolire, Batu Angus, Kraton Kesultanan Ternate serta sebagainya. Jadi, yuk berwisata ke Ternate...
Mau tau tempat makan lain-lainnya di kota Ternate? Klik aja disini > Masakan Ternate

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Ternate: Gohu Ikan Cakalang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Ternate: Gohu Ikan Cakalang