Kuliner Balikpapan - Kepiting Saus Spesial Dandito

- Jumat, Juni 09, 2017

Kuliner Balikpapan - Kepiting Saus Spesial Dandito

 

Wisata Masakan Indonesia #370
Masakan Balikpapan
KEPITING DANDITO
Jl. Marsma Iswahyudi No. 71, Gn Bakaran - Balikpapan
Telp: 0542-764367, 0811532368
Buat saya, satu dari sekian banyaknya aktivitas wajib andai berkunjung ke Balikpapan merupakan menikmati sajian kepiting. Ya, Balikpapan merupakan satu dari sekian banyaknya kota di Indonesia yng terkenal yang dengannya olahan kepitingnya. Selain RM Kenari, Satu dari sekian banyaknya tempat yng pula terkenal yang dengannya aneka menu berbahan dasar kepitingnya, dan selalu ramai merupakan Rumah Makan Dandito yng berlokasi tak terlalu jauh dari Bandara. Ada tiga jenis kepiting yng mampu kita pilih disini: Kepiting Jantan/Super, Kepiting Betina/Telur serta Kepiting Soka. Kepiting Jantan memberikan kepuasan makan kepiting sejati lantaran mempunyai bagian tubuh yng besar, yng berguna menyediakan porsi daging yng lebih tidak sedikit. Kepiting Betina lebih kecil dari kepiting jantan namun memberikan bonus telur di badannya, sedangkan Kepiting Soka mempunyai keistimewaan yang dengannya cangkangnya yng lunak menjadikan mampu ikut dimakan. Sesudah memilih jenis kepitingnya, maka selanjutnya merupakan memilih jenis olahannya. Satu dari sekian banyaknya jenis olahan yng menjadi signature di RM Dandito merupakan Saus Spesial Dandito. Saus ini menyuguhkan rasa manis serta asam yng ditimpali yang dengannya cubitan tidak banyak rasa pedas, serta yng bikin spesial merupakan komposisi rasa yng diperoleh memanglah mampu memenuhi rongga mulut kita yang dengannya cita rasa yng aduhai. Daging kepiting yng putih serta lembut langsung berganti menjadi garang serta menantang begitu tersentuh saos spesial Dandito ini. Malah disaat santapan telah habis, susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menahan godaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tak menjilati setiap jemari yng masih menyisakan saus ini. Acungan jempol saya berikan buat sang kreator Saus Spesial Dandito.
Buat saya, ada satu lagi pilihan saus yng pula butuh dipoedjiken: Saus Lada Hitam. Pedasnya si lada hitam langsung nonjok begitu bertemu si indera pengecap. Seberkas rasa manis serta cita rasa gurih pula turut hadir di saos ini. Membongkar cangkang kepiting yng cukup susah terasa sebanding disaat daging kepiting yng "tercemari" yang dengannya saus lada hitam ini bersentuhan yang dengannya indera pengecap kita. "Seuhah" pun menjadi bagian dari proses menikmati kepiting saus lada hitam persembahan dari Kepiting Dandito ini.
Di daftar menu yng diberikan oleh sang pramuwisma kita mampu lihat ada dua kategori olahan Kepiting Dandito ini: pedas serta tak pedas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng pedas cuma tersedia dua opsi yakni Saus Spesial Dandito serta Saos Lada Hitam, sementara yng tak pedas ada beberapa opsi yng mampu kita pilih yakni Saos Asam Manis, Saos Tiram, Rebus/Stim serta Goreng Bawang Putih. Diantara empat pilihan olahan non pedas yang telah di sebutkan, cuma ada satu yng dikasih jempol di menunya menjdai ciri menu yng direkmoendasikan di Rumah makan ini, yakni Kepiting Goreng Bawang Putih. Rasa natural dari daging kepiting yng cuma digoreng serta disajikan yang dengannya butiran bawang putih ini direkomendasikan bagi yng ingin menikmati gurih serta segarnya kepiting yng disajikan di sini. Sayang sambal yng turut disajikan bersama kepiting ini tidak lebih yahud, namun tenang kita masih mampu cocol daging kepitingnya yang dengannya saus spesial serta lada hitam di atas kan :)
Satu menu yng jarang didapati di tempat lain merupakan Kepiting Soka. Yang dengannya cangkangnya yng lunak, kepiting ini cuma mampu disajikan yang dengannya digoreng tepung berlebi dahulu, lantas disajikan yang dengannya saus spesial dandito ataupun saus lada hitam sesuai pilihan kita. Buat yng tak mau repot membongkar cangkang kepiting bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menikmati daging kepiting, kepiting soka ini merupakan pilihan yng tepat. Kita cuma tinggal mengguyurnya yang dengannya saus pilihan kita serta langsung bisa disantap. Namun bagi saya pribadi, kenikmatan makan kepiting itu bahkan pada perjuangan membuka cangkangnya serta menemukan "harta karun" di dalamnya. Jadi disaat menyantap kepiting soka ini, sensasi itu tak didapatkan serta pula cita rasa kepitingnya telah agak berkurang lantaran bumbu tepungnya. Meski begitu, menu yng satu ini menjadi andalan di Kepiting Dandito serta peminatnya Amat tidak sedikit.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati Kepiting Dandito, saya sarankan jangan sendirian lantaran satu porsi kepiting yng disajikan tak akan muat bagi atau bisa juga dikatakan untuk perut satu orang, kecuali kapasitasnya memanglah di atas rata-rata. Paling tak satu menu ini bisa dihabiskan oleh 2-3 orang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk harga ditentukan dari pilihan kepiting yng kita santap, bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu porsi Kepiting Jantan/Super kita Perlu merogoh kocek sebesar Rp. 185.000,-, Kepiting Betina Rp. 195.000 serta Kepiting Soka Rp 165.000 (belum salah satunya pajak 10% yah). Kita pula mampu bawa kepiting ini menjdai oleh-oleh loh, tinggal pesan langsung ataupun mampu lewat telepon saja bagi atau bisa juga dikatakan untuk menu kepiting yng kita inginkan serta bilang akan diambil kapan, RM Dandito akan menyiapkan pesanan kita dalam kemasan kotak praktis yng telah siap bawa. Enaknya lagi, andai dari Kota Balikpapan, Kepiting Dandito ini berada dalam jalur arah ke bandara, jadi tak susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambilnya. Malah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi pesanan take away ini, orang-orang telah siap buka sejak jam 6 pagi! Jadi bagikanlah sensasi menikmati kepiting Dandito bagi atau bisa juga dikatakan untuk keluarga tercinta di rumah.
Kira-kira anda sukanya kepiting yng mana?
Peta/Alamat Kepiting Dandito:

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Balikpapan - Kepiting Saus Spesial Dandito

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Balikpapan - Kepiting Saus Spesial Dandito