Tempat Wisata Pulau Samosir

- Sabtu, April 22, 2017

Tempat Wisata Pulau Samosir

 

Tempat Wisata Pulau Samosir | Pulau Samosir adalah sebuah pulau yng unik lantaran berada tepat di tengah dari danau Toba yng adalah danau paling luas di Asia Tenggara. Segala ke hidup-an di pulau samosir begitu kental yang dengannya Danau Toba. Istiadat Batak yng kental sampai-sampai masakan khas yng mempergunakan bahan ikan dari danau. Di sayangkan, Prapat tak mampu dilepaskan dari wisata Danau Toba. Padahal Kabupaten Samosir pun pula cukup menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijelajahi. Belakangan ini kabupaten Samosir ingin menarik kunjungan wisatawan yang dengannya mulai membenahi saraa serta prasarana pariwisatanya.
Keindahan Pulau Samosir. Era kamu mempergunakan kapal feri bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan perjalanan menuju ke pulau samosir kamu akan disuguhi panorama alam danau Toba yng Amat indah dimana siapapun yng melihatnya akan terasa lebih tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk segera mengunjunginya. Era mengunjungi pulau Samosir wisatawan tak cuma mampu akan menikmati pemandangan alamnya, akan tetapi pula mampu merasakan sensasi yng lain semisal menyaksikan kuburan batu, pantai tepi danau, menikmati kolam renang air panas alami, simando, meja batu yng adalah tempat hukuman tradisional Batak (ambarita), kampung tua yang dengannya tradisi Batak yng turun temurun sampai-sampai menikmati banyak sekali masakan yng tersedia dalam banyak sekali pilihan yng tentunya mampu menarik hati kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencicipinya.

Pulau samosir merupakan pusat dari kebudayaan Batak yng adalah kaldera yng tak terendam oleh air yng berada di tengah dari danau Toba di atas ketinggian 1.000 meter di atas permukaan air laut. Kamu mampu mempergunakan kapal feri andai ingin menuju ke pulau Samosir dari Parapat. Di tengah Pulau Samosir ini masih ada dua danau indah lagi yng diberi nama Danau Aek Natonang serta Danau Sidihoni. Kamu mampu menemukan kuburan batu peninggalan zaman purbakala di pulau Samosir. Sedangkan di daerah Tomok kamu mampu menemukan Patung Sigale-gale yng mampu menari serta makam kuno Raja Sidabutar yng telah berusia 1/2 abad. Selain itu kamu pula mampu menikmati suasana pedesaan yng penuh yang dengannya ladang milik penduduk setempat.
Transportasi Pulau Samosir. Kamu mampu melakukan perjalanan dari Medan ke Samosir yang dengannya menyewa kendaraan beroda empat. Kamu tak akan mengalami kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari persewaan kendaraan beroda empat di Medan. Besarnya biaya sewa kendaraan beroda empat umumnya mulai dari Rp 350 ribu telah salah satunya driver namun belum salah satunya yang dengannya bensin. Pengganti lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju ke Samosir merupakan yang dengannya mempergunakan jasa taksi ataupun kendaraan beroda empat travel jurusan Medan-Samosir. Kamu mampu memilih satu dari sekian banyaknya dari banyak sekali pilihan semisal Taxi Samosir Indah Pangururan, Taxi Merpati Pangururan, serta Taxi Merpati Medan dimana besarnya tarif bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekali jalan merupakan Rp 65 ribu. Begitu tiba di Pulau Samosir kamu mampu menyewa sepeda ataupun motor di daerah Tuktuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkeliling Pulau Samosir. Harga sewa motor per hari mulai dari Rp 40.000. Selama mengelilingi Pulau Samosir kamu akan merasakan serunya perjalanan yang dengannya desiran angin yng akan membuat pikiran kamu benar-benar menjadi fresh. Cuma ada satu jalan utama yng bentuknya mengelilingi Pulau Samosir.Letak jalan utama ini agak menepi dekat yang dengannya Danau Toba. Kamu pula mampu mengelilingi pulau Samosir yang dengannya naik becak motor ataupun bentor.
Penginapan di Pulau Samosir. Kamu tak akan mengalami kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari penginapan di Samosir lantaran di tempat ini ada tidak sedikit penginapan model resor di daerah Tuktuk. Kamu cuma butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan dari Pelabuhan Tomok bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju ke Tuktuk. Akan tetapi di sayangkan penginapan di Samosir sepertinya cuma terpusat di tempat Tuktuk Siadong. Tempat Tuktuk menghadap ke Danau Toba serta berbentuk tanjung. Di sini kamu mampu memilih penginapan yng sesuai yang dengannya minat serta kemampuan finansial kamu. Satu dari sekian banyaknya penginapan yng Amat terkenal serta adalah penginapan yng terbesar di Samosir merupakan Hotel Carolina. Pengganti penginapan lain yng mampu kamu pilih merupakan Tabo Cottages yng terkenal yang dengannya kue serta roti buatan sendiri dan masakan vegetariannya.
Horas Family House merupakan pilihan penginapan yng Amat tepat andai kamu menginginkan suasana yng tenang sekalian mampu membuat kamu terasa nyaman. Selain itu masih ada juga Hotel Thyesza, Silintong, Samosir Cottages serta Toledo Inn. Tarif penginapan bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu malam tak akan menghabiskan dana yng terlalu tidak sedikit, yakni mulai dari Rp 100 ribu, bergantung dari fasilitas serta akomodasi yng kamu pilih. Kamu pula mampu menemukan penginapan resor lain di ibu kota Samosir, yakni daerah Pangururan. Sedangkan di daerah Ambarita, Kecamatan Simanindo tidak sedikit hotel-hotel kelas melati yng memiliki tarif yng relatif percis yakni mulai dari Rp 50.000,-.
Masakan Pulau Samosir. Warung-warung makan di Samosir gampang dicari serta Amat tidak sedikit. Kamu Perlu merasakan makanan khas daerah Samosir semisal ikan arsik serta mi gomak. Akan tetapi di sayangkan ada beberapa rumah makan yng mempergunakan bahan makanan yng tak halal menjadikan andai kamu ingin lebih aman maka cobalah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari rumah makan yng bertuliskan “halal”. Kamu tak akan mengalami kesulitan dalam melakukan komunikasi yang dengannya dunia luar andai mempergunakan handphone. Di samosir sampai-sampai sawah ataupun daerah yng terpencil kamu masih mampu memperoleh sinyal handphone di sini. Di sisi lain sebagian besar hotel menyediakan jaringan wifi menjadikan kamu mampu mengakses internet di tempat ini. Andai kamu tak membawa laptop maka kamu mampu mempergunakan rental internet yng tersedia di beberapa daerah semisal Pangururan, ibu kota Kabupaten Samosir.

Obyek wisata di Pulau Samosir. Kabupaten Samosir terdiri dari 9 kecamatan dimana masing-masing dari kecamatan yang telah di sebutkan mempunyai daya tarik wisata yng berbeda. Fokus wisata di Samosir seputar wisata budaya serta wisata alam. Andai kamu merupakan seorang pecinta sejarah maka tempat ini sungguh adalah tempat yng Amat tepat bagi kamu. Di tempat ini kamu mampu mengunjungi Museum Huta Bolon, Batu Parsidangan serta Makam Raja Sidabuta. Kamu mampu mengunjungi sebuah kampung tua di Samosir bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenal lebih dekat mengenai budaya Batak. Selain itu kamu pula mampu menonton pertunjukan Sigale-gale di Tomok. Kamu pula mampu mengunjungi wisata alam di tempat ini, diantaranya Pantai Ambarita, Aek Natonang, Batu Marhosa, Pantai Pasir Putih, Goa Marlakkop sampai-sampai pemandian air panasi di dekat kota Pangururan. Selain itu di tempat ini masih tidak sedikit tempat lain yng mampu kamu jelajahi.
Sepertinya sayang sekali andai kamu cuma berkunjung selama 1-2 hari di tempat ini lantaran begitu banyaknya tempat wisata yng mampu kamu kunjungi serta dijelajahi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh pengalaman yng berbeda kamu mampu datang serta pulang yang dengannya mempergunakan akses jalan yng tak percis. Umpamanya datang melalui Pelabuhan Tomok serta pulang melalui Jalan Tele. Lantaran Samosir berada di Pulau Sumatera yng condong telah di wilayah barat Indonesia, matahari tenggelam lebih lama di Samosir. Matahari terbenam pada sekitar pukul 18.30 WIB. Begitu juga yang dengannya matahari terbit, yng umumnya lebih lama dibanding daerah lain-lainnya di zona waktu Indonesia bagian barat.

Tatacara Menuju ke Pulau Samosir. Ada 4 jalur akses yng mampu kamu pilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju ke Samosir. Satu akses mempergunakan jalur darat sedangkan 3 akses yang dengannya melintasi danau Toba. Tatacara yng paling gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju ke Samosir merupakan yang dengannya melalui Pelabuhan Ajibata di Prapat menuju Pelabuhan Tomok di Samosir. Andai melalui akses Ajibata-Tomok maka kamu Perlu naik kapal feri. Kamu Perlu bersabar bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunggu (mampu berjam-jam) giliran naik ke kapal feri lebih-lebih pada era musim liburan ataupun akhir pekan. Harga tiket kapal feri yng melalui Ajibata-Tomok merupakan sebesar Rp 91.500, bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1 kendaraan beroda empat (salah satunya penumpang). Perjalanan melintasi Danau Toba itu akan menjadi pengalaman yng Amat menyenangkan lebih-lebih pemandangan bukit hijau serta danau Toba sendiri tentunya. Sepertinya sayang andai kamu melewatkan momen ini andai cuma duduk manis di dalam kendaraan beroda empat.
Jalur akses yng lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju Samosir merupakan Simanindo-Tigaras. Pelabuhan Tigaras ada di Simalungun, sedangkan pelabuhan Simanindo ada di Samosir. Harga tiket kapal feri yng melalui Simanindo-Tigaras merupakan sebesar Rp 95.000. kapal feri selalu tersedia sehari-hari tak berbeda yang dengannya Ajibata-Tomok. Akses selanjutnya merupakan Nainggolan di Samosir yang dengannya Muara di Tapanuli Utara. Harga tiket kapal feri yng melalui jalur ini merupakan sebesar Rp 99.000 (belum salah satunya asuransi) bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1 kendaraan beroda empat. Di tempat ini kapal feri tak tersedia sehari-hari serta cuma ada pada hari senin, kamis serta sabtu (3 hari). Jalur darat menuju Samosir salah satunya menarik bagi para wisatawan. Alasannya merupakan lantaran Pulau Samosir dihubungkan yang dengannya sebuah jembatan yng menuju ke daratan Sumatera Utara. Jembatan ini sendiri sebenarnya merupakan sebuah jembatan buatan kolonial Belanda.

Jalur darat yng menuju ke Samosir Perlu melalui Jalan Tele. Jalan Tele menghubungkan Kabupaten Humbang Hasundutan yang dengannya Samosir. Kesulitan yng kamu hadapi di jalan ini merupakan jalan cenderung curam serta berkelok-kelok. Walaupun jalan cenderung curam serta berkelok-kelok namun kamu tak akan mengalami kesulitan yng lain lantaran jalan ini telah diaspal serta cukup tidak jelek alias bagus. Sebaiknya berhati-hatilah pada era menyetir di jalan ini lantaran jalan ini cuma memiliki lebar jalan sekitar tiga meter. Segala upaya serta bisnis kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju ke Samosir akan terbayar yang dengannya pemandangan indah yng akan kamu nikmati. Panorama danau Toba terlihat makin indah andai kamu makin naik ke atas. Selain itu gunungnya orang Batak, yakni Gunung Pusuk Buhit mampu terlihat yang dengannya terang dari sini. Sepertinya belum lengkap andai kamu tak mampir di menara pandang Tele.

Source Article and Picture : www.kulinerwisata.com

Seputar Tempat Wisata Pulau Samosir

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tempat Wisata Pulau Samosir