Kuliner Jogja - Soto Kadipiro

- Minggu, Januari 22, 2017

Kuliner Jogja - Soto Kadipiro

 

Wisata Masakan Indonesia #403
Masakan Jogja
Soto Kadipiro
Jl. Wates Kadipiro No. 50, Yogyakarta
Telp: 0274 7490450
Apa yng anda lakukan andai berlibur ke Jogja? Umumnya jawabannya akan seputar wisata sejarah serta wisata alam, belanja-belanji (dimana Maioboro telah menjadi spot wajib di kota ini) serta pastinya wisata masakan. Nah, Masakan apa yng wajib kalo lagi ke Jogja? Buat saya paling tak ada 3: Gudeg, Sate Klathak serta Soto. Satu dari sekian banyaknya penjaja soto yng telah melegenda di kota ini merupakan Soto Kadipiro. Saya berkesempatan mengunjungi satu dari sekian banyaknya cabangnya di kota Jogja ini, Soto Kadipiro II di tempat Wates. Konon ini dia cabang pertamanya. Soto campur langsung saya pesan begitu masuk ke tempat makan yng cukup luas ini. Yng dimaksud soto campur merupakan nasi serta sotonya disatukan dalam satu mangkuk. Kuah sotonya bening, seolah tawar, namun begitu diseruput maka aroma gurihnya langsung memanjakan indera pengecap kita. Isiannya ada dua jenis yng mampu kita pilih: ada soto ayam yng berisi suiran ayam kampung serta soto daging yng berisi potongan daging sapi. Semuanya ditemani yang dengannya irisan kol, tauge, bihun serta taburan bawang daun, selederi serta bawang goreng. Satu porsi soto ayam campur dihargai Rp. 12.000,- sedangkan soto daging campurnya Rp. 13.000,-
Babat Goreng Bacem dari Soto Kadipiro II
Favorit saya di Soto Kadipiro ini merupakan Babat Goreng Bacem nya. Babat sapi yng dibumbu bacem terus digoreng serta dipotong kecil-kecil. Cita rasanya manis legit, pas banget buat lidah Jawa semisal saya. Serta disaat digabung yang dengannya sotonya maka manisnya langsung menyatu yang dengannya gurih kuah sotonya. Surga banget deh... Harga satu porsi babat bacem ini Rp. 11.000,-
Aneka Lauk Pendamping Soto Kadipiro
Sebelum soto pesanan saya hadir, sang pramusaji menyajikan berlebi dahulu beberapa piring yng berisi lauk pendamping soto ini. Potongan ayam goreng, perkedel kentang (ataupun Suka disebut pula bergedel), sate usus ayam, sate telor burung puyuh, tahu serta tempe bacem seolah berusaha mendatangkan kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencomot serta menikmatinya. Seluruh rata-rata bercita rasa manis, salah satunya ayam gorengnya. Bergedel menjadi satu dari sekian banyaknya yng wajib dicoba, sebagian menghancurkannya dalam kuah soto menjadikan kuahnya menjadi keruh serta kental. Harganya dua ribu per potong.
Es Gula Asem serta Es Tape yng suegerrr...
Di Soto Kadipiro ini aneka minuman tradisional pula tersaji: gula asem, beras kencur, wedang jahe, wedang uwuh serta wedang tape. Lantaran saya kesana pas siang hari tengah panas-panasnya, pesenan saya haruslah yng segar-segar. Es Gula Asem serta Es Tape jadi pilihan. Es gula asem mungkin telah tidak sedikit yng tahu, namun kalo es tape jarang ditemui di luar kota Jogja. Sebenernya simpel saja, tape hijau dituang air serta ditambahkan es serta gula. Udah gitu aja, namun kesegaran yng dihadirkan tak sesederhana itu. Aroma asam khas tape yang dengannya sentuhan rasa manisnya menjadi pelipur dahaga yng ampuh siang hari ini.
Rumah Makan Soto Kadipiro II
Soto Kadipiro mampu disebut legenda masakan Jogja. Bersumber dari situs njogja.co.id, Soto Kadipiro adalah warisan dari Bapak Karto Wijoyo yng mengawali usahanya pada tahun 1921 lantas beliau meninggal pada tahun 1972. Soto Kadipiro II yng saya sambangi ini sendiri berdiri di tahun 1973, yang dengannya tetap mempertahankan resep dari sang empunya.
Peta serta Alamat Soto Kadipiro II:
Jl. Wates Kadipiro No. 50
Koordinat GPS: -7.80094, 110.34575

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Jogja - Soto Kadipiro

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Jogja - Soto Kadipiro