Kuliner Cirebon - Empal Gentong Amarta

- Jumat, Februari 24, 2017

Kuliner Cirebon - Empal Gentong Amarta

 

Wisata Masakan Indonesia #327
Empal Gentong Amarta
Jl. Ir. H. Juanda No. 37 Battembat
Cirebon
Telp: 081324293392
Satu dari sekian banyaknya masakan yng diburu andai berkunjung ke kota Cirebon merupakan Empal Gentong. Kita mampu menemukan tidak sedikit penjaja empal gentong di aneka macam penjuru kota Cirebon. Di antaranya yng cukup kondang merupakan Empal Gentong Amarta yng ada di tempat Battembat-Plered. Pesanan empal gentong langsung saya sampaikan begitu menginjakkan kaki di kedai yng tak terlalu besar ini. Hampir seluruh meja siang itu terisi oleh para pelanggan yng tengah menikmati santap siangnya. Potongan daging serta jeroan sapi semisal usus, paru, babat serta sebagainya, mengisi kuah santan yang dengannya cita rasa yng khas. Kalo tak suka jeroan, kita pula mampu meminta isinya cuma daging saja. Ada semburat manis di sana yang dengannya aroma rempah yng segar menyeruak di kuah empal gentong ini. Mirip yang dengannya gulai, namun kuah empal gentong lebih light. Jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyambar kerupuk kulit khas Cirebon. Berbeda yang dengannya kerupuk kulit sapi pada biasanya, kerupuk kulit yng kita jumpai di Cirebon ini mempunyai ukuran yng lebih besar. Kucurkan tidak banyak jeruk nipis, tambahkan acar serta bubuk cabe kering yng pula khas Cirebon, sluruuuppp.... maka hidangan Empal Gentong ini memanglah susah terbantahkan kenikmatannya.
Di Empal Gentong Amarta pula dijual Sate Kambing Muda yng layak dicoba. Ada dua pilihan: sate campur yang dengannya gajih serta ati kambing, ataupun sate polos yng cuma berisi daging. Dagingnya empuk yang dengannya bumbu kacang kecap yng legit, menjadi sahabat pelengkap hidangan Empal Gentong.
"Tak Buka Cabang", goresan pena itu tampak di spanduk Empal Gentong Amarta yng dipasang di dalam kedainya. Mungkin lantaran namanya telah cukup kesohor, sang pemilik takut ada orang yng mendompleng ketenaran Empal Gentong Amarta. Apalagi konon, Amarta pula menjadi pelopor sajian Empal Asem, masakan baru khas kota Cirebon. Berbeda yang dengannya empal gentong yng mempergunakan kuah santan, maka empal asem kuahnya bening yang dengannya rasa asam segar, semisal sop. Sayang saya tak pernah sempet merasakan Empal Asem Amarta ini, mungkin lain waktu...

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Cirebon - Empal Gentong Amarta

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Cirebon - Empal Gentong Amarta