Pantai Nglambor Gunung Kidul Wonosari Yogyakarta

- Rabu, Juni 07, 2017

Pantai Nglambor Gunung Kidul Wonosari Yogyakarta

 

Berbatasan langsung yang dengannya Samudra Hindia menjadikan pantai-pantai di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta mempunyai karakter yang dengannya ombak yng cukup tinggi serta besar. Oleh karena itu hampir di setiap pantai terdapat larangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berenang di laut, malah andai ingin mandi-mandi serta bermain ombak cuma boleh di pesisir pantai yng dangkal. Kondisi ini menjadikan wisatawan tak mampu melakukan aktivitas snorkeling. Walau begitu Kamu tak usah buru-buru kecewa. Sebenarnya, di deretan pantai-pantai berombak besar yang telah di sebutkan tersembunyi satu pantai yng tenang serta berair dangkal menjadikan cocok dijadikan tempat berenang ataupun snorkeling. Pantai yang telah di sebutkan merupakan Pantai Nglambor.
Pantai Nglambor yng terdapat atau terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul merupakan tempat Snorkeling di Jogja yng paling terkenal andai dibandingkan yang dengannya tempat lain-lainnya. Berjarak tidak lebih lebih 70 km dari pusat kota Jogja, pantai ini menunjukkan panorama pantai yng indah. Terdapat dua batu karang besar yng menyerupai kura-kura persis di depan teluknya. Pantai Nglambor disaat dilihat dari kejauhan murip semisal tanah lot nya Jogja.
Trekking yang dengannya jarak tempuh lima belas menit dari tempat parkir menjadi pilihan beberapa wisatawan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakhiri tiga jam perjalanan terguncang-guncang di atas kendaraan. Medan yng terlalu rawan yang dengannya jalanan menukik curam mengharuskan kami berjalan kaki ataupun menyewa jasa ojek berpengalaman daripada membawa kendaraan sampai-sampai ke dekat pantai sendirian. Melewati celah pagar tanaman pandan laut (Pandanus tectorius), kami hingga di bibir pantai. Segerombolan anak muda yang dengannya jaket pelampung lengkap yang dengannya perlengkapan snorkel lain-lainnya, terlihat antusias serta tidak sabar ingin segera berenang serta menyelam di perairan dangkal. Tempat Pantai Nglambor adalah satu dari sekian banyaknya destinasi snorkeling di daerah pesisir selatan Jogja yng mempunyai panorama dasar laut menakjubkan yang dengannya ragam terumbu karang serta biota laut. Ikan jenis Sergeant Major, Jambrong serta beberapa ikan kecil lain-lainnya merupakan penghuni tetap yng terlihat Suka berenang bergerombol ataupun bermain petak umpet di celah-celah terumbu karang.
Pemandangan cantik yng tertutup ombak ini Amat di awasi kelestariannya oleh masyarakat sekitar Pantai Nglambor. Malah daerah pantai ini adalah daerah budidaya beberapa jenis ikan dan lokasi konservasi terumbu karang serta biota laut lain-lainnya. Tradisi upacara sedekah laut Ngalangi pun pula di lakukan di pantai ini. "Ngalangi" dalam bahasa Jawa berguna memperhalang ataupun melarang. Masyarakat sekitar pantai Nglambor melarang siapapun bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangkap ikan di daerah pantai kecuali sekali dalam setahun, di luar musim pemijahan ikan. Prosesi penangkapan ikan pun cuma mampu di lakukan yang dengannya mempergunakan gawar, semacam jaring dari akar pohon wawar yng dipancangkan serta dihalau bersama-sama ke laut oleh masyarakat setempat. Seolah tidak mau ketinggalan, alam pun turut melindungi serta mempertahankan keelokan akuarium semesta ini yang dengannya adanya dua karang kura-kura raksasa bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi pantai. Yang dengannya gagah "Watu Kalong" serta "Watu Kuntul" menjinakkan ombak-ombak garang agar tidak terlalu keras memukul bibir pantai. Keberadaan dua karang kura-kura raksasa ini dia yng membuat terumbu karang Pantai Nglambor tak rusak dihempas gelombang, sekalian aman bagi atau bisa juga dikatakan untuk snorkeling.
Cara Berwisata ke Pantai Nglambor
  • Bawalah sandal karet (jepit) lantaran anda akan melewati karang serta bebatuan yng tajam bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai bibir pantai.
  • Topi serta kacamata hitam butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga kulit dari di kenai teriknya panas sinar matahari lebih-lebih andai ingin bermain-main bersama sahabat ataupun keluarga yng tak akan melakukan snorkel ataupun berenang.
  • Bawalah pakaian ubah lantaran tak ada tempat penyewaan baju renang.
  • Berhati-hatilah disaat snorkeling, terkadang ombak datang kencang andai tak berhati-hati, mampu tergores bebatuan karang.
  • Andai berangkat ke sana sebaiknya hubungi dulu cp petugas dipantai bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanya kondisi serta booking alat snorkelnya. Andai sebenarnya keadaaan tak memungkinkan kita mampu beralih ke pantai yng lain
  • Waktu yng paling tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk snorkeling merupakan pagi hari ataupun sore hari lantaran pada siang hari umumnya tak terang lantaran di kenai bias sinar matahari.
Perlengkapan Snorkling





Source Article and Picture : www.kulinerwisata.com

Seputar Pantai Nglambor Gunung Kidul Wonosari Yogyakarta

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pantai Nglambor Gunung Kidul Wonosari Yogyakarta