Wisata : Tugu Jogja

- Selasa, Februari 28, 2017

Wisata : Tugu Jogja

 

Bagi Kota Jogja Tugu punya arti tersendiri..Tugu semisal menjadi pusat dari kota jogja, hampir segala kegiatan di malioboro serta daerah sekitarnya bisa terlihat dari Tugu..Tugu tak cuma sebatas tiang namun Tugu Kota Jogja memiliki nilai history yng Amat tinggi bagi Warga Kota Jogja.
Tugu Jogja kira-kira didirikan satu tahun sesudah Kraton Yogyakarta berdiri. Pada era awal berdirinya, bangunan ini secara tegas menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti, semangat persatuan rakyat serta penguasa bagi atau bisa juga dikatakan untuk melawan penjajahan. Semangat persatuan ataupun yng disebut golong giligitu tergambar terang pada bangunan tugu, tiangnya berbentuk gilig (silinder) serta puncaknya berbentukgolong (bulat), menjadikan disebut Tugu Golong-Gilig. Secara rinci, bangunan Tugu Jogja era awal dibangun berbentuk tiang silinder yng mengerucut ke atas. Bagian dasarnya berupa pagar yng melingkar sementara bagian puncaknya berbentuk bulat. Ketinggian bangunan tugu pada awal mulanya mencapai 25 meter. Seluruh berganti pada tanggal 10 Juni 1867. Gempa yng mengguncang Yogyakarta era itu membuat bangunan tugu runtuh. Mampu dikatakan, era tugu runtuh ini adalah keadaan transisi, sebelum makna persatuan benar-benar tidak tercermin pada bangunan tugu. Keadaan benar-benar berganti pada tahun 1889, era pemerintah Belanda merenovasi bangunan tugu. Tugu dibuat yang dengannya bentuk persegi yang dengannya tiap sisi dihiasi semacam prasasti yng menunjukan siapa saja yng terlibat dalam renovasi itu. Bagian puncak tugu tidak lagi bulat, namun berbentuk kerucut yng runcing. Ketinggian bangunan pula menjadi lebih rendah, cuma setinggi 15 meter ataupun 10 meter lebih rendah dari bangunan semula. Sejak era itu, tugu ini disebut pula menjdai De Witt Paal ataupun Tugu Pal Putih.
Perombakan bangunan itu sebetulnya adalah taktik Belanda bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikis persatuan antara rakyat serta raja. Akan tetapi, melihat perjuangan rakyat serta raja di Yogyakarta yng berlangsung sesudahnya, mampu diketahui bahwasanya upaya itu tak sukses. Kisah yng tergambarkan dalam Tugu Kota Jogja membuat Tugu meenjadi satu dari sekian banyaknya tembat yng mempunyai cerita tersendiri bagi warganya.
Era pengunjung ingin menikmati indahnya Tugu serta ingi merasakan suasana Kota Jogja, kita bisa menikmatinya di sudut perempatan ada sebuah kursi serta era matahari tenggelam suasana yng kental akan history kota ini itu sungguh terasa..Kini era malam tiba tidak sedikit wisatawan Domestik serta Mancanegara yng senang menikmati indahnya Kota Jogja dari Tugu


Source Article and Picture : www.kulinerwisata.com

Seputar Wisata : Tugu Jogja

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Wisata : Tugu Jogja