Kuliner 122 - Mie Razali, Banda Aceh

- Senin, Maret 06, 2017

Kuliner 122 - Mie Razali, Banda Aceh

 
Mie RAZALI
Jl. T. P. Polem No. 83-85, Banda Aceh
Telp: 0651 - 7400174
Kali kedua saya menginjakkan kaki di kota Serambi Mekah ini, peluang emas bagi atau bisa juga dikatakan untuk kembali menikmati masakan Aceh yng cukup legendaris. Ada tiga tempat yng disarankan oleh sahabat saya wajib bagi atau bisa juga dikatakan untuk dinikmati selama kunjungan di artikel ini: Ikan Bakar Awak Awai, Kopi Ulee Kareng serta Mie Aceh RAZALI. Kunjungan pertama saya merupakan ke Mie RAZALI yng sebenarnya terdapat atau terletak di tempat Peunayong, cuma sekitar 100 meter dari tempat saya menginap, Hotel Sultan. Suatu kebetulan yng menyenangkan :) Tahun 2007 lalu saya pernah sempet menikmati Mie Aceh di lapangan Peunayong, serta peluang di artikel ini saya mencoba kedahsyatan Mie Razali yng namanya cukup tersohor ini. Ada tiga jenis penyajian mie Aceh yng mampu kita pilih di tempat ini: Mie Rebus, Mie Goreng serta Mie Goreng Basah (Mie Goreng namun mienya masih basah, nyemek-neyemek gitu deh kalo bahasa Jawanya). Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk "isi"nya tidak sedikit pilihan yng tersedia: Udang, Daging, Jamur, Cumi-Cumi, Kepiting maupun gabungan dari pilihan-pilihan yang telah di sebutkan.
Kalo saya terang pilih menu favorit sepanjang masa, Mie Kepiting yang dengannya sajian Goreng Basah. Memanglah yah, makan masakan daerah di tempat aslinya emang gak ada lawannya, Dahsyat... Mie yng besar serta semi basah yang dengannya olahan bumbu khas Aceh ditimpali yang dengannya Kepiting Besar yng tersembunyi dibalik rimbunnya Mie benar-benar memanjakan indera pengecap kita. Sahabat saya berupaya Mie Rebus Udang yng rasanya pula gak kalah dahsyatnya, kuah Mie Aceh yng pedas serasa memanggil bibir kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk segera menyeruputnya... Sluruppp... Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmatinya yang dengannya pendampingnya yakni emping dan acar bawang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Mie Biasa tanpa "isi" kita cukup menebus yang dengannya harga Rp. 8000, namun andai pake "isi" harga yng ditawarkan mulai dari Rp. 18000 (Mie Udang ataupun Daging ataupun Jamur) hingga paling tidak murah Rp.30.000 (Mie Kepiting). Namun ada lagi yng lebih tidak murah yakni Mie Special Campur (Kepiting + Udang + Daging + Cumi-cumi) yng Perlu dibayar yang dengannya harga Rp. 40.000. Gak rugi deh, kepitingnya aja gede, wajar kalo agak tidak murah.
Buat minumnya, ada dua menu yng saya sarankan Teh Tarik serta Juice Terong Belanda. Teh Tarik, minuman khas dari tanah melayu, adalah minuman teh yng dipadu yang dengannya susu serta dikocok yang dengannya sempurna. Tambah es, hasil nya menyegarkan... Satu lagi minuman yng jarang ditemui di tanah Jawa, Juice Terong Belanda. Buah yng asam serta kaya akan vitamin A serta C ini memanglah jarang dimakan langsung lantaran rasanya yng asam, namun kalo telah dibuat juice rasanya segerrrr bangettt.... Oh ya, kamu pula mampu berupaya juice pinang muda yng dijajakan tepat di depan Mie Razali. Katanya Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembalikan vitalitas tubuh, sayang saya gak sempet bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencobanya.
Buat yng pengen makan Mie Aceh di tempat aslinya, Mie RAZALI Amat direkomendasikan. Selain di Banda Aceh, Mie Razali ini pula telah buka cabang di Aceh Besar serta Aceh Tengah. Slogan yng tertera di daftar menunya "Citarasa Sepanjang Masa"... Ya, memanglah Mie Aceh merupakan satu dari sekian banyaknya masakan nusantara dari Ujung Barat Indonesia yng citarasanya tidak lekang oleh waktu. Terbukti Mie Razali yng telah bertahan sejak tahun 1967.
Mau tahu tempat makan lain-lainnya di Aceh? Silakan lihat disini -> Wisata Masakan Aceh

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 122 - Mie Razali, Banda Aceh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 122 - Mie Razali, Banda Aceh