Kuliner 15 - Pisang Epe dan Saraba, Makassar

- Rabu, Juli 05, 2017

Kuliner 15 - Pisang Epe dan Saraba, Makassar

 

Goresan pena masakan yang terakhir saya dari tour di Kota Makassar ini menyajikan makanan ringan khas dari ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini. Saya pernah sempet meluangkan waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk berjalan-jalan menikmati udara malam di Makassar. Mampir ke Cafe Gigi, bagi atau bisa juga dikatakan untuk nongkrong2 sebentar menikmati iringan musik Organ tunggal, namun yng menjadi penyanyi merupakan para tamu-tamu itu sendiri, setiap meja berhak mengirimkan wakilnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyanyi maksimal 2 buah lagu. Menarik kan? Dari meja saya yng maju merupakan Pak Syam Jaya dari Kab. Jeneponto bagi atau bisa juga dikatakan untuk turut menyumbangkan lagu.
Menjdai sahabat nongkrong, saya memesan minuman yng telah lama saya cari-cari yakni Saraba. Saya meminum yang terakhir minuman ini sewaktu ada pekerjaan di Gorontalo, saya baru tahu bahwasanya sebenarnya Saraba ini merupakan minuman khas dari Makassar, saya pikir selama ini merupakan minuman khas gorontalo. Minuman yng terbuat dari jahe, telor, santan serta gula merah, memanglah nendang banget rasanya. Anget serta manis, mampu kembali menyegarkan tubuh yng telah lemas (bombastis banget nggak sih?). Minuman ini mampu ditemui tidak sedikit di pinggir jalan di malam hari ataupun buat teman-teman yng pernah sempet bepergian ke Makassar mempergunakan pesawat, Saraba ini pula mampu ditemui di Toraja Executive Lounge.

Andai kita menyusuri Pantai Losari, maka kita akan tidak sedikit menemui gerobak pedagang yng menjajakan makanan ringan yakni Pisang Epe. Apa itu pisang Epe? Pisang yng dibakar lantas langsung di press mempergunakan sepasang balok kayu, lantas disajikan yang dengannya gula merah cair yng sudah dicampur kelapa parut, serta umumnya diberi aroma nangka serta durian. Sambil menikmati angin pantai, makanan ringan ini benar-benar menjadi sensasi tersendiri bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati udara malam di Kota Makassar.

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 15 - Pisang Epe dan Saraba, Makassar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 15 - Pisang Epe dan Saraba, Makassar