Kuliner Purwakarta - Sate Maranggi Cibungur

- Sabtu, April 22, 2017

Kuliner Purwakarta - Sate Maranggi Cibungur

 

Wisata Masakan Indonesia #320
Sate Maranggi & Es Kelapa Muda CIBUNGUR
Jl. Raya Cibungur - Purwakarta
Telp: 0264 351077
Tampilannya tak nampak terlalu berbeda yang dengannya sate pada biasanya, namun perbedaan akan terasa begitu gigitan pertama. Dagingnya terasa manis semisal dendeng yang dengannya aroma rempah yng khas, namun tetap empuk. Ya itulah kesan yng didapat disaat menikmati sajian Sate Maranggi Cibungur - Purwakarta. 10 tusuk sate sapi disajikan bersama sambal tomat yng pedesnya nonjok. Tanpa bumbu kecap maupun kacang, sate maranggi ini telah terasa nikmat. Saya cuma menambahkan tidak banyak kecap pada sambalnya agar bisa tidak banyak mengurangi rasa pedasnya. Selain daging sapi, pilihan daging kambing pun tersedia. Namun saya lebih memilih daging sapi, lebih kerasa khasnya. Satu porsi Sate Maranggi Sapi ini butuh ditebus seharga Rp. 30.000/10 tusuk, yang dengannya nasi pulen berbalut daun pisang yng dihargai Rp. 5.000/porsi.
Era ini Sate Maranggi Cibungur tak cuma menyajikan Sate Maranggi menjdai menunya. Silakan coba beberapa pilihan lain-lainnya semisal sop sapi/kambing, soto, pepes ikan/ati-ampela, ikan bakar serta sebagainya. Saya coba dua diantaranya: Sop Sapi serta Pepes Ati-Ampela. Sop Sapinya gurih serta segar, melengkapi rasa manis yng muncul dari sate marangginya. Sementara pepesnya pula boleh dikasih acungan jempol, bumbunya lekoh banget, bahkan jadi bikin penasaran yang dengannya pepes ikannya. Kebayang enaknya.
Nah, tak lengkap menikmati Sate Maranggi Cibungur tanpa mereguk kesegaran Es Kelapa Muda-nya. Ya, di tempat ini Sate Maranggi serta Es Kelapa Muda telah jadi pasangan yng tidak terpisahkan. "Daging" kelapa mudanya memanglah tebal-tebal namun masih lembut, disajikan di dalam gelas kaleng yng berembun, kesegarannya memanglah tidak terbantahkan, seolah sanggup menetralkan lemak dari sate yng baru kita santap. Harga 13ribu setimpal bagi atau bisa juga dikatakan untuk segelas besar Es Kelapa Muda ini.
Saya tiba di Sate Maranggi serta Es Kelapa Cibungur ini tepat jam 7 malam di hari yang terakhir di akhir pekan panjang. Puluhan bangku panjang yng memuat ratusan orang hampir terisi semuanya, suasananya Amat ramai. Namun hebatnya, tidak hingga 5 menit menunggu pesanan sate saya telah tersaji di meja. Berjualan di pinggir Jl. Raya Cibungur Purwakarta sejak tahun 1990, bisnis ini tidak menjadi layu meski jalan tol Cipularang berdiri. Padahal tidak sedikit bisnis masakan di ruas jalan pengganti penghubung Jakarta-Bandung ini yng menjadi sepi sejak dioperasikannya jalan tol yang telah di sebutkan. Membuktikan daya tarik yng diberikan sajian sate maranggi ini memanglah menjadi magnet yng kuat bagi para pecinta masakan. Tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk berupaya? Buka dari jam 9 pagi hingga 9 malam, kedai ini gampang koq didapati. Kalau dari arah Jakarta, keluar saja di tol pintu Cikampek serta belok kanan, Sate Maranggi Cibungur ini bisa didapati sekitar 3,3 KM di sebelah kiri jalan.

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Purwakarta - Sate Maranggi Cibungur

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Purwakarta - Sate Maranggi Cibungur