Kuliner 105 - Gudeg Bu Lies, Jogja

- Kamis, Oktober 12, 2017

Kuliner 105 - Gudeg Bu Lies, Jogja

 
Gudeg Wijilan "BU LIES"
Jl. Wijilan 5, Jogja
Telp: (0274) 450164 - 7114670
Jogja memanglah dikenal menjdai kota gudeg, namun ada satu daerah yng memaklumatkan diri menjdai Pusat Gudeg-nya Jogja, yakni di Jl. Wijilan. Pada suatu malam saya beserta rombongan dinas berkesempatan buat mengunjungi tempat ini, berjejer tempat-tempat makan yng menjual makanan seragam GUDEG. Kami memilih satu dari sekian banyaknya tempat yng kayaknya paling luas, tertulis di depan "Gudeg Bu Lies"
Suasana "Jawa" langsung menyergap begitu kita duduk, pilihan lesehan ataupun pake bangku tersedia. Daftar menu pun langsung "dihidangkan" salah satunya menu buat yng mau bawa pulang (besek or kendil). Bagi atau bisa juga dikatakan untuk santap di tempat tersedia aneka pilihan yang dengannya "toping" utama: Gudeg + Krecek. Sampingannya mampu kita pilih sendiri semisal tahu, telur, aneka bagian ayam (paha atas, paha bawah, paha sambung, dada sayap, kepala serta ati ampela). Buat jelasnya klik gambar menu di atas. Saya sih pilih paha atas (semisal biasa) percis kepala (buat digerogotin). Meskipun pendapat dari saya tak sedahsyat Gudeg Yu Djum, gudeg Bu Lies ini tetap menyimpan cita rasa yng kaya dari masakan khas Yogya ini. Legitnya sang gudeg plus pedas-pedas manisnya si krecek berpadu harmonis yang dengannya lezatnya daging ayam yang dengannya bumbu yng meresap hingga ke tulang. Meski agak sayang, dagingnya tidak banyak alot. Satu porsi nasi gudeg ini mampu kita nikmati yang dengannya harga mulai 7000rupiah (Gudeg krecek tahu) hingga 30rb rupiah (Komplit spesial: Ayam, Telur, Ati Ampela). Seluruppp....
Buat minumnya tentunya paling cocok yang dengannya Teh Poci. Teh tubruk panas yng disajikan dalam poci serta gelas kecil dari tanah liat ini emang paling pass, apalagi ditimpali yang dengannya gula batu yng khas. Mengapa ya teh poci ini punya cita rasa serta aroma berbeda yang dengannya teh yng disajikan dalam gelas biasa???
Jadi yng lagi di Jogja, boleh-boleh deh mampir di Pusat Gudeg-nya kota ini. Lokasinya gak jauh dari Alun-Alun Keraton koq. Serta buat yng pengen membagi kenikmatan gudeg percis orang di rumah silakan pesan dalam kemasan besek ataupun kendil.
Masakan Jogja lain-lainnya:
Bakmi Jombor
Gudeg Yu Djum

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 105 - Gudeg Bu Lies, Jogja

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 105 - Gudeg Bu Lies, Jogja