Kuliner Bekasi - Gabus Pucung, Pondok Gabus Lukman

- Jumat, Maret 03, 2017

Kuliner Bekasi - Gabus Pucung, Pondok Gabus Lukman

 

Wisata Masakan Indonesia #384
Masakan Bekasi
PONDOK GABUS LUKMAN
Jalan Jenderal Sudirman, Bekasi Barat
(021) 8890007
Gabus Pucung, masakan khas dari tanah Betawi yng unik namun kalah pamor yang dengannya masakan khas lain-lainnya, sebut saja Nasi Uduk. Memanglah di Jakarta sendiri tak gampang mencari kedai ataupun rumah makan yng menyajikan gabus pucung ini di deretan menunya. Namun tak di Bekasi, kita mampu menemukan beberapa tempat makan yng mengusung Gabus Pucung menjdai menu utamanya, di antaranya merupakan Pondok Gabus Lukman yng berada di ruas jalan Jenderal Sudirman, tak jauh dari lampu merah di bawah fly over Sumarecon. Apa sebetulnya Gabus Pucung ini? Kalau di Jawa Timur kita mengenal Rawon, nah sajian ini mirip yang dengannya masakan khas Jawa Timur itu. Percis-sama berkuah pekat hitam hasil dari olahan kluwek ataupun pucung, perbedaan utama Gabus Pucung yang dengannya Rawon merupakan penggunaan bahan utamanya dimana rawon mempergunakan daging sapi sedangkan gabus pucung, sesuai namanya, mempergunakan ikan gabus. Rasa asam serta gurih pula kentara begitu kita menyeruput kuahnya yng Anget. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ikan gabusnya kita diberi pilihan ingin menyantap bagian tengahnya ataupun bagian kepalanya. Lantaran saya penggemar kepala ikan, maka bagian kepalalah yng saya pilih. Dagingnya gemuk yang dengannya bagian kepala menyisakan bagian kenyal yng menempel di tulangnya. Akhirnya kesampean pula saya menikmati masakan khas Betawi ini, serta komentar saya selesai menikmati gabus pucung ini: Juara! Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyantap gabus pucung di sini kita Perlu menebusnya yang dengannya harga Rp. 40K bagi atau bisa juga dikatakan untuk bagian kepala serta Rp. 35K bagi atau bisa juga dikatakan untuk bagian tengah.
Jangan pergi dulu, ada satu lagi masakan khas Betawi yng pula dijajakan di Pondok Gabus Lukman ini: Pecak. Ya bumbu pecak khas Betawi yng bisa dipadukan yang dengannya pilihan ikan semisal Lele, Mujair serta Gurame. Saya sendiri memilih Pecak Lele, lele yng telah digoreng kering diguyur yang dengannya bumbu pecak yng adalah paduan kacang, santan serta aneka rempah. Awal mulanya saya berpikir bahwasanya bumbu pecak ini mempunyai cita rasa manis serta pedas, sebenarnya saya salah duga. Pecak khas betawi ini memadukan rasa asam, asin serta pedas yng cukup menggigit, membuat saya pernah sempet kewalahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyantapnya menjdai menu sarapan. Namun begitu saya tambahkan yang dengannya kecap yng disajikan di atas meja maka tambahan rasa manis itu melengkapi kelezatan dari Pecak Lele itu. Lele yng dipakai sendiri cukup besar serta "berdaging", menjadikan rongga perut yng tadinya kosong langsung dipenuhi oleh sajian pecak lele yng ditemani nasi Anget. Satu porsi pecak lele ini butuh ditebus yang dengannya harga Rp. 33K. Oh ya, menjdai catatan momen saya menyantap pecak lele ini berbeda ya yang dengannya momen saya menikmati gabus pucungnya (penting, biar gak disebut gembul.....)
Menjdai pendamping menu utama di atas kita pula mampu menikmati sayuran khas di Pondok Gabus Lukman ini: asinan jakarta serta ada pula karedok. Namun karedok di sini mempunyai cita rasa yng agak berbeda yang dengannya karedok di tanah sunda biasanya. Aroma kencur serta asam begitu kentara di sajian yng satu ini. Dari beberapa info yng dikorek di internet, Pondok Gabus Lukman ini didirikan oleh H. Lukman di tahun 1980-an, meneruskan bisnis mertuanya yng sudah merintis sajian gabus pucung ini sejak tahun 60an. Tempatnya yng strategis di tepi jalan besar membuat kedai ini tidak sedikit dikunjungi orang khususnya pada jam makan siang. Kedai ini sendiri buka pada pukul 07.30 pagi hingga pukul 5 sore.
Buat yng tinggal di daerah Jabodetabek tampaknya butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk merasakan masakan khas Betawi selain nasi uduk semisal Gabus Pucung serta Pecak Lele ini. Yuk....
Peta serta Alamat Pondok Gabus Lukman
Jalan Jenderal Sudirman, Bekasi Barat

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Bekasi - Gabus Pucung, Pondok Gabus Lukman

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Bekasi - Gabus Pucung, Pondok Gabus Lukman