Kuliner 58 - Ketupat Kandangan, Banjarbaru

- Kamis, Maret 02, 2017

Kuliner 58 - Ketupat Kandangan, Banjarbaru

 
Satu masakan yng Amat unik saya temukan di Banjarbaru, namanya Ketupat Kandangan. Kandangan sendiri diambil dari nama Kota Kecamatan yng adalah ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Ketupat serta Dodol Kandangan adalah masakan yng cukup terkenal dari kota ini. Jadi apa yng unik dari Ketupat Kandangan ini???
Yng pertama merupakan bahan dasarnya. Mempergunakan Ikan Haruan (mungkin lebih dikenal yang dengannya ikan gabus) yng dimasak dalam kuah yng mirip yang dengannya opor namun agak lebih manis. Kita mampu memilih bagian kepala ataupun badan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tiap porsi yng dipesan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk "sumber karbohidrat"nya dipakai ketupat yng tak "pulen", namun gampang hancur. Kenapa gampang hancur? Lantaran, keunikan yng kedua, meskipun berkuah, tips memakan ketupat kandangan ini "seharusnya" tak mempergunakan sendok, namun tangan saja. Jadi kupat yng gampang hancur yang telah di sebutkan tidak banyak diremas-remas oleh tangan di dalam kuahnya, menjadikan kuahya yang dengannya gampang meresap ke dalam ketupat. Ini yng membuat kita mampu mempergunakan tangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memakannya lantaran kuahnya telah habis, terserap ke dalam ketupatnya. Unik bukan? Namun saya sih masih memilih mempergunakan sendok bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyantapnya :)
Serta keunikan yng ketiga merupakan, jarang saya jumpai menu ikan berkuah yng dijadikan sajian santap pagi hari. Umumnya kita menemukannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk santap siang ataupun malam. Namun meski begitu, sebenarnya menyantap ketupat kandangan ini di pagi hari amatlah nikmat, kita akan mendapati sensasi yng berbeda. Kalo pendapat dari pendapat saya, rasanya perfecto... Serta satu porsi ketupat kandangan ini bisa kita tebus yang dengannya harga sekitar 5000 rupiah. Jadi kalo ke daerah Kalimantan Selatan, carilah menu sarapan Ketupat Kandangan di sekeliling tempat kamu menginap, dijamin tak akan menyesal :)

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 58 - Ketupat Kandangan, Banjarbaru

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 58 - Ketupat Kandangan, Banjarbaru