Kuliner 30 - Ayam Tangkap, Aceh

- Minggu, Februari 12, 2017

Kuliner 30 - Ayam Tangkap, Aceh

 
Nama makanan ini memanglah tidak banyak aneh namun sebenarnya ramai sekali tempat makan di Aceh yng menyediakan menu ini. Ya, coretan masakan ke 30 ini cukup spesial lantaran datang dari Provinsi paling barat negara kita, Nanggroe Aceh Darussalam. Begitu mendarat di bandara, semisal biasa, tujuan pertama tentunya tempat makan. Kita mampir ke Rumah Makan Khas Aceh Rayeuk yng menyediakan tiga menu utama, Ayam Tangkap, Ikan Bakar serta Sate Matang. Apa sebetulnya Ayam Tangkap ini?
Ayam Tangkap merupakan ayam yng dipotong kecil-kecil (sebesar ibu jari) lantas digoreng kering, lantas disajikan yang dengannya daun temburu serta cabe hijau yng pula digoreng kering. Meskipun bentuknya daun, lantaran digoreng kering maka daun temburu ini jadi kaya' kripik. Rasanya sih sebetulnya kaya ayam goreng biasa saja, namun yang dengannya sajian kripik daun serta cabe hijau goreng ini memicu tidak banyak cita rasa yng berbeda.
Menu kedua merupakan Sate Matang yng sebenarnya merupakan Sate Daging Sapi yng disajikan yang dengannya bumbu kacang. Semisal sate sapi pada biasanya, sate ini rasanya manis, demikian juga yang dengannya bumbu kacangnya. Sebenarnya di sumatera ada pula makanan manis ya?
Tak ada yng spesial yang dengannya Ikan Bakar nya. Ikan yng dipakai merupakan ikan Kerapu yang dengannya daging yng tebal serta empuk, namun tak dibumbui dulu sebelum dibakar. Disajikan yang dengannya bumbu sambal kecap. Ya lumayan lah.
Nah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk minumnya ada Es Timun, buah ketimun yng diserut (semisal es blewah) lantas dikasih air gula serta es. Ini baru mantap, Amat menyegarkan, apalagi saya baru menemupuh perjalanan lebih dari 3 jam dari Jakarta.

OK, coretan selanjutnya dari tanah rencong ini tentunya akan lebih menarik...
Oh ya, maaf gak mampu nulis harganya soalnya dibayarin, jadi gak tau hehehe
Mau tahu tempat makan lain-lainnya di Aceh? Silakan lihat disini -> Wisata Masakan Aceh

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 30 - Ayam Tangkap, Aceh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 30 - Ayam Tangkap, Aceh