Kuliner 114 - Oleh-oleh Pontianak

- Jumat, Juni 30, 2017

Kuliner 114 - Oleh-oleh Pontianak

 
Toko Asia
Jl. Pattimura No. 12
Pontianak
Apa yng mampu jadi buah tangan dari kota Khatulistiwa? Beragam penganan khas yng jarang kita jumpai di kota lain tidak sedikit tersedia disini. Yang dengannya cita rasa serta tampilan yng menarik hati memanglah membuat kita terasa ingin memboyong semuanya pulang ke kota kita. Yng paling menonjol serta terkenal merupakan banyak sekali olahan dari lidah buaya atau juga aloe vera serta lempok durian. Ini dia tidak banyak oleh-oleh dari Toko Asia-Pontianak.
Lempok Durian, sejenis dodol yang dengannya bahan baku buah durian. Para penggemar durian pasti pula menggemari penganan yng satu ini. Manis serta legit yang dengannya aroma durian yng kuat memanglah menjadi tanda khas dari lempok ini. Tersedia dalam kemasan yng kecil serta besar tinggal dipilih saja sesuai selera.
Dodol Lidah Buaya, lidah buaya konon adalah makanan yang dengannya serat yng tinggi, namun saya gak tau kalo diolah menjadi dodol seratnya tetap tinggi gak ya? namun yng terang tetep enak :) Namun meskipun enak, saya tak menemukan tanda khas yng menonjol dari penganan yng satu ini selain bahan bakunya yng memanglah jarang ditemui di kota lain. Ada dua jenis dodol lidah buaya yng dijual di sini, yng biasa serta rasa jahe.
Minuman Lidah Buaya, nah yng ini jadi favorit saya, hampir serupa yang dengannya minuman nata de coco yng tidak sedikit dijual di Cianjur serta pasar swalayan, akan tetapi olahan kelapanya diganti yang dengannya olahan lidah buaya. Saya pribadi lebih menyukai minuman olahan aloe vera ini dibanding nata de coco. Lantaran selain kenyal "daging"nya pula nyakres, lebih enak buat digigit :)
Sebenernya masih tidak sedikit makanan oleh-oleh yng mampu dibawa dari Pontianak, sebut saja manisan lidah buaya, dodol buah (sirsak, pepaya, ketan hitam serta lain-lain), ikan asin, kripik ketela serta sebagainya. Silakan saja berkunjung di Jl. Gajah Mada ataupun di Jl. Pattimura, namun kata pengantar saya di Pontianak, di Jl. Pattimura relatif lebih murah. Saya memilih toko Asia lantaran tampak ramai serta tidak sedikit makanan yng mempergunakan brand toko itu. Serta plusnya lagi packagingnya ciamik, meski mempergunakan dus bekas, namun dibalut lagi mempergunakan semacam kertas berbahan plastik yng anti air menjadikan kita tak butuh kuatir mau disimpan di bagasi ataupun kabin dalam pesawat. Jadi, belanja oleh-oleh yuk....

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 114 - Oleh-oleh Pontianak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 114 - Oleh-oleh Pontianak