Kuliner 03 - Ikan Bakar Makassar

- Jumat, Februari 03, 2017

Kuliner 03 - Ikan Bakar Makassar

 

Dari surabaya perjalanan saya lanjutkan ke Makassar sesudah sehari "ngantor" dulu di Jakarta. Di bandara Hasanuddin Makassar saya serta tim langsung dijemput oleh Pak Junaidy, sahabat dari BPPI Makassar, yng "megang" kota ini. Kami langsung dibawa ke tempat Ikan Bakar. (Mohon maaf lantaran waktu itu belum kepikiran menulis, jadi saya tak terpikir bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencatat nama rumah makan yang telah di sebutkan ataupun lokasinya, ada teman-teman yng mampu bantu?). Sesudah memilih ikan serta udang segar di dalam box es, saya menunggu sambil ngorol ngalor ngidul percis teman-teman yng lain. Pandang-an mata saya tertuju pada photo-photo yng ada di rumah makan yang telah di sebutkan. Tampak Bapak SBY serta ibu, beserta rombongan tengah menikmati ikan bakar di tempat ini. Pendapat dari pak Junaidy, ada fenomena menarik swaktu Presiden RI ke-6 ini berkunjung ke tempat ini. Ceritanya, sebelum kedatangan SBY, tim protokol serta pengawal presiden telah survey serta sweeping berlebi dahulu, salah satunya memilihkan ikan yng akan disajikan kepada Bapak Presiden. Namun apa mau dikata, disaat Bapak Presiden datang, beliau bahkan memilih sendiri ikan yng akan dibakar serta disantap. Tentu saja ini membuat tim protokoler kalang kabut. Sebenarnya bapak presiden kita yng satu ini tak terlalu ketat yang dengannya peraturan protokoler ya.
Berlanjut ke makanan, sesudah ikan selesai dibakar langsung disajikan di meja kami. Sebenarnya kebiasaan disini satu ikan itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu orang, mau besar ataupun kecil. Ini tentu berbeda yang dengannya kebiasaan saya di Pulau Jawa yng andai ikannya besar lebih senang makannya sharing yang dengannya teman-teman. Ikan disini dibakar tanpa bumbu, paling-paling tidak banyak garam serta jeruk nipis saja. Namun lantaran ikan segar, rasanya tetap Ruarrr Biasa... Apalagi ikan ini disajikan yang dengannya beberapa jenis cocolan. Yng saya suka merupakan Sambel Mangga. Serta pula ada sayur semacam sayur lodeh namun santannya tak terlalu kental, Amat segar.
Udangnya pula tak kalah lezatnya. Meskipun dibakar tanpa bumbu, disaat menyantap udang ini terasa aroma manis di lidah. Katanya, ini dia yng memperlihatkan bahwasanya ini adalah udang segar. Kalo bukan udang segar rasanya pasti tawar.
Benar-benar puas makan malam saya di Makassar ini, meski masih Perlu begadang menyiapkan presentasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk besoknya... Terima beri bagi atau bisa juga dikatakan untuk Pak junaidy yng sudah mengantarkan kami....
Score (1 - 10):

Ikan Bakar Makassar : 9

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 03 - Ikan Bakar Makassar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 03 - Ikan Bakar Makassar