Kuliner Jogja - Sate Klathak Pak Bari

- Senin, Maret 27, 2017

Kuliner Jogja - Sate Klathak Pak Bari

 

Wisata Masakan #202
Sate Klathak Pak Bari
Pasar Desa Wonokromo - Pleret
Bantul, Yogyakarta
Telp: 081328800165
Penasaran banget ama yng namanya Sate Klathak lantaran telah Suka jadi bahan perbincangan serta akhirnya kesampean pula buat merasakan keunikan masakan jogja yng satu ini di bulan Februari 2012. Saya diajak ke satu dari sekian banyaknya penjaja sate klathak yng cukup tidak sedikit pelanggannya, yakni Sate Klathak Pak Bari di Pasar Desa Wonokromo, Bantul. Menuju ke pasar yang telah di sebutkan, tidak sedikit penjaja sate klathak di sepanjang Jalan Imogiri Timur, namun katanya yng top sih yng di dalam pasar ini.
Sebenernya apa sih perbedaan Sate Klathak yang dengannya sate-sate lain-lainnya? Meski percis mempergunakan daging kambing, namun pengolahan sate ini berbeda dibandingkan yang dengannya sate-sate lain-lainnya. Andai umumnya sate kambing dibumbui kecap sebelum dibakar, sate klathak ini bahkan minim bumbu, cukup garam saja bumbunya. Tusukannya pun tak mempergunakan tusuk kayu sebagaimana lazimnya tusuk sate, namun mempergunakan jeruji sepeda yng terbuat dari besi. Konon, lantaran berfungsi menjdai pengantar panas, tusuk besi ini dia yng pula menciptakan sensasi matang yng mumpuni di dalam daging satenya. Sate klathak ini pula tak mempergunakan bumbu kacang ataupun bumbu kecap menjdai pendamping sajiannya, namun mempergunakan semacam kuah gule yng light, tak terlalu kental. Rasanya? Dahsyat! Awal mulanya saya ragu mampu menikmati sate klathak ini, lantaran saya penggemar berat kecap serta rasa manis. Namun begitu berupaya gigitan pertama, aroma daging kambing segar yng murni cuma ditimpali rasa asin dari garam sebenarnya bisa memberikan "kesederhanaan yng mewah" di indera pengecap saya. Botol kecap yng telah saya siapkan, urung saya genakan :)
Satu porsi Sate Klathak ini cuma terdiri dari dua tusuk saja. Koq dikit amat? Kelak dulu, satu tusuknya diisi oleh 6 potongan daging sate yng cukup besar. Jadi cukup mengenyangkan. Harganya pun relatif murah. Satu porsinya dihargai Rp. 12.000. Selain sate, Pak Bari pula menyediakan masakan olahan daging kambing lain-lainnya semisal gulai serta tongseng. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk minumnya jangan tidak ingat merasakan kesegaran teh poci serta jeruk panasnya. Baik teh ataupun jeruknya mempergunakan gula batu tradisional yng menciptakan rasa khas yng berbeda andai kita mempergunakan gula pasir biasa.
Sate Klathak Pak Bari cuma menjajakan dagangannya malam hingga dini hari, lantaran di siang hari kiosnya di Pasar Wonokromo ini dipakai para pedagang pasar bagi atau bisa juga dikatakan untuk berjualan.
Jadi kalo ke Jogja sempatkanlah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengunjungi Sate Klathak Pak Bari ini, ditanggung gak kan nyesel. Namun kalo ketagihan gak tanggung jawab loh yaaa :)
Foto Sate Klathak diatas merupakan hasil karya Ki Demang Suryaden
Simak pula catatan dari Kang Kombor ihwal Sate Klathak ini

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Jogja - Sate Klathak Pak Bari

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Jogja - Sate Klathak Pak Bari