7 Kuliner Khas Bandung yang Harus Dicoba

- Senin, Juni 19, 2017

7 Kuliner Khas Bandung yang Harus Dicoba

 
Mie Kocok Special Mang Dadeng - Bandung, lengkap yang dengannya sumsumnya
Kota Bandung menjadi satu dari sekian banyaknya kota tujuan wisata di Indonesia. Pemandangan yng indah, udara yng sejuk, tempat belanja yng beragam serta aneka masakan yng enak menjadikan kota yng dikenal yang dengannya sebutan kota kembang ini dipadati wisatawan khususnya di hari liburan. "Surga masakan" pula menjadi julukan kota Bandung lantaran banyaknya tempat makan serta variasi masakan yng tersedia di banyak sekali sudut kota ini, mulai dari yng menyajikan aneka makanan khas eropa, jepang, korea, bali, jawa, sunda serta sebagainya. Namun tentunya masakan khas Bandung menjadi magnet utama bagi para wisawan yng berburu masakan di kota ini. Apa saja masakan Bandung yang telah di sebutkan? Serta dimana saja kita mampu mendapatkannya? Ini dia 7 masakan khas Bandung yng Perlu dicoba:

1. Mie Kocok

Mie kuning serta tauge dalam kuah bening yng agak kental lantaran "ternodai" oleh lemak kaki sapi, tidak tidak ingat yng menjadi tanda khas dari sajian mie khas Bandung ini merupakan "topping" kikil sapinya. Mie Kocok, entah mengapa disebut mie kocok, lantaran proses pembuatannya pun tak ada tahapan mengocok. Namun ini dia masakan Bandung yng diburu oleh tidak sedikit wisatawan yng datang ke kota ini. Tidak heran penjaja mie kocok pun yang dengannya gampang kita jumpai di banyak sekali sudut kota Bandung. Malah saat ini di beberapa titik tujuan wisata, semisal tempat Factory Outlet di Jl Riau, kita mampu menemukan beberapa pedagang mie kocok. Beberapa Mie Kocok yng terkenal diantaranya merupakan Mie Kocok Mang Dadeng yng membuka gerainya di Jl. Banteng (saat ini Jl. KH Ahmad Dahlan), Mie Kocok SKM (Jl Sunda), Mie Kocok H. Amsar (Jl Sudirman), Mie Kocok depan Toko Kartika Sari (Jl Buah Batu) serta lain-lain.
Lotek Kalipah Apo

2. Lotek

"Steamed/Boiled vegetables in a thickpeanut sauce", mungkin itu penjelasan yng Suka didapati di resto-resto yng menyajikan menu ini. Lotek memanglah tersusun dari aneka sayuran semisal kangkung, kacang panjang, kol serta timun, yng lantas diaduk bersama bumbu kacang yng umumnya dibuat dadakan. Mirip yang dengannya gado-gado, namun aroma kencur serta penggunaan kentang pada bumbu kacangnya menjadi pembeda yng utama, selain umumnya gado-gado disajikan yang dengannya bumbu yng cuma diguyurkan saja. tak diaduk. Lotek merupakan makanan khas Sunda, serta gampang ditemui di banyak sekali rumah makan khas Sunda di banyak sekali kota di Jawa Barat. Di Bandung, Lotek yng enak serta terkenal diantaranya mampu dijumpai di Jl Kalipah Apo, Jl Macan, Jl Cihapit serta Jl Alkateri
Baso Tahu Tulen

3. Baso Tahu

Orang Jakarta lebih senang menyebutnya Siomay, namun di Bandung sendiri Suka disebut Baso Tahu. Tak ada yng salah sih, lantaran memanglah di dalam satu porsi sajian ini kita mampu menemukan baso tahu bersanding yang dengannya siomay, kentang rebus, kol rebus serta telur rebus. Terkadang kita pula mampu menemukan paria dalam hidangan ini. Baso Tahu memanglah menjadi satu dari sekian banyaknya ikon masakan Bandung, menjadikan di daerah lain hidangan serupa Suka dibubuhi kata "Bandung" di belakangnya, semisal "Siomay Bandung". Kita pula akan yang dengannya gampang menemukan penjaja baso tahu di tidak sedikit tempat, umumnya dijajakan mempergunakan gerobak dorong. Brand Baso Tahu yng cukup berhasil serta sudah mempunyai cabang dimana-mana merupakan Baso Tahu Tulen. Berpusat di Jl Situ Indah (Pagarsih), era ini Baso Tahu Tulen mempunyai cabang di samping Griya Jl. Buah Batu, Jl. Sadewa, Jl Setiabudi, Jl Kemuning (samping Prima Rasa) serta Rest Area Pintu Keluar Tol Pasteur.
Batagor

4. Batagor

Batagor adalah singkatan dari Baso Tahu Goreng. Ya, Batagor adalah diversifikasi produk dari baso tahu itu sendiri yng konon tercipta bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan daya tahan menjadikan baso tahunya digoreng. Era ini batagor pula umumnya dijual berdampingan yang dengannya siomay goreng. Pada biasanya batagor disajikan yang dengannya bumbu kacang, namun era ini muncul juga variasi lain-lainnya yakni batagor kuah. Beberapa nama Batagor yng cukup terkenal diantaranya: Batagor Riri (Jl Burangrang), Batagor Abuy (Jl Lengkong Besar), Batagor Kingsley (Jl Veteran), Batagor Darto (Simpang Dago) serta Batagor Isan (Jl Bojongloa). Nama yang terakhir katanya merupakan pelopor terciptanya masakan khas Bandung yng satu ini.
Nasi Timbel

5. Nasi Timbel

Nasi Timbel sebetulnya hanyalah nasi putih/merah yng dibungkus daun pisang menjadikan memberikan aroma harum yng mengunggah selera. Nasi timbel umumnya ditemani yang dengannya lauk semisal ayam goreng/bakar, tahu/tempe goreng, jambal asin, gepuk/empal serta tidak tidak ingat lalapan sayur lengkap yang dengannya sambalnya. Menu ini tersedia di sebagian besar rumah makan sunda, namun di Bandung kita mampu menemukan tempat makan yng memanglah spesialisasinya merupakan nasi timbel semisal Nasi Timbel Mangga (Jl Mangga), Nasi Timbel Istiqomah (dulu di dekat Masjid Istiqamah, namun era ini telah beralih ke Jl Cilaki), Nasi Timbel Bawean (Jl Bawean) serta sebagainya.
Kupat Tahu Gempol di Pasar Gempol - Bandung

6. Kupat Tahu

Ada dua jenis gagrak kupat tahu yakni kupat tahu padalarang serta kupat tahu bandung. Kupat Tahu Padalarang bumbunya cenderung cair yang dengannya aroma manis serta gurih, sedangkan kupat tahu bandung buumbunya saus kacang yng kental. Namun isi dari kedua jenis kupa tahu yang telah di sebutkan relatif percis: kupat/lontong, tahu serta toge. Di Bandung ada penjaja Kupat Tahu yng legendaris serta selalu menjajakan kupat tahunya setiap pagi di tempat Pasar Gempol, menjadikan Suka disebut Kupat Tahu Gempol. Yng berbeda dari Kupat Tahu Gempol merupakan bumbunya yng rasanya berani serta lontongnya yng kenyal.
Yamin Mie Akung, lengkap yang dengannya Baso-Tahu-Siomay serta Ceker

7. Yamin / Mie Baso

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng satu ini mungkin tak terlalu khas Bandung, namun ramai sekali wisatawan yng berkunjung ke kota ini berusaha menyempatkan saatnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati hidangan Yamin Baso. Memanglah cita rasa Yamin di Bandung ini berbeda yang dengannya yamin di kota lain-lainnya, belum pula side dishnya semisal baso serta siomay yng pula Amat khas di kota ini. Yamin sendiri sebetulnya merupakan mie yng diaduk langsung yang dengannya bumbunya, umumya yamin manis menjadikan diaduk mempergunakan kecap manis. Beberapa Yamin yng cukup kondang di Kota Bandung dintaranya Mie Akung (Jl Lodaya), Warung Lela atau juga Wale (Rancakendal), Mie Linggarjati (Jl Balong Gede - Alun-Alun), Mie Avon (Jl Ahmad Yani, dekat perempatan lima) serta sebagainya.
Itulah 7 Masakan Bandung yng Perlu Kamu coba. Tentu masih tidak sedikit aneka masakan di Bandung yng tak cukup terwakilkan oleh aneka sajian di atas, namun paling tak itulah yng Perlu Kamu coba selama berwisata masakan di Bandung. Selamat Berlibur!

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar 7 Kuliner Khas Bandung yang Harus Dicoba

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 7 Kuliner Khas Bandung yang Harus Dicoba