Wisata : Candi Prambanan

- Kamis, Maret 09, 2017

Wisata : Candi Prambanan

 
Candi Prambanan ataupun Candi Rara Jonggrang merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yng dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yakni Brahmasebagai dewa pencipta, Wishnu menjdai dewa pemelihara, serta Siwa menjdai dewa pemusnah. Didasari prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini merupakan Siwagrha (bahasa sansekerta yng bermakna: 'Rumah Siwa'), serta memanglah di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yng menujukkan bahwasanya di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.
Candi ini terdapat atau terletak di desa Prambanan, pulau Jawa, tidak lebih lebih 20 kilometer timur Yogyakarta, 40 kilometer baratSurakarta serta 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah serta Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terdapat atau terletak di desa Prambanan yng wilayahnya dibagi antara kabupatenSleman serta Klaten.
Candi ini merupakan salah satunya Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekalian satu dari sekian banyaknya candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi serta ramping sesuai yang dengannya arsitektur Hindu pada biasanya yang dengannya candi Siwa menjdai candi utama mempunyai ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks deretan candi-candi yng lebih kecil. Menjdai satu dari sekian banyaknya candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.
Pendapat dari prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, serta terus dikembangkan serta diperluas oleh Balitung Maha Sambu, di masa kerajaan Medang Mataram.
Pintu masuk ke kompleks bangunan ini terdapat di keempat arah penjuru mata angin, namun arah hadap bangunan ini merupakan ke arah timur, maka pintu masuk utama candi ini merupakan gerbang timur. Kompleks candi Prambanan terdiri dari:
1. 3 Candi Trimurti: candi Siwa, Wisnu, serta Brahma
2. 3 Candi Wahana: candi Nandi, Garuda, serta Angsa
3. 2 Candi Apit: terdapat atau terletak antara barisan candi-candi Trimurti serta candi-candi Wahana di sisi utara serta selatan
4. 4 Candi Kelir: terdapat atau terletak di 4 penjuru mata angin tepat di balik pintu masuk halaman dalam ataupun zona inti
5. 4 Candi Patok: terdapat atau terletak di 4 sudut halaman dalam ataupun zona inti
6. 224 Candi Perwara: tersusun dalam 4 barisan konsentris yang dengannya jumlah candi dari barisan terdalam sampai-sampai terluar: 44, 52, 60, serta 68
Maka terdapat total 240 candi di kompleks Prambanan.
Aslinya terdapat 240 candi besar serta kecil di kompleks Candi Prambanan.[12] Namun kini cuma tersisa 18 candi; yakni 8 candi utama serta 8 candi kecil di zona inti dan 2 candi perwara. Tidak sedikit candi perwara yng belum dipugar, dari 224 candi perwara cuma 2 yng telah dipugar, yng tersisa cuma tumpukan batu yng berserakan. Kompleks candi Prambanan terdiri atas tiga zona; pertama merupakan zona luar, kedua merupakan zona tengah yng terdiri atas ratusan candi, ketiga merupakan zona dalam yng adalah zona tersuci tempat delapan candi utama serta delapan kuil kecil.
Penampang denah kompleks candi Prambanan merupakan didasari lahan bujur sangkar yan terdiri atas tiga bagian ataupun zona, masing-masing halaman zona ini terbatas tembok batu andesit. Zona terluar ditandai yang dengannya pagar bujur sangkar yng masing-masing sisinya sepanjang 390 meter, yang dengannya orientasi Timur Laut - Barat Daya. Kecuali gerbang selatan yng masih tersisa, bagian gerbang lain serta dinding candi ini telah tidak sedikit yng hilang. Fungsi dari halaman luar ini secara pasti belum diketahui; mungkin merupakan lahan taman suci, ataupun kompleks asrama Brahmana serta murid-muridnya. Mungkin dulu bangunan yng berdiri di halaman terluar ini terbuat dari bahan kayu, menjadikan telah lapuk serta musnah tidak tersisa.
Candi Prambanan merupakan satu dari sekian banyaknya candi Hindu terbesar di Asia Tenggara selain Angkor Wat. Tiga candi utama disebut Trimurti serta dipersembahkan kepadantiga dewa utamaTrimurti: Siwa sang Penghancur, Wisnu sang Pemelihara serta Brahma sang Pencipta. Di kompleks candi ini Siwa lebih diutamakan serta lebih dimuliakan dari dua dewa Trimurti lain-lainnya. Candi Siwa menjdai bangunan utama sekalian yng terbesar serta tertinggi, menjulang setinggi 47 meter.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Prambanan

Source Article and Picture : www.kulinerwisata.com

Seputar Wisata : Candi Prambanan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Wisata : Candi Prambanan