Kuliner : Rumah Makan Mangut Lele Bu Is

- Rabu, Februari 15, 2017

Kuliner : Rumah Makan Mangut Lele Bu Is

 

Jogja yng dikenal menjdai kota Gudeg, sebenarnya mempunyai masakan mangut lele yng cukup menonjol di dunia perkulineran. Di antaranya yakni mangut lele di Rumah Makan Mangut Lele Bu Is, lokasinya berada di Jalan Imogiri Barat KM 12, Sumber Agung, Jetis Bantul. Akses menuju lokasinya cukup gampang, kalau dari arah pusat kota Jogja sebelum perempatan Jetis, Bantul, rumah makannya da di sebelah kiri jalan raya. Rumah Makan ini cukup besar yang dengannya warna hijau yng menyelimuti seluruh dindingnya, di dalam rumah di set bagi atau bisa juga dikatakan untuk lesehan. Kalau tak ingin menikmati yang dengannya lesehan, kita mampu memilih tempat yng ada di samping rumah.
Pasalnya Rumah Makan Mangut Lele Bu Is telah berdiri sejak tahun 1978-an yang dengannya menempati rumah yng simpel, semisal rumah yng di pedesaan pada biasanya. Lantas pada tahun 2006, bisnis ini dikelola oleh putranya yng bernama Bapak Iswandi bersama istrinya. Sedangkan Ibu Is sendiri saat ini telah meninggal dunia beberapa bulan yng lalu. Rumah Makan Mangut Lele Bu Is ini pula tidak luput dari gempa besar serta gunung meletus yng menimpa Jogjakarta. Walaupun kerusakan yng terlaksana tak terlalu parah, akan tetapi warung ini pernah sempet tutup bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa bulan. Serta mulai berjualan lagi sesudah rumahnya direnovasi menjadi lebih kokoh serta rapi semisal saat ini ini.
Sesuai yang dengannya namanya, menu andalan di rumah makan ini yakni mangut lele. Mungkin menu ini cukup familiar bagi kita, akan tetapi penyajiannya mungkin tak akan kita jumpai di tempat lain. Mangut lelenya disajikan di dalam satu baskom ukuran sedang serta jumlahnya sesuai yang dengannya orang yng datang. Sebakul nasi putih serta beberapa jenis sayuran segar ataupun rebus disajikan menjdai sidedishnya. Ada sepiring taoge rebus, sepiring bayam serta kenikir rebus, sepiring mentimun, serta sepiring irisan sayur segar yng terdiri dari daun pepaya serta daun lempuyang/ luntas dan beberapa tangkai daun kemangi. Selain itu, pula ada oseng lombok ijo, sepiring bumbu urap serta satu cobek sambal terasi berwarna hitam pekat. Seluruh sidedish mampu dinikmati sepuasnya, kalaupun ingin menambah pula diperbolehkan.
Mangut lelenya enak yang dengannya kuah santan sedang, tak terlalu kental ataupun terlalu cair serta tidak banyak agak pedas. Kalau bagi Saya pribadi yng membuatnya special malah terdapat atau terletak pada sidedishnya, sayuran dicocol yang dengannya sambal terasi benar-benar nikmat. Apalagi bagi atau bisa juga dikatakan untuk sayur irisnya, walaupun mempergunakan daun pepaya yng umumnya pahit, namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk di artikel ini daun pepayanya tak ada rasa pahit percis sekali. Sambal terasinya hitam pekat, kental, rasa pedas, asin serta manisnya mampu terasi tanpa ada yng tertutupi oleh rasa yng lain.
Mungkin Kamu akan terkejut disaat menyelesaikan pembayarannya. Lantaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk seluruh sajian yng melimpah serta memuaskan yang telah di sebutkan, kita cukup mengeluarkan kocek sebesar 12ribu rupiah, serta itu pun telah salah satunya yang dengannya segelas teh manis. Mengingat harga serta penyajianya lain dari pada yng lain, tak heran kalau sehari-hari sekitar ±15kg ikan lele mampu habis dalam sehari. Umumnya rumah makan ini mulai melayani para pengunjungnya dari jam 8 pagi hingga jam 1/2 8 malam sehari-hari.
sumber : http://wisatakuliner.com/masakan/tempat-makan/item/mangut-lele-bu-is.html?category_id=57

Source Article and Picture : www.kulinerwisata.com

Seputar Kuliner : Rumah Makan Mangut Lele Bu Is

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner : Rumah Makan Mangut Lele Bu Is