Kuliner Bandung - Batagor H. Darto

- Minggu, Januari 22, 2017

Kuliner Bandung - Batagor H. Darto

 

Wisata Masakan Indonesia #373
Masakan Bandung
BATAGOR H. DARTO
Pasar Simpang Dago, Jl. Ir H Juanda 200 Bandung
Telp: 089624418880
Batagor atau juga Baso Tahu Goreng, satu dari sekian banyaknya ikon masakan Bandung yng muncul sejak tahun 70an serta mulai dikenal luas di era 80-90an. Di kota kembang ini, tak susah mencari penjaja batagor, mulai dari di mall, restoran, kedai, hingga gerobak kaki lima. Satu dari sekian banyaknya tukang Batagor yng cukup terkenal di kota Bandung merupakan Batagor H. Darto. Mengawali usahanya di awal tahun 80an yang dengannya gerobak kaki lima di daerah Pasar Simpang Dago (Jl Ir. H. Juanda) era ini Batagor H. Darto telah menempati kedai tetap di pasar itu yng tentunya lebih luas. Tak cuma Batagor sebetulnya, beberapa menu lain-lainnya pula hadir di sini. Namun tetap yng menjadi signature ya batagornya. Ada dua pilihan penyajian batagor di sini, Kering serta Kuah. Andai ingin menikmati rasa aslinya pesan saja batagor kering, kulit luar yng renyah Amat terasa disaat kita menikmatinya selagi Anget. Isian tahu serta baso terasa lembut berpadu yang dengannya kulit renyahnya, apalagi ditimpali yang dengannya bumbu kacang yng gurih yang dengannya sentuhan rasa pedas yng simpel. Bubuhi kecap serta kucuri tidak banyak jeruk nipis maka hidangan Batagor H. Darto ini menjadi paripurna. Satu porsi batagor kering berisi 3 potong batagor ini dihargai Rp. 9000. Andai ingin bumbu kacang yang lebih tidak sedikit, meminta bumbunya bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipisah serta cukup tambah seribu rupiah per porsinya.
Batagor Kuah-nya pula layak dipujiken. Renyahnya batagor sebenarnya cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk diadu yang dengannya kuah bakso yng segar. Seruput kuah yng panas tidak banyak demi tidak banyak yang dengannya membubuhkan potongan batagor yng telah "basah" yang dengannya kuah yng telah menyerap di setiap pori-pori batagor. Jangan tidak ingat bubuhkan sambal agar makin "berkeringat". Agar bisa lebih nendang, Batagor H. Darto pula menediakan baso, babat serta ceker menjdai pelengkap batagor kuah ini. Tinggal pilih saja. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk seporsi Batagor Ceker ataupun Batagor Babat harganya Rp. 13.000 saja, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk batagor kuah tanpa tambahan harga seporsinya percis yang dengannya batagor kering.
Selain batagor, di tempat ini pula tersedia mie/yamin bakso. "Dulu bapak (Darto-red) memanglah jualan bakso, udah terkenal. Namun semakin sini semakin dikenal batagornya. Lantaran kan Bandung khas yang dengannya batagor" begitu tutur Tri, yng adalah generasi kedua penerus bisnis Batagor H. Darto ini semisal bersumber dari detik.com. Di sayangkan perut yng telah terisi batagor kering serta kuah tidak menyisakan rongga kosong bagi atau bisa juga dikatakan untuk merasakan sajian mie bakso di tempat ini yng konon pula aduhai. Ngomong-ngomong Batagor di Bandung, saya mampu mengkategorikannya jadi 3 bagian, yng pertama merupakan Batagor Premium yang dengannya rasa ikan yng bener-bener kerasa yang dengannya ukuran yng pula jumbo. Kategori pertama ini diwakili oleh Batagor Riri serta Batagor Kingsley, yng saat ini harga satu potong batagornya berada di kisaran Rp. 10.000,-. Yng kedua merupakan batagor yang dengannya rasa ikan yng tak terlalu kentara akan tetapi hadir yang dengannya cita rasa batagor asli yng renyah yang dengannya bumbu kacang yng memikat. Ini diwakili misalnya oleh Batagor H. Isan, Batagor Abuy serta Batagor Darto ini. Satu potongnya dijual yang dengannya harga 2500-3000 rupiah. Serta yng yang terakhir merupakan batagor yng tidak sedikit dijajakan di pinggir jalan, ataupun umumnya menjadi jajanan anak SD, yang dengannya rasa yng plain, akan tetapi di beberapa tempat menghadirkan bumbu kacang yng enak. Harga satu potongnya umumnya sekitar seribu rupiah. Pilih yng mana? Tentunya bergantung selera, tidak murah ataupun murah bukan patokan kalau berbicara selera bukan?
Peta serta Alamat Batagor H. Darto:
Pasar Simpang Dago, Jl. Ir H Juanda 200 Bandung
Koordinat GPS: -6.8851007,107.6138553

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Bandung - Batagor H. Darto

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Bandung - Batagor H. Darto