Museum Ullen Sentalu Kaliurang Yogyakarta

- Rabu, Maret 01, 2017

Museum Ullen Sentalu Kaliurang Yogyakarta

 
Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Museum kini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, di jogja khususnya tidak sedikit tersedia museum-museum yang dengannya kekhasan berita yng terdapat di dalamnya. Di artikel ini saya berkesempatan liburan serta berkunjung ke Museum Ullen Sentalu yng terdapat atau terletak di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta.
Peta Menuju Museum Ullen Sentalu

Sejarah Museum Ullen Sentalu (diambil dari Ullen Sentalu) Seribu enam ratus ataupun malah lebih dari dua ribu tahun. Selama itulah rentang waktu yng sudah membentuk budaya Jawa yng eksis serta kita kenal sampai-sampai saat ini. Evolusinya melalui aneka macam zaman : Mataram Kuno, Medang, Kediri, Singasari, Majapahit, Demak, Pajang, pula Mataram beserta empat cabang sempalannya, yaitu Surakarta, Yogyakarta, Mangkunegaran, serta Pakualaman.
Hasil proses peradaban berusia panjang itu pun tidak tidak lebih jumlahnya yng bermutu Amat tinggi. Sebut saja dalam hal ini kitab kitab kuno yng berisikan mitologi, epos, sejarah, ketatanegaraan, pengetahuan serta petuah-petuah berfaedah, sampai-sampai ramalan : Bharatayudha, Negarakertagama, Pararaton, Babad Tanah Jawi, Serat Centhini, Serat Wedhatama,serta Serat Kalathida. Di samping itu ada juga sejumlah adikarya berupa bangunan bangunan berarsitektur megah dan kaya ornamen elok: Candi Borobudur, Percandian Prambanan, Candi Sewu, Candi Penataran, Pasareyan Raja-raja Mataram di Imogiri, pula Istana Air Taman Sari. Patut disyukuri bahwasanya tidak sedikit dari warisan budaya yng bersifat tangible (bendawi) yang telah di sebutkan sejauh ini terkonservasi yang dengannya cukup baik.
Foto di Pintu Masuk Museum Ullen Sentalu
Akan tetapi, selain warisan budaya yng bersifat tangible ada juga warisan budaya yng bersifat intangible. Warisan budaya intangible mencakup keseluruhan ekspresi, pengetahuan, representasi, praktek, serta ketrampilan. Datangnya era globalisasi yng tidak terelakkan dan banjir budaya pop yng dibawanya mendatangkan ancaman bagi warisan budaya Jawa yng bersifat intangible. Menjadi pudar serta terabaikan merupakan awal mulanya. Selanjutnya, andai tiada perhatian dan tindakan nyata, bukan tidak mungkin itu akan memusnahkan warisan budaya intangible, membuatnya tidak teringat lagi percis sekali.
Keprihatinan atas hal semacam itu, berpadu yang dengannya pemikiran bahwasanya kebanggaan serta martabat suatu bangsa, salah satunya kebanggaan atas segenap hasil proses peradaban serta budayanya, taklah bisa dijauhkan yang dengannya adanya kehendak kuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kesinambungannya, kemudian memantik inspirasi para pendiri Museum Ullen Sentalu. Orang-orang kemudian bertekad bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa atau mampu menjelmakan warisan budaya intangible dalam wujud karya karya seni. Harapannya, itu akan bisa atau mampu menjadi jendela peradaban seni serta budaya Jawa, sekalian jembatan komunikasi bagi generasi masa kini.
Menikmati Jamu Ratu Mas di Bale Nitik Rengganis

Era Masuk kita diminta bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli tiket yang dengannya harga Domestik Dewasa 30.000, anak-anak 15.000. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk wisatawan Internasional Dewasa 50.000, anak-anak 30.000. Tiket yng kita bayar telah salah satunya Pemandu Wisata selama di dalam Museum, Minuman Jamu Ratu Mas serta Free Parkir. Aturan selama mengikuti tour yakni kita tak boleh berfoto selama di dalam museum, kecuali tempat yng boleh dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk berfoto oleh pemandu. Sebelum masuk saya menyempatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berfoto di depan museum.
Di artikel ini saya datang ber 4 bersama kakak serta dua keponakan, lantaran kami ber empat kami digabung yang dengannya kelompok-kelompok kecil yng total grup kami ada sekitar 12 orang. Suasana dibuat alami yang dengannya tekstur tembok batu membuat suasana makin membuat penasaran di dalamnya ada apa. Di dalam museum ini dibagi menjadi 3 Bagian, di dalam bagian-bagian ini terdapat benda-benda yng unik semisal Gamelan Kuno, Lukisan Bangsawan Keraton Yogyakarta serta Surakarta, Benda-benda peninggalan para bangsawan, Aneka Kain Batik, Relief kuno, dll.

Saya senang mendatangi Museum Ullen Sentalu lantaran seluruh barang-barang yng dipamerkan dijelaskan secara rinci oleh pemandu, tak rugi lantaran pemandu yng ramah yang dengannya sabar menjelaskan kepada kami seluruh. Suasana di dalam dibuat agak kuno namun tetap memberikan kesan mewah. Bagi saya tak rugi membayar retribusi yng terbilang agak tidak murah namun sesuai yang dengannya apa yng kita peroleh.
Buat anda sekalian yng tak begitu kuat yang dengannya suasana dingin, diharapkan membawa jaket ataupun semacamnya lantaran selama tour suasana dingin kaliurang semakin terasa lantaran seluruh ruangan tetap di kasih pendingin ruangan. Mengapa selalu ada pendingin ruangan padahal suasana telah dingin? Jawabannya simpel, agar suhu kelembapan udara di dalam ruangan terjaga serta seluruh barang-barang yng ada tak gampang rusak.
Bagi yng ingin berkunjung Berita Lengkap Museum Ullen Sentalu Museum : Ullen Sentalu Alamat : Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta Telepon : +62 274 895161 Website : ullensentalu.com Email : info@ullensentalu.com Facebook : Museum Ullen Sentalu Twitter : @ullensentalu

Source Article and Picture : www.kulinerwisata.com

Seputar Museum Ullen Sentalu Kaliurang Yogyakarta

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Museum Ullen Sentalu Kaliurang Yogyakarta