Kuliner Surabaya - Rujak Cingur Ahmad Jais

- Minggu, Januari 22, 2017

Kuliner Surabaya - Rujak Cingur Ahmad Jais

 

Wisata Masakan Indonesia #389
Masakan Surabaya
RUJAK CINGUR AHMAD JAIS
Jl. Ahmad Jais No. 40 Surabaya
Telp.: 031-5328443
Rumahnya semisal ruko tua, tak ada goresan pena apapun di depannya. Namun jajaran bangku di dalamnya tampak dipadati oleh orang-orang, sementara sebagian berdiri di dekat etalase dimana tampak ada dua orang ibu yng tengah meracik sesuatu. Ibu yng tampak lebih tua mengulek bumbu di dalam cobek yng besar, sedang yng lebih muda tengah memotong cingur, atau juga bagian moncong dari sapi. Disaat saya datang mendekat, sang ibu muda berujar, "Tunggu dulu ya, masih agak lama. Ini ada empat pesanan lagi". Orang yng datang sesudah saya pun disapa yang dengannya nada serupa, "Sekitar 1/2 jam lagi nunggu gak papa? Ini masih ngantri". Itulah suasana sekilas disaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertama kalinya saya mengunjungi satu dari sekian banyaknya ikon masakan Surabaya yng legendaris: Rujak Cingur Ahmad Jais. Rujak cingur merupakan masakan khas Surabaya yng mempergunakan cingur menjdai satu dari sekian banyaknya bahannya, disamping aneka sayuran serta buah-buahan semisal kangkung, toge, bengkuang serta mentimun. Potongan tahu goreng serta tempe kering pula tampak terselip di antaranya sebelum diguyur yang dengannya bumbu rujak berwarna hitam pekat olahan kacang serta bumbu petis yng beraroma khas, hasil ulekan Ny. Ng Giok Tjoe yng telah mulai berjualan rujak cingur ini sejak tahun 70an. Lalu apa yng membuat istimewa dari Rujak Cingur Ahmad Jais ini menjadikan sanggup bertahan sampai-sampai puluhan tahun?
Yng pertama terperinci bumbunya, harum petisnya telah menarik hati indera penciuman. Serta pada suapan pertama, indera pengecap pun dimanjakan yang dengannya paduan rasa asam, manis serta tidak banyak cubitan rasa pedas yng menemani segarnya aneka sayuran serta buah, plus uniknya aroma petis yng menjadi aktor utama di bumbunya. Namun yng paling utama tentunya merupakan suguhan cingurnya. Daging cingurnya berlimpah, bersih tanpa bau amis yang dengannya kekenyalan yng pas, tak alot pun taklah terlalu lunak. Satu porsi yng tersaji di Rujak Cingur Ahmad Jais ini pula sangatlah berlimpah, cukuplah bagi atau bisa juga dikatakan untuk berdua kecuali disaat perut tengah keroncongan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sajian yng spesial ini, harganya pula Amat sepesial. Enam puluh ribu rupiah bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu porsinya, dua hingga tiga kali lipat dibanding harga rujak cingur di tempat lain. Namun hebatnya, harga yng selangit ini tak menyurutkan pelanggan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetap antri menikmati masakan khas legendaris dari kota Pahlawan ini.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk minumnya coba minuman khas di tempat ini: Sari Dele ataupun Cingcau Hitam. Minuman yng disajikan dingin ini menyegarkan tenggorokan di tengah udara kota Surabaya yng panas. Sari dele ini serupa yang dengannya susu kedelai yng mempunyai cita rasa yng khas. Cingcaunya pula layak diadu.
Yng belajar ilmu pemasaran tentu mengenal istilah Marketing Mix 4P yng menjadi satu dari sekian banyaknya kunci berhasil pemasaran suatu bisnis. 4P itu merupakan Product, Price, Place serta Promotion. Namun di Rujak Cingur Ahmad Jais ini ilmu itu tak berlaku selain P yng pertama. Produk atau juga rujak cingurnya memanglah juara, namun harganya Amat tidak murah jauh di atas harga pasaran yng mempunyai produk hampir serupa, tempatnya pula tak terlalu strategis lantaran terdapat atau terletak di depan jalan yng tak terlalu besar. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk promosi, malah sekedar plang nama di depan kedainya pun tak ada hehehe, malah namanya pun cuma diambil dari nama ruas jalan tempat kedai itu berada. Konsistensi melindungi kualitas memanglah menjadi kunci yng membuat bisnis ini tetap bertahan serta menjadi top of mind Rujak Cingur di Surabaya. Photo jajaran selebritis serta pejabat yng bergantung di dinding menjadi satu dari sekian banyaknya bukti bahwasanya Rujak Cingur Ahmad Jais ini Perlu kamu jadikan destinasi wisata masakan andai berkunjung ke kota Surabaya.

Peta serta Alamat Rujak Cingur Ahmad Jais:
Jl. Ahmad Jais No. 40 Surabaya
Koordinat GPS: -7.25544,112.7402

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Surabaya - Rujak Cingur Ahmad Jais

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Surabaya - Rujak Cingur Ahmad Jais