Kuliner Bandung - Gudeg Yu Nap

- Selasa, April 04, 2017

Kuliner Bandung - Gudeg Yu Nap

 

Wisata Masakan Indonesia #386
Masakan Bandung
GUDEG YU NAP
Jl. Cipta Graha Raya No. 01, Gunung Batu - Bandung
Telp: (022) 6613774
Susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menemukan masakan khas dari satu kota di kota lain yang dengannya cita rasa yng serupa yang dengannya hidangan di kota asalnya. Sebut saja sulitnya mencari rujak cingur yng punya level yng percis yang dengannya yng disajikan di kota asalnya Surabaya, ataupun Batagor yng percis yang dengannya yng ada di kota Bandung, ataupun Ayam Taliwang serta Plecing kangkung yng memberikan cita rasa yng serupa yang dengannya yng disajikan di tempat Lombok. Salah satunya Gudeg yng adalah masakan khas dari Yogyakarta. Namun di kota Bandung, ada seorang chef yng kondang, membuka tempat makan di tempat Gunung Batu yng menyajikan Gudeg menjdai menu utamanya. Serta "kemahsyuran" gudeg ini telah tidak sedikit diperbincangkan orang. Berbekal rasa penasaran serta Google Map, saya menyusuri jalan di samping tol pasteur itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari Gudeg Yu Nap, nama dari tempat makan itu. Datang di pagi hari tampak beberapa pengunjung tengah memesan makanannya baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk disantap di tempat maupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibawa pulang. Saya pun langsung memintah satu paket gudeg komplit ayam. Gori atau juga nangka muda yng telah menjadi gudeg, sambal krecek, tahu putih serta pula opor ayam mengelilingi nasi Anget yng pulen. Namun ada satu elemen yng belum pernah saya temukan di tempat lain, daun singkong. Ya, elemen daun ini yng umumnya saya temukan di hidangan rumah makan padang, di Gudeg Yu Nap ini dipakai menjdai satu dari sekian banyaknya pelengkap sajian gudeg. Gudegnya sendiri mempunyai rasa manis yng pas, tak "giung" atau juga terlalu manis dalam bahasa Sunda, nangkanya pula lembut menunjukan proses memasaknya yng memakan waktu yng banyak sekali, konon butuh waktu tiga hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengolah sajian gudeg ini. Sambal kreceknya pula tak terlalu pedas, bersinergi yang dengannya manisnya gudeg, pas buat lidah saya. Opor ayam yang dengannya mempergunakan ayam kampung makin melengkapi hidangan gudeg ini.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk "dessert"-nya saya mencomot Pisang Goreng Madu, penasaran yang dengannya namanya yng berusaha mendatangkan. Pisangnya dipotong kecil-kecil yang dengannya balutan tepung serta madu. Rasa manis dari madu serta pisang dipadukan dalam hidangan simpel namun penuh makna ini, manisnya semisal caramel. Sayang, saya menikmatinya disaat telah dingin, kebayang kalau menyantapnya dalam keadaan Anget. Hmmm...
Signature lain-lainnya dari Gudeg Yu Nap ini merupakan aneka bubur manis yng mampu kita pilih. Ada bubur sumsum, candil ketan hitam, jenang sruntul, kolak pisang serta setup pisang tanduk. Ah tampak begitu menarik hati, namun sayang tak ada tempat tersisa di rongga perut yng bisa diisikan sajian bubur yng menggiurkan itu.
Sebetulnya masih tidak sedikit menu Gudeg Yu Nap yng HARUS dicoba, lantaran tempat ini tak cuma menjual gudeg. Sebut saja Mangut Iwak Pe, Brongkos Daging Sapi, Dendeng Ragi, Tahu Susur, Tempe Kemul, Lutis Buah serta masih tidak sedikit lagi. Sajian khas Jawa ini mayoritas beraroma manis, serta cocok yang dengannya lidah penggemar manis semisal saya. Tampaknya memanglah Perlu dijadwalkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kembali lagi ke tempat ini.
Sumber foto: gudegyunap.com
Dari info yng diambil dari situs resminya gudegyunap.com, Yu Nap merupakan singkatan dari nama sang juru masak, Zaenab, yng berkolaborasi yang dengannya Jeffry Sie, membangun Gudeg Yu Nap ini. Jeffry Sie sendiri dikenal menjdai satu dari sekian banyaknya chef ternama Indonesia, yng tahun 2015 lalu bersama tim yng dipimpin oleh William Wongso, menyiapkan jamuan kenegaraan Indonesia di Washington disaat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Amerika Serikat. Jeffry Sie pula membawa Gudeg Yu Nap terpilih mewakili Indonesia di acara World Street Food Congress yng diselenggarakan di Singapura bulan April 2015 lalu. Yang dengannya prestasi itu, tak salah bahwasanya Gudeg Yu Nap mampu dianggap mendobrak anggapan bahwasanya kuliner-kuliner paling baik itu cuma berasal dari kota asalnya, lantaran kita mampu menemukan ada gudeg enak khas Jogja di Kota Bandung yng layak jadi pengganti tujuan wisata masakan di kota kembang ini.
Peta serta Alamat Gudeg Yu Nap Bandung:
Jl. Cipta Graha Raya No. 01, Gunung Batu - Bandung
Koordinat GPS: -6.89032, 107.56353

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Bandung - Gudeg Yu Nap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Bandung - Gudeg Yu Nap