Kuliner 53 - Sate Bulayak, Mataram

- Selasa, Agustus 01, 2017

Kuliner 53 - Sate Bulayak, Mataram

 
12 Juni 2008, ini dia kali pertama saya menginjakkan kaki di Pulau Lombok, Sister Island of Bali. Pulau yng menyajikan wisata pantai Senggigi yng indah pula menyimpan wisata masakan yng menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dicoba. Serta masakan yng paling memancing perhatian saya sejak melangkah ke luar bandara merupakan Sate Bulayak. Mengapa? Lantaran begitu tidak sedikit warung tenda yng menyajikan makanan khas ini di sepanjang perjalanan saya dari Bandara menuju ke Pusat Kota. Sebenernya apa sih Sate Bulayak ini?
Satu dari sekian banyaknya tempat nongkrong malam hari di kota Mataram ini merupakan Taman Kota yng terdapat atau terletak di Jl. Udayana. Taman Kota ini selalu penuh pengunjung apalagi di malam minggu, namun disaat saya kesana hujan baru saja berlalu menjadikan suasana taman itu relatif sepi. Aneka macam penjaja makanan serta minuman mendirikan tenda sepanjang taman kota ini, serta yng paling tidak sedikit serta menonjol merupakan penjaja Sate Bulayak. Bulayak sendiri sebenarnya diambil dari nama lontong khas yng mendampingi hidangan satenya. Bulayak ini mirip yang dengannya lontong biasa, namun lebih mungil yang dengannya bentuk mengerucut. Dibungkusnya pun tak mempergunakan daun pisang namun mempergunakan daun aren yang dengannya lilitan berbentuk spiral menjadikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membukanya Perlu yang dengannya gerakan memutar. Sensasi yng diberikan bulayak ini pula berbeda, teksturnya yng lembut dan gurihnya (yng katanya lantaran penggunaan daun aren menjdai bungkusnya) memanglah mampu diberikan acungan jempol. Apalagi andai dicocol yang dengannya bumbu kacang yng adalah bumbu satenya.
Satenya sendiri pada biasanya merupakan sate ayam ataupun sapi, terkadang diberikan jeroan pula. Yng unik memanglah ada di bumbunya, bumbu kacangnya tak biasa. Terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yng direbus bersama santan dan beberapa bumbu dapur lain-lainnya. Rasanya sekilas jadi semisal bumbu kari, serta lantaran saya penggemar manis maka kucuran kecap manis dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah kesempurnaan bumbu sate bulayak ini. Suatu pengalaman masakan unik yng Perlu kamu coba andai mampir ke Kota Mataram ini.

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 53 - Sate Bulayak, Mataram

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 53 - Sate Bulayak, Mataram