Kuliner 91 - Itik Panggang dan Soto Banjar, Banjarmasin

- Rabu, April 26, 2017

Kuliner 91 - Itik Panggang dan Soto Banjar, Banjarmasin

 
Depot Madezo 3
Jl. Gatot Subroto No. 4, Banjarmasin
Telp: 0511-3261789
Ada satu masakan yng pernah sempet terlewat pada kunjungan pertama saya ke Banjarmasin di tahun 2008, Itik Panggang. Tidak sedikit tempat makan di tempat kota Seribu sungai ini yng menjajakan masakan ini, sebetulnya apa bedanya sih itik ini yang dengannya bebek yng pula tidak sedikit menjadi bahan utama aneka macam menu di Pulau Jawa? Pendapat dari orang sana sih gak ada bedanya, atau juga itik = bebek. Namun goresan pena Om Bondan Winarno di kompas.com tidak banyak menerangkan bahwasanya yng dipakai di Banjarmasin merupakan itik alabio yng berbeda dari jenis bebek yng biasa kita dapati di Jawa. Lalu apa istimewanya itik panggang ini?
Potongan yng disajikan pada itik panggang tak semisal menu-menu bebek yng biasa kita jumpai. Dagingnya disajikan dalam potongan-potongan kecil jadi tak ketauan lagi apakah ini bagian paha ataupun dada ataupun lain-lainnya. Lantas daging itik ini diramu dalam olahan bumbu kecap serta dibakar di atas arang, disajikan yang dengannya sambal khas yng luar biasa manissss. Memanglah ramai sekali masakan khas banjar yng kuat rasa manisnya, salah satunya sambalnya. Di luar rasa manis sambalnya, itik panggang ini saya beri acungan dua jempol, selain dasarnya emang saya suka aneka macam masakan olahan daging bebek, itik panggang ini emang punya cita rasa berbeda yang dengannya bumbu yng meresap hingga ke dagingnya. Kudu dicoba dah... Harga: Rp. 17.000/porsi
Soto Banjar, ya kayanya gak afdol kalo ke Banarmasin gak nyicipin masakan yng satu ini. Potongan kupat ataupun lontong yng dipadukan yang dengannya kuah soto yng kaya akan aroma rempah-rempah semisal kayu manis, kapulaga, cengkeh, biji pala serta lain-lain. Ditambah yang dengannya soun, telur rebus serta perkedel kentang... perfecto. Harga: Rp.8.500/porsi.
Itik Panggang serta Soto Banjar ini saya nikmati di Depot Madezo, satu dari sekian banyaknya tempat makan di Banjarmasin yng menyajikan masakan khas banjar ini. Jadi kalo ke Banjarmasin, jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk cari itik panggang n soto banjar. Kalo nggak, belum mampu ngomong udah ke Banjar :)
Masakan di Kota Banjarmasin lain-lainnya:
  • RM Cendrawasih, Jl. Pangeran Samudera
  • Lontong Orari, Jl. Seberang Mesjid

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 91 - Itik Panggang dan Soto Banjar, Banjarmasin

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 91 - Itik Panggang dan Soto Banjar, Banjarmasin