Kekayaan dan Keindahan Wisata Kuliner Makassar

- Senin, Maret 27, 2017

Kekayaan dan Keindahan Wisata Kuliner Makassar

 

Menjdai tukang makan, disaat mendengar kata "Wisata" maka yng melintas pertama kali di pikiran saya merupakan "Wisata Masakan" hehe. Yup, disaat Perlu melakukan perjalanan ke banyak sekali kota di Indonesia maka di waktu luang saya lebih senang berburu masakan dibanding mencari tempat wisata lain-lainnya. Makassar adalah satu dari sekian banyaknya kota favorit saya dalam urusan mencari makanan. Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan ini menyajikan aneka masakan yng beraneka ragam serta pula menggugah selera. Beberapa kali saya berkesempatan berkunjung ke Makassar, rencana Wisata Masakan selalu saya sisipkan di tengah kesibukan saya. Apa saja sih masakan favorit dari Makassar ini? Ini beberapa pilihan yng pernah saya coba:
1. Sop Konro

Ini masakan Makassar yng menjadi favorit saya. Apalagi Konro Bakar, daging iga sapi bakar yng masih menempel pada tulangnya disajikan yang dengannya guyuran bumbu kacang serta semangkuk kuah sop konro berwarna kehitaman yng khas. Satu dari sekian banyaknya kedai Sop Konro yng tidak sedikit pelanggannya merupakan Sop Konro Karebosi yng berlokasi di Jl. Gunung Lampobattang.
2. Coto Makassar

Ini pula jadi menu wajib andai berkunjung ke Makassar. Coto Makassar adalah masakan khas daerah ini berupa sop berkuah yng kaya rempah yang dengannya isi aneka daging serta jeroan sapi semisal babat, lidah, ati serta sebagainya. Makannya ditemani yang dengannya kupat kecil yng telah dibelah tengahnya, jadi kita tinggal nyendok aja serta celupin aja ke cotonya. Sluuruuupp... Dua tempat Coto Makassar yng pernah saya kunjungi merupakan Coto Nusantara (di Jl. Nusantara) yng Suka menjadi langganan pejabat, dan Aroma Coto di Jl. Gagak.
3. Pallu Basa

Pallu Basa ini hampir mirip yang dengannya Coto namun yang dengannya aroma kuah yng tidak banyak berbeda, santannya lebih kental serta terdapat serbuk kelapa sangrai terasa menyatu yang dengannya kuahnya. Isinya aneka campuran daging serta jeroan dari sapi serta/ataupun kerbau. Terkadang pula disajikan yang dengannya telur ayam. Satu dari sekian banyaknya penjaja Pallu Basa yng pernah saya kunjungi merupakan Pallu Basa Serigala yng berlokasi di Jl. Serigala. Pengunjung ramai silih berubah menikmati hidangan Pallu Basa di tempat ini, menerangkan bahwasanya Pallu Basa Serigala memanglah jawara dalam rasa.
4. Sop Saudara
Namanya memanglah sop, namun sop yng ini beda. Bumbu serta isinya beragam, ada daging sapi, bihun serta perkedel kentang goreng yng umumnya dibentuk bola-bola kecil, dan paru sapi goreng. Nah yng lebih unik merupakan "pasangan" sajiannya. Sop Saudara ini umumnya disajikan yang dengannya sambal kacang serta Ikan Bandeng Bakar yng berukuran besar. Kedai pedagang Sop Saudara yng pernah saya kunjungi berlokasi di Jl. Andalas dekat Masjid Raya Agung Makassar.
5. Mie Titi

Nah yng ini satu dari sekian banyaknya masakan unik yng bisa ditemui di Makassar. Mie Titi ini merupakan mie kering yng diguyur kuah kental (semisal capcay), berisi sayur-sayuran serta daging ayam. Di mulut akan terlaksana pertarungan antara kriuknya mie serta kenyalnya kuah, memicu sensasi yng unik. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengucurkan tidak banyak jeruk yng selalu tersaji bersama mie titi ini, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah kesegaran serta cita rasa. Saya merasakan Mie Titi ini di Jl Datumuseng, tak jauh dari Pantai Taman Losari.
6. Es Pisang Ijo

Buat yng cari kesegaran di tengah panasnya kota Makassar, Es Pisang Ijo menjadi pilihan utama. Kekenyalan si hijau dari tepung beras menyelimuti pisang, tebal serta begitu pas berpadu yang dengannya manisnya pisang raja di dalamnya. Ditambah yang dengannya "saus" serupa bubur sumsum serta disempurnakan yang dengannya guyuran sirup merah. Sueegggerrrr banggeett... Saya menikmati Es Pisang Ijo ini di Warung Bravo (Jl Andalas) yng tidak sedikit direkomendasikan orang menjdai satu dari sekian banyaknya penjaja es pisang ijo yng paling baik di Kota Makassar.
7. Pisang Epe

Kalo sedang berjalan-jalan menyusuri Pantai Losari, tak lengkap andai tak merasakan Pisang Epe. Di pinggir jalan di sekeliling daerah pantai Losari, tidak sedikit gerobak pedagang yng menjajakan makanan ringan namun mengenyangkan ini. Apa itu pisang Epe? Pisang yng dibakar lantas langsung di press mempergunakan sepasang balok kayu, disajikan yang dengannya guyuran gula merah cair yng sudah dicampur kelapa parut, serta umumnya diberi aroma nangka ataupun durian. Sambil menikmati angin pantai, makanan ringan ini benar-benar menjadi sensasi tersendiri sambil menikmati udara malam di Kota Makassar.
8. Aneka kudapan khas Makassar

Makassar pula mempunyai aneka kudapan khas, misalnya Jalang Kote serta Lumpia. Jalang Kote ini serupa yang dengannya pastel, namun yang dengannya isi yng tidak banyak berbeda yang dengannya pastel yng biasa saya jumpai di Jakarta. Lumpianya pun unik, isinya tidak banyak pedas serta jauh berbeda yang dengannya Lumpia Semarang. Saya merasakan kudapan-kudapan ini pula di Warung Bravo (Jl Andalas)
Itu cuma sebagian kecil masakan yng pernah sempet saya cicipi dari beberapa kali kunjungan saya ke Kota yng menjadi "Gerbang Indonesia Bagian Timur" ini. Serta sebenarnya masih tidak sedikit aneka masakan Makassar yng belum saya coba. Ini menunjukan bahwasanya Wisata Masakan Makassar ini menyimpan potensi yng luar biasa lantaran "Kaya" serta "Indah". "Kaya" lantaran banyaknya ragam masakan yng tersaji di kota ini, baik hidangan khas yng asli berasal dari Makassar ataupun jenis hidangan yng adalah adaptasi dari makanan dari kota lain. "Indah" lantaran seluruh masakan yng saya tulis di atas memanglah benar-benar menggugah selera kita, memberikan "keindahan" tersendiri bagi indera pengecap kita.
Nah saat ini bagaimana kita mampu mengembangkan sekalian mempromosikan Wisata Masakan Kota Makassar ini? Sepanjang pengetahuan saya Makassar belum mempunyai pusat/pusat masakan yng menyajikan aneka masakan khas Makassar, ataupun malah masakan dari seluruh Provinsi Sulawesi Selatan, yng terpusat di satu titik. Alangkah indahnya andai para legenda masakan di kota ini disediakan tempat terpusat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjajakan aneka hidangannya, menjadikan membuat mudah para pemburu masakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menikmati aneka masakan khas daerah ini, yang dengannya tetap memperkuat "branding" di tempat aslinya.
Seni manajemen lain yng mampu di lakukan merupakan yang dengannya menyajikan berita Wisata Masakan Makassar ataupun Wisata Masakan Sulawesi Selatan secara integratif, baik berupa offline ataupun online. Berupa offline mungkin yang dengannya menyediakan brosur-brosur yng menyajikan aneka masakan khas Makassar lengkap yang dengannya alamat serta peta lokasinya, menjadikan membuat mudah para wisatawan yng mau berburu masakan di kota ini. Brosur-brosur ini bisa disimpan di banyak sekali tempat strategis yng tidak sedikit dikunjungi orang semisal di Bandara Sultan Hasanuddin, tempat-tempat wisata, toko-toko oleh-oleh serta lain-lain. Sementara, berita yng bisa diakses lewat internet pula dibutuhkan, tak cuma bercerita ihwal aneka masakan yng tersedia, namun Perlu pula dilengkapi yang dengannya alamat serta nomor telepon. Malah peta lokasi, semisal yng saya buat di bawah ini mempergunakan Google Maps, diharapkan agar makin membuat mudah para wisatawan masakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memburu masakan khas dari Kota Makassar.
View Peta Masakan Makassar in a larger map
Yang dengannya taktik pengembangan serta promosi yng tepat, saya yakin Wisata Masakan Makassar akan mempunyai tempat tersendiri bagi para wisatawan, melengkapi aneka wisata lain-lainnya semisal wisata alam, wisata sejarah serta wisata budaya. Terbukti, saya yng berasal dari Pulau Jawa, selalu rindu akan masakan yng tersaji di kota Makassar ini.

*Goresan pena ini dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikuti Lomba Konten Blog Bertema: “Seni manajemen Pengembangan serta Promosi Wisata Sulawesi Selatan”

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kekayaan dan Keindahan Wisata Kuliner Makassar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kekayaan dan Keindahan Wisata Kuliner Makassar