Kuliner 127 - Beragam Kuliner Solo di Galabo

- Jumat, April 07, 2017

Kuliner 127 - Beragam Kuliner Solo di Galabo

 
Gladag Langen Bogan (GALABO)
Jl. Mayor Sunaryo - Solo
Mau makan Tengkleng, Nasi Liwet, Sate Sapi, Nasi Trancam, Garang Asem, Wedang Ronde, Bebek Kremes, Mie Godog, Nasi Mawut, Sate Kere, Wedang Dongo serta masih tidak sedikit masakan khas Solo serta Jawa Tengah lain-lainnya? Gak usah sibuk mencari, saat ini semuanya terpusat di satu tempat. Silakan saja meluncur ke Gladag Langen Bogan (GALABO) yng terdapat atau terletak di Jl. Mayor Sunaryo, tepat di depan Beteng Trade Center (BTC) serta Pusat Grosir Solo (PGS). Jalan ini pada malam hari akan ditutup bagi atau bisa juga dikatakan untuk kendaraan bermotor serta menjadi pusat wisata masakan Solo. Saking banyaknya kedai makan di tempat ini saya hingga gundah sendiri memilih makanan apa yng akan saya santap malam ini. Akhirnya pilihan jatuh ke Tengkleng Klewer Bu Rudi. Masakan khas Solo ini adalah favorit saya, serta konon Tengkleng di Pasar Klewer cukup melegenda di kota ini.
Tengkleng sendiri adalah makanan dari daging kambing berkuah santan serupa yang dengannya gule ataupun tongseng, akan tetapi tentu yang dengannya bumbu-bumbu yng berbeda (sori bukan tukang masak jadi gak tau bedanya apa hehehe). Tengkleng pada biasanya mempergunakan daging Iga Kambing, namun di Tengkleng Klewer ini yng dipakai merupakan beragam bagian dari kambing semisal kepala, tulang rawan, iga, buntut, kaki serta sebagainya. "Bertarung" yang dengannya beragam isi tengkleng ini sendiri memberikan kenikmatan sendiri, kadang bertemu yang dengannya daging lembut yng masih menempel di tulangnya, kadang menikmati "gemeletuk" tulang rawan, ataupun empuknya jeroan. Pengalaman Masakan tersendiri bagi saya :) 1 porsi Tengkleng plus nasi silakan ditebus yang dengannya harga Rp.16rb.
Hmmm, coba yng lain ah. Saya tertarik yang dengannya counter Sate Jerohan Sapi "YU REBI", kebayang menikmati sate daging sapi yang dengannya bumbunya yng manis khas Jawa Tengah, ditambah yang dengannya beragam jerohan sapi yng mengiringinya, sluruuppp. Kalo liat daftar menu ada beragam jenis sate sapi yng tersedia semisal: sate daging, sate ati, sate ginjal, sate iso, sate babat, sate torpedo, serta sate kikil. Semuanya tampak menarik, so akhirnya saya pilih Sate Campur. Rasanya? Gokil abisss.... Bumbu kacang yng manis ditimpali yang dengannya potongan bawang merah serta cabe rawit membalut sepuluh tusuk sate jerohan sapi "Yu Rebi". Gak nemu deh di tempat lain... Harga satu porsi sate ini Rp. 19.000.
Nah saat ini minumnya, saya pengen cari yng aneh, yng sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk didapati di kota lain. Akhirnya pilihan jatoh pada Jahe Kunir Jeruk (JKJ). Kebayang gak sih hangatnya jahe yng menyatu yang dengannya aroma kunir ditimpali yang dengannya segarnya aroma jeruk... Rasanya beneran dahsyat, gak mampu didapet di tempat lain. Namun yng agak mengganggu merupakan penyajiannya dimana potongan jahe serta kunir yng tumplek dalam satu gelas. Kalo kata temen saya, terlalu tidak sedikit sampahnya. But, it's OK for me, segernya minuman ini sebanding koq yang dengannya keribetan minumnya hehehe. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu gelas minuman yng mampu mengembalikan vitalitas tubuh ini mampu ditebus yang dengannya harga lima ribu rupiah saja.

Buat yng mau plesir ke Solo, Gladag Langen Bogan (GALABO) adalah solusi masakan yng tepat. Beragam masakan Solo tumplek plek ditempat ini, gak usah gundah cari kemana-mana. Makan enak, suasana sejuk plus iringan live music membuat makan malam kamu dijamin sempurna. Mau makan di meja boleh, lesehan pula monggo. Udah ah, mikirin makanan di Galabo bikin ngiler sendiri...

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 127 - Beragam Kuliner Solo di Galabo

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 127 - Beragam Kuliner Solo di Galabo