Kuliner 10 - Sate Padang dan Es Durian (Padang)

- Minggu, Agustus 06, 2017

Kuliner 10 - Sate Padang dan Es Durian (Padang)

 

Coretan di artikel ini adalah posting kedua Wisata Masakan dari Ranah Minang. Sesudah goresan pena pertama tidak sedikit bercerita masakan dari Padang Panjang, di artikel ini saya akan bercerita ihwal Sate Padang di Indarung serta Es Durian di Kota Padang. Kebetulan pada pertengahan Mei 2007 saya mendapatkan peluang kembali ke Padang, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi nara sumber dalam Diklat TIK serta eGovernment yng diselenggarakan oleh Badan Litbang SDM, Depkominfo. Peluang menikmati Sate Padang saya baru mampu peroleh di hari ke 3, sesudah beberapa peserta mengajak saya serta sahabat saya, Susilo, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati Sate Padang di dekat tempat diklat, di Indarung, Padang Besi.
Berbeda yang dengannya Sate Mak Syukur di Padang Panjang, Sate Padang di warung kecil pinggir jalan ini mempergunakan gagrak Pariaman, yng kuahnya agak kemerahan. Pendapat dari Pak Bondan Winarno, warna kemerahan pada kuah sate pariaman didapat dari cabe yng membuatnya lebih menggigit. Rasanya, nikmat sekali man... Mungkin lantaran saya telah ngidam sate padang sejak minginjakkan kaki di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) namun baru kesampean di hari ke-3 :) Meski cuma warung kecil pinggir jalan, namun daging serta kuah sate yng disajikan benar2 luarr biasaa..

Esok harinya, rombongan peserta lain dari Kabupaten Solok, dipimpin oleh Mr. Muhammad, mengajak kami bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati satu dari sekian banyaknya masakan yng tidak sedikit dikunjungi orang di Kota Padang yakni Es Durian Ubah nan Lamo. Berbeda yang dengannya Es Durian di Bandung, misalnya di Mie Akung ataupun di Mie Ayam di Tubagus Ismail, dimana durian disajikan masih dalam bentuk gelondongan, di sini es durian telah berbentuk lumer. Disajikan dalam mangkok, pertama diisi yang dengannya bubur pacar serta kelapa muda, lantas es yng telah diserut, di atasnya baru dibanjur lumeran durian serta dikasih susu coklat kental manis. Rasanya? Kalau kamu ke Kota Padang, tempat ini WAJIB dikunjungi :) Tempatnya ada di sekeliling jembatan Siti Nurbaya (sori tidak ingat mencatat nama jalannya) Kita mampu menikmati es durian ini yang dengannya aneka macam menu lain-lainnya semisal sate padang, gado-gado padang, pempek serta lain-lain. Di dinding warung ini dipajang foto-foto selebritis yng pernah berkunjung mulai dari Azwar Anas, Hetty Koes Endang, hingga artis2 sinetron masa kini.
Selamat berwisata masakan....
Score (1-10)
Sate Padang Indarung : 8
Es Durian Ubah nan Lamo : 9

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 10 - Sate Padang dan Es Durian (Padang)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 10 - Sate Padang dan Es Durian (Padang)