30 Kuliner Pilihan dari 30 Provinsi di Indonesia (1)

- Sabtu, Januari 28, 2017

30 Kuliner Pilihan dari 30 Provinsi di Indonesia (1)

 

Indonesia mempunyai kekayaan masakan yng luar biasa, malah ada yng mensinyalir bahwasanya Indonesia merupakan negara yang dengannya keanekaragaman masakan paling tidak sedikit sedunia. Ya, yang dengannya 34 provinsi yang dengannya lebih dari 500 kabupaten/kota mampu dibayangkan betapa beragamnya sajian masakan di nusantara ini. Banyumurti.net sendiri telah berupaya mencatat perjalanan kulinernya di lebih dari 55 kota dari 30 Provinsi di Indonesia, namun sebagian besar masih berkisar di ibu kota provinsi serta masih tidak sedikit butuh menggali potensi kekayaan masakan dari banyak sekali kota lain-lainnya. Serta didasari pengalaman yng telah ditempuh oleh indera pengecap yng saya punyai disaat menempuh perjalanan yang telah di sebutkan, berikut merupakan 30 masakan Indonesia pilihan banyumurti.net dari tiap provinsi yng pernah saya kunjungi:

1. Aceh

Provinsi paling Barat di Indonesia ini mempunyai keragaman masakan yng luar biasa, serta saya pernah sempet merasakan beberapa di antaranya semisal Mie Aceh, Ayam Tangkap, Sie Reuboh, Rujak Aceh serta tentunya Kopi serta Sanger Ulee Kareng. Seluruh mempunyai cita rasa yng memikat, namun pilihan dari banyumurti.net jatuh pada Mie Kepiting di Mie Razali - Banda Aceh. Saya suka kepiting serta paduannya yang dengannya bumbu mie aceh yng mempunyai sentuhan rasa pedas yng unik membuat saya memilih hidangan ini. Tidak sedikit yng bilang bahwasanya Mie Aceh paling baik sebetulnya bukan di Mie Razali ini, namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk di artikel ini izinkan banyumurti.net memilih Mie Kepiting Razali menjdai masakan pilihan dari Aceh, lantaran memanglah belum tidak sedikit tempat mie Aceh yng pernah sempet dicicipi.

2. Sumatera Utara

Medan menjdai ibukota provinsi Sumatera Utara pula menyajikan masakan yng beragam, mulai dari makan besar, kudapan hingga oleh-olehnya. Namun pilihan banyumurti.net jatuh pada Soto Medan Sinar Pagi. Ya, soto medan memanglah satu dari sekian banyaknya ikon masakan di kota ini, serta RM Sinar Pagi menyajikan satu dari sekian banyaknya soto medan yng paling baik. Dipenuhi para pelanggannya pada era waktu sarapan, kita mampu menikmati soto medan Sinar Pagi yang dengannya kuah santan light bercita rasa rempah yng khas yang dengannya pilihan isi daging ayam, daging sapi maupun jerohan sapi.

3. Riau

Dumai serta Pekanbaru merupakan dua kota yng pernah sempet banyumurti.net sambangi di Provinsi Riau. Serta Patin Asam Pedas dari Pondok Patin HM Yunus jadi pilihan masakan banyumurti.net dari provinsi ini. Daging patin yng lembut dimasak yang dengannya bumbu santan yng kental yang dengannya rasa asam segar serta cubitan rasa pedas yng nendang. Apalagi andai bisa bagian kepalanya....

4. Sumatera Barat

Siapa yng tak akrab yang dengannya cita rasa yng disajikan dari provinsi ini? Hampir di seluruh kota kita mampu menemukan RM Padang yang dengannya hidangannya yng khas. Selain itu Sate Mak Syukur di Padang Panjang dan Itiak Lado Mudo di Bukittinggi pula telah melegenda menjdai ikon masakan Minang. Namun saya memilih yng berbeda bagi atau bisa juga dikatakan untuk sajian masakan pilihan dari provinsi ini versi banyumurti.net: Es Durian Rubah Nan Lamo. Berdiri sejak 1960, Es Durian di tempat ini tak mengenal musim, selalu setia memberikan kesegaran khas yng diperoleh dari olahan buah durian pilihan.

5. Jambi

Baru sekali saya berkesempatan mengunjungi provinsi ini, serta ada satu rumah makan yng menyediakan sajian masakan khas Jambi di ibu kota provinsi RM Masakan Khas Jambi Putri Jelmu. Serta sajian Nasi Minyak jadi pilihan banyumurti.net. Nasi gurih yang dengannya balutan minyak samin didampingi yang dengannya kuah kari yng light yang dengannya potongan daging sapi di dalamnya.

6. Bengkulu

Baru pernah sempet dua kali mengunjungi provinsi ini, serta saya agak kesulitan menemukan sajian masakan khas dalam dua kali kunjungan yang telah di sebutkan. Namun saya terpikat yang dengannya satu dari sekian banyaknya buah tangan khas di kota ini, Sirup Kalamansi. Sirup ini berbahan dasar Jeruk Kalamansi yng tidak sedikit tumbuh di Provinsi Bengkulu. Rasa asam segarnya yng khas menjadikan sirup ini menjadi satu dari sekian banyaknya favorit saya.

7. Sumatera Selatan

Pempek, Mie Celor serta Es Kacang Merah dari Palembang telah tak asing lagi menjdai ikon masakan khas dari kota Palembang, ibukota Provisi Sumatera Selatan. Di banyak sekali penjuru kota ini, kita yang dengannya gampang menemukan sajian-sajian yang telah di sebutkan. Namun banyumurti.net memilih Pindang Ikan Patin sajian dari RM Sri Melayu, menjdai menu pilihan bagi atau bisa juga dikatakan untuk provisi "wong kito" ini. Mengapa? Paduan kuah asam segar yng khas yang dengannya tidak banyak rasa legit serta cubitan rasa pedas, yng meresap dalam lembutnya tekstur daging ikan patin menjadi alasannya.

8. Lampung

Menjdai kota "penghubung" pulau Jawa serta Sumatera, masakan di kota Lampung pula menjadi "penghubung" dua pulau ini. Sebut saja dua "brand" yng Amat kuat serta mempunyai tidak sedikit cabang di kota Bandar Lampung: Pempek Tenda Biru serta Baso Sonny. Banyumurti.net memilih sajian seafood Steam Ikan Macan dari RM Jumbo Kakap menjdai "wakil" dari provinsi ini. Penggunaan bumbu yng cakep yang dengannya tak "pelit" bawang putih, membuat saya jatuh cinta percis sajian seafood ini, serta tak pernah saya cicipi di tempat lain.

9. Kepulauan Riau

Ada hidangan seafood yng khas dari Kepulauan Riau ini yakni Gonggong yng mampu kita temukan di Batam ataupun Tanjung Pinang. Namun pilihan banyumurti.net bagi atau bisa juga dikatakan untuk masakan dari Kepulauan Riau ini jatuh pada Mie Lendir yng pula bisa didapati di dua kota yang telah di sebutkan. Namanya memanglah unik, mungkin dikarenakan kuahnya yng kental semisal lendir. Dikenal pula yang dengannya mie rebus kuah kacang. Rasanya gurih serta manis, ditimpali yang dengannya rasa pedas yng opsional dari irisian cabe rawit yng turut disediakan.

10. Bangka Belitung

Mie Koba cukup memikat disaat saya mencicipinya di kota Pangkal Pinang - Bangka, hidangan Gangan Kepala Ikan pula mampu membuai disaat saya menikmatinya di Tanjung Pandan - Belitung. Namun pilihan banyumurti.net bagi atau bisa juga dikatakan untuk provinsi ini jatuh pada sajian Ekor Tenggiri Bakar dari RM Mr. Asui yng ada di Kota Pangkal Pinang, ibu kota provinsi Bangka Belitung. Ekor tenggiri berukuran besar, dibakar tanpa bumbu apapun menyisakan cita rasa yng orisinal serta segar dari makanan laut ini.

11. Kalimantan Barat

Pontianak, menjdai ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, menyajikan beragam masakan yng menarik hati. Namun coba jalan tidak banyak keluar kota, serta nikmatilah Pengkang, masakan plihan banyumurti.net dari provinsi ini. Pengkang mirip yang dengannya lemper, namun bentuk, tips masak serta isinya berbeda. Berbentuk segitiga, ketan dalam pengkang disisipi udang kecil serta lantas dimasak yang dengannya tips dibakar. Yng membuatnya spesial merupakan sahabat makannya yakni Sambal Kepah, sejenis kerang yng hidup di hutan mangrove. Sambal yang dengannya rasa manis serta pedas ini melengkapi pengkang yng gurih.

12. Kalimantan Timur

Samarinda, Balikpapan serta Tenggarong merupakan tiga kota yng pernah saya sambangi di Provinsi Kalimantan Timur, serta dari ketiga kota yang telah di sebutkan menu yng saya buru hampir percis: Kepiting. Namun pilihan banyumurti.net bahkan tak jatuh pada olahan kepiting, namun bahkan ke olahan kepala ikan kakap di Kedai Kepala Ikan Bang Jhony - Balikpapan. Meski baru satu kali berkunjung ke Bang Jhony ini, saya langsung jatuh cinta pada sajian Kepala Ikan yng dibumbu Asam Pedas di sini. Rasa asam segar yng kuat ditemani yang dengannya gigitan rasa pedas akan bisa memanjakan indera pengecap kita.

13. Kalimantan Selatan

Saya jatuh cinta pada masakan di Provinsi Kalimantan Selatan sejak kunjungan pertama. Soto Banjar, Itik Panggang, Udang Bakar, Ikan Saluang Goreng, Patin Bakar serta sebagainya begitu mempesona. Namun pilihan banyumurti.net jatuh pada hidangan yng disajikan di Lontong Orari. Lontong besar berbentuk segitiga diguyur yang dengannya kuah santan yng gurih yang dengannya nangka muda di dalamnya, dinikmati bersama ikan haruan ataupun ayam goreng yng sudah diselimuti bumbu manis yang dengannya tidak banyak cubitan rasa pedas. Josss....
Yuk kita liat masakan pilihan di provinsi lain-lainnya:
Bagian 2 - Masakan pilihan dari Sulawesi-Maluku-Papua-Nusa Tenggara Bagian 3 - Masakan pilihan dari Jawa serta Bali

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar 30 Kuliner Pilihan dari 30 Provinsi di Indonesia (1)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 30 Kuliner Pilihan dari 30 Provinsi di Indonesia (1)