Kuliner Bandung - Batagor H. Isan

- Selasa, April 18, 2017

Kuliner Bandung - Batagor H. Isan

 

Wisata Masakan Indonesia #356
Masakan Bandung
Batagor H. Isan
Jl. Bojongloa No. 38 A - Bandung
Telp: 022-5203718 / 0816624382
Tak lengkap andai berwisata masakan ke Bandung tanpa merasakan satu dari sekian banyaknya ikon masakan Bandung: Batagor. Di sebuah ruas jalan kecil, Jl Bojongloa, yng tak jauh dari Jl Raya Kopo, terdapat sebuah kedai batagor simpel yng hampir tak pernah sepi didatangi pengunjung, Batagor H. Isan. Adonan ikan tenggiri, tepung aci serta bumbu-bumbu dimasukkan dalam tahu putih yng lantas dibungkus tepung bagi atau bisa juga dikatakan untuk digoreng. Nikmati disaat masih Anget, akan terasa kulit luar yng kering namun bagian dalam batagor yng empuk nan gurih. Aroma ikan tenggirinya hadir namun tak terlalu kuat, berbeda yang dengannya batagor riri ataupun kingsley misalnya yng aroma ikannya terasa lebih banyak didominasi. Buat saya cita rasa yng diberikan oleh Batagor H Isan ini malahan pas. Yng pula berbeda merupakan penyajiannya, batagor di sini disajikan tanpa dipotong-potong berlebi dahulu. Silakan genakan garpu serta sendok bagi atau bisa juga dikatakan untuk memotong sendiri, namun saya memilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempergunakan tangan langsung serta mencelupkannya ke dalam bumbu kacang yng disajikan dalam mangkok terpisah. Bumbu kacangnya sengaja dibuat kasar yang dengannya rasa gurih serta asin. Buat penggemar manis semisal saya, kecap menjadi senjata andalan penyempurna rasa batagor ini. Satu buah batagor harganya 2500 rupiah, umumnya satu porsi berisi 3-4 potong.
Varian lain dalam penyajian batagor ini merupakan batagor kuah. Jadi batagor tak disajikan yang dengannya bumbu kacang, akan tetapi dalam kuah layaknya sajian mie baso. Batagor H. Isan pula memberikan menu ini, tiga potong batagor ditemani 5 butir baso kecil disajikan dalam kuah panas yng segar. Cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk melawan udara kota Bandung yng sejuk. Satu porsi Batagor Baso Kuah ini bisa dinikmati yang dengannya harga Rp. 12.500,-. Oh ya, batagor ini pula telah disiapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa dibawa pulang. Pesan saja batagor 1/2 matang jjika mau dibungkus, menjadikan disaat hingga di rumah kita bisa menggorengnya lagi lantaran kenikmatan batagor ini memanglah disaat disantap selagi panas. Bumbu kacang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibungkus pun diberikan yng lebih kering. Disaat kita akan menikmatinya, cukup tambahkan air Anget berlebi dahulu. Ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi agar bumbu kacangnya tak cepat basi.
Apa yng membuat Batagor H. Isan ini tidak sedikit digemari orang? Mungkin ada dua faktor yng utama. Yng pertama merupakan faktor sejarah. Ya, batagor ini dikenal menjdai pelopor batagor di kota Bandung. Lebih dari 40 tahun lalu, H. Isan merupakan pedagang baso tahu-siomay keliling. Ada beberapa era dimana dagangannya tak habis, agar tak terbuang lantas dia menggorengnya agar bisa mampu lebih tahan lama, serta sebenarnya sesudah coba ditawarkan sebenarnya tidak sedikit orang yng menggemari baso tahu yng digoreng ini, muncullah istilah batagor atau juga Baso Tahu Goreng, yng era ini menjadi satu dari sekian banyaknya ikon masakan Bandung. Faktor kedua tentunya merupakan cita rasa yng disajikan. Bagian luar batagor yng kering yang dengannya isian yng lembut, belum lagi hadirnya aroma ikan tenggiri yng light plus bumbu kacang yng gurih menjadi paduan cantik yng bakal memanjakan indera pengecap kita. Pendiri bisnis ini, H. Isan sendiri sudah wafat pada tahun 2008, serta era ini dilanjutkan oleh generasi keduanya. Lantaran kepeloporannya ini dia, maka era ini tidak sedikit penjaja batagor yng mempergunakan mirip-mirip namanya agar bisa ikut merasakan larisnya, sebut saja batagor H. Ihsan ataupun H. Ikhsan. Era ini Batagor H. Isan pula membuka cabang selain outletnya yng di Jl. Bojongloa, katanya pula telah ada cabangnya di Jl Cikawao serta Jl Lodaya. Jadi andai mau merasakan batagor yng "asli", silakan kunjungi Batagor H. Isan.
Peta Lokasi serta Alamat Batagor H. Isan:

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Bandung - Batagor H. Isan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Bandung - Batagor H. Isan