Kuliner Pekanbaru - Bolu Kembojo Mini

- Kamis, Januari 19, 2017

Kuliner Pekanbaru - Bolu Kembojo Mini

 

Wisata Masakan Indonesia #399
Masakan Pekanbaru
Bolu Kembojo "Mimie"
Jl. Pepaya (Simpang Jl Durian) - Pekanbaru
Telp: 0812 7573 9161
Apa yng anda cari disaat bepergian keluar kota? Sebagian akan menjawab oleh-oleh khas daerah itu, serta tentunya oleh-oleh makanan menjadi satu dari sekian banyaknya favorit menjdai buah tangan bagi keluarga di rumah. Namun tak seluruh daerah/kota bisa menonjolkan masakan daerah yang telah di sebutkan menjdai oleh-oleh, cuma sebagian yng mungkin melekat di kepala kita semisal pempek di palembang, bakpia di jogja, bandeng di semarang, batagor di bandung, cake pisang di batam serta sebagainya. Nah, kalo bertanya oleh-oleh dari Pekanbaru apa jawaban yng melintas di benak anda? Lebih dari 15 tahun yng lalu saya pernah sempet tinggal di Pekanbaru serta oleh-oleh yng saya bawa pada era itu begitu pulang ke Jakarta merupakan aneka kudapan dari negeri Jiran hehehe. Namun saat ini tak lagi, bulan April 2016 lalu saya kembali berkesempatan mengunjungi ibu kota provinsi Riau ini, serta diajak bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengunjungi satu dari sekian banyaknya pusat oleh-oleh di kota ini, sekalian pusat produksi satu dari sekian banyaknya masakan khas Pekanbaru yng kerap dijadikan oleh-oleh: Bolu Kembojo ataupun ada pula yng menyebutnya Bolu Kemojo. Semisal apakah Bolu Kembojo itu?
Bolu Kembojo Mini (sumber gambar Instagram @kembojomimie)
Nama Kembojo konon berasal dari bunga kamboja, lantaran bentuk bolu ini yng semisal bunga kamboja. Semisal bolu yng lain, bahan dasar pembuat bolu kembojo berasal dari tepung terigu, telor, serta mentega. Namun ada pembeda yng utama dari kudapan khas pekanbaru ini yakni disertakannya santan dalam adonan dan daun pandan. Ya, warna hijau dari bolu ini muncul dari daun pandan yng pula "menghiasi" aroma bolu ini. Lantaran mempergunakan santan, maka tekstur yng muncul dari bolu kembojo tak "serapuh" bolu biasa, namun lebih padat akan tetapi terasa lembut. Meski rasa original dari kue khas pekanbaru ini merupakan pandan, namun era ini para pembuat bolu kembojo di Pekanbaru membuat banyak sekali variasi rasa semisal durian, jagung, keju serta sebagainya. Lantaran mempergunakan santan, "usia" bolu kembojo ini pula tak mampu lama, cuma 2-3 hari saja di suhu ruangan, tambahan sekitar seminggu andai kita menyimpannya dalam lemari pendingin.
Bersama Ibu Nurlela Sari, pemilik bisnis Bolu Kembojo MIMIE
Ukuran Bolu Kembojo ini aslinya cukup besar, cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk dihidangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa orang. Serta rasa aslinya pun Amat manis, menjadikan tak cocok bagi sebagian orang. Merupakan Ibu Nurlela, pemilik Gerai Bolu Kembojo Mimie, yng melakukan modifikasi bolu kembojo ini baik dari segi ukuran ataupun rasa. "Tidak sedikit yng bilang ke saya suka repot menghabiskan bolu kembojo ini, padahal tak tahan lama. Selain itu rasanya terlalu manis. Itu mengapa saya coba memodifikasinya" demikian ujar Ibu Nurlela. Beliau berkreasi yang dengannya menciptakan Bolu Kembojo Mini yng yang dengannya gampang dihabiskan dalam satu suapan, selain itu kadar manisnya pula dikurangi. Hasil nya? Disaat saya merasakan Bolu Kemojo buatan ibu Nurlela ini, indera pengecap saya langsung jatuh cinta. Rasa agak kering di luar serta lembut padat di dalam begitu mempesona, pula yang dengannya rasa manis yng tak bikin enek. Saya tak pernah memakan bolu kemojo yng dibuat yang dengannya resep aslinya, namun yng terang resep dari ibu Nurlela ini layak diacungi jempol. Apalagi saya menikmatinya disaat masih Anget, fresh from the oven, aduhai sedapnya...
Gerai Baru Bolu Kembojo MIMIE di Jl Pepaya
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Bolu Kemojo yang dengannya resep khasnya ini, Ibu Nurlela memberikan nama "Bolu Kembojo MIMIE", sekalian nama yng percis dikenakan buat Gerai Oleh-Olehnya yng cukup besar berdiri di Kota Pekanbaru. "Saya merintis bisnis bolu kemojo ini dari nol, dulu jualannya door-to-door keliling ke rumah-rumah, lantas buka outlet kecil di depan kantor, Alhamdulillah hingga mampu mengontrak ruko besar di Jl. Ahmad Yani. Serta saat ini, meski masih nyicil punya tempat sendiri di sini, agar bisa kami tak was was andai sewaktu-waktu pemilik ruko yng di sana memutus kontrak", demikian Ibu Nurlela bercerita ihwal perjalanan usahanya di gerai barunya di Jl. Pepaya. Di toko barunya ini, kita tak cuma mampu menikmati Bolu Kembojo namun pula aneka kue basah lain-lainnya, serta pula aneka masakan khas oleh-oleh dari kota Pekanbaru lain-lainnya. Jadi kalo mencari Oleh-Oleh di Pekanbaru, silakan cari Bolu Kemojo Mini menjdai satu dari sekian banyaknya alternatifnya.
Peta serta Alamat Bolu Kembojo MIMIE:
Jl. Pepaya (Simpang Jl Durian) - Pekanbaru
Koordinat GPS: 0.51651, 101.44379

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Pekanbaru - Bolu Kembojo Mini

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Pekanbaru - Bolu Kembojo Mini