Kuliner 100 - Bubur Ayam Mang H. Oyo Tea, Bandung

- Senin, Agustus 28, 2017

Kuliner 100 - Bubur Ayam Mang H. Oyo Tea, Bandung

 
Bubur Ayam Mang H. Oyo Tea
Jl. Sulanjana 30, Bandung
Telp. 022-2510226
Bubur ayam memanglah adalah satu dari sekian banyaknya menu favorit makan pagi bagi tidak sedikit orang. Satu dari sekian banyaknya masakan Bandung yng terkenal serta cukup legendaris merupakan "Bubur Ayam Mang H. Oyo Tea" ini. Keistimewaannya yng utama merupakan kekentalan buburnya, konon andai piringnya kita balik, bubur ayam ini tak akan tumpah saking kentelnya. Kalo baca di Kompas.com, kekenyalan bubur Oyo ini terkait yang dengannya bahan. Dalam membuat bubur, ia selektif memilih bahan baku. Beras langsung diambil dari daerah asalnya, Majalengka, di mana dia mempunyai sawah 2 hektar. Bila beras tidak dari Majalengka, konon, bubur menjadi encer. Jadi sesudah beras dicuci, lalu dicampur kaldu ayam dan bumbu serta diaduk sampai-sampai matang dalam dandang. Pengadukan umumnya dimulai pukul 02.00. Oleh lantaran itu, tanpa mempergunakan apa-apapun (bubur polos) rasa dari Bubur ayam Mang Oyo ini tetap lezat. Selain itu sumber kenikmatannya pula didapat lantaran bubur ini dimasak sambil berzikir, "Selama dua jam itu mengaduk itu sambil berzikir," ungkap Oyo pada detikBandung. Aneka macam pilihan "topping" pun diberi istilah-istilah unik, sebut saja Atel (Ayam Telor), Atelpin (Ayam Telor Pindang), Apel (Ati Ampela), Ayat (Ayam Ati), Tak terencana (Ayam Cakue), Ganja (Seledri), serta Krikil (Kacang Kedele). Nah bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu porsi bubur ayam komplit (Ayam, Cakwe, Ati Ampela serta Telor) kita Perlu menebusnya yang dengannya harga Rp. 12.500, sedangkan kalo tanpa telor Rp.10.000. Yng gak suka Ati Ampela mampu memilih Atel seharga Rp. 9000.
Saya berkesempatan mengunjungi Bubur Ayam Mang Oyo ini sewaktu pulang ke Bandung. Sebelum sampe rumah saya sempatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyambangi cabang yng ada di Jl. Sulanjana. Tempatnya semisal pujasera, yang dengannya Menu andalannya Bubur ayam ini tentunya. Makanya di cabang yng satu ini banyak sekali pilihan makanan serta minuman tersedia. Agar bisa terkesan "Bandung"nya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk minum saya memilih Bajigur Anget. Minuman khas sunda yng terbuat dari santan kelapa yang dengannya gula merah ini emang cocok buat menghangatkan udara bandung yng sejuk.
Bubur Ayam Mang H. Oyo ini cukup legendaris serta mempunyai pelanggan setia, menjadikan tidak sedikit orang yng mulai mencatut namanya agar ikutan laris. Nah, makanya Mang Oyo terasa butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuliskan cabang-cabang asli dari bubur ayamnya ini yakni di Jl. Gelapnyawang (ITB), Jl. Sulanjana 30, Jl. Ir Soetami (Universitas Maranatha), Jl. Surapati 63, Jl. Pangkur No.3 (daerah Turangga, belakang Hotel Horizon) serta katanya ada satu cabang di Kota Yogya. Di luar cabang yang telah di sebutkan Palsu katanya hehehe. Jadi buat yng pengen menikmati kedahsyatan Bubur Ayam Mang Oyo silakan langsung meluncur ke tempat-tempat di atas, dijamin....

Kalau mau cari sarapan top lain-lainnya di kota Bandung, coba pula Kupat Tahu Gempol ataupun Bubur Ayam Pelana. Masakan legendaris di kota ini :)
Mau tahu tempat makan lain-lainnya di Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Masakan Bandung

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 100 - Bubur Ayam Mang H. Oyo Tea, Bandung

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 100 - Bubur Ayam Mang H. Oyo Tea, Bandung