Wisata : Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

- Kamis, Januari 19, 2017

Wisata : Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

 
Gunungkidul mempunyai pesona yng tak akan habis bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijelajahi. Air terjun Sri Gethuk merupakan satu dari sekian banyaknya tempat yng Perlu Kamu jelajahi era berkunjung ke Gunungkidul. Air terjun ini Amat elok dipandang.
Air terjun Sri gethuk terdapat atau terletak di Padukuhan Menggoran yng berdekatan yang dengannya lokasi wisata Gua Rancang Kencono. Air terjun ini tak pernah kering serta akan menjadi objek foto yng menarik.
Air Terjun Sri Gethuk ataupun yang dengannya nama lain Air Terjun Slempret mempunyai keunikan tersendiri lantaran bercabang pada dua celah tebing serta muncul dari sela-sela tebing karst yng gersang. Air tejun ini mempunyai ketinggian sekitar 80 meter serta berada tepat di tepi Sungai Oyo. Ada tiga sumber mata air yng menyembur di sekeliling air terjun Sri Gethuk, yakni mata air Dung Poh, Ngandong serta Ngumbul.
Dinamai Air terjun Sri Getuk ataupun Sri Ketuk lantaran pendapat dari kepercayaan masyarakat setempat pada masa lalu, Suka terdengar bunyi gamelan, yng diyakini milik raja jin Slempret yng bernama Angga Mendura. Konon, keberadaan air terjun ini adalah lokasi pasar jin. Di malam-malam tertentu, masyarakat Suka mendengar bunyi-bunyian semisal slompret dari arah air terjun itu. Namun andai bunyi itu didekati, bunyi yang telah di sebutkan akan menghilang. Makanya, masyarakat menyebutnya Air Terjun Slempret.
Air Terjun Sri Gethuk bisa ditempuh dari kota Wonosari ke barat melalui Playen, sekitar 5 km, ataupun yng dari Yogya mampu belok kiri di pertigaan Gading menuju Playen, dari kota Playen ambil jalur menuju Paliyan kira-kira 1 km hingga menemukan papan penunjuk arah ke Air terjun Sri Gethuk. Ikuti penunjuk arah itu ke barat, kira-kira 7km. Papan penunjuk arah hingga Air Terjun yng berjumlah tidak sedikit Amat gampang diikuti malah oleh pengunjung yng belum hafal daerah
Air yng mengalir dari tebing yng mempunyai ketinggian 58 meter ini jatuh ke hamparan Sungai Oya yang dengannya keindahan yng eksotis yng diwarnai yang dengannya gemericik bunyi air ditambah hiasan daun nyiur yng melambai. Daerah Air terjun ini pula didukung yang dengannya 3 sumber mata air yng cukup besar yaitu sumber mata air Dong Poh, Ngandong serta Ngumbul yang dengannya rata-rata debit 30 sempai yang dengannya 60 liter per detik.
Silahkan yng ingin melihat Videonya
Sumber Terjemahan dari : http://travel.detik.com/read/2012/02/29/182358/1854848/1025/air-terjun-sri-gethuk-surga-tersembunyi-di-gunungkidul

Source Article and Picture : www.kulinerwisata.com

Seputar Wisata : Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Wisata : Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta