Kuliner : Coklat Monggo Jogja

- Senin, April 10, 2017

Kuliner : Coklat Monggo Jogja

 
Siapa sangka, di kota Jogja yng kental tradisi daerah muncul produk coklat gaya Swiss yng lezat, bernama Coklat Monggo. Diprakarsai oleh seorang turis asing bernama Thierry Detournay yng sedang berlibur ke Jogja pada tahun 2001. Menjdai warga negara Belgia, Thierry Amat menyukai coklat (cokelat), sampai-sampai akhirnya dia dirikan home industri coklat di bawah naungan CV. Anugerah Mulia yng pengolahannya masih konvensional di sebuah rumah kecil di di Jalan Dalem KG III/978, kota gede, Yogyakarta.
Coklat yang dengannya kemasan kertas daur ulang yng eco-friendly ini terpadu cita rasa barat serta timur. Produk andalannya merupakan dark chocolate, memakai campuran 58% kokoa tanpa minyak nabati, agar coklat aslinya masih terasa. Selain produk yang telah di sebutkan, ada pula varian coklat Monggo, yakni Praline yng diberi kacang mete, ada pula yang dengannya kombinasi jahe, red chili, macadamia, orange peel, Dark 69% kakao, Caramello – Krim Karamel, durian, strawberry, dll. Menjdai masakan Jogja yng terbilang baru, harga cokelat monggo relatif cukup murah mulai Rp18.000, kamu mampu beli bagi atau bisa juga dikatakan untuk oleh-oleh sepulang dari Jogja.
Sejarah Coklat Monggo
Nama ‘monggo’ sendiri muncul tak sengaja disaat Thierry, Edo (direktur) serta Burhan (staf kreatif) berkumpul sore hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari nama propduk yng unik. Salah seorang dari orang-orang mengucapkan bahasa jawa kata ‘monggo’ yng pengertiannya ‘silakan’. ‘Monggo’ biasa diucapkan orang jawa sembari mengacungkan jempol disaat bertamu, ataupun akan berpamitan menjdai bentuk sopan santun. Nama yang telah di sebutkan gampang diingat serta terdengar khas jawa-nya. Akhirnya dipilihlah menjdai merek produk cokelat khas Jogja. Sejak mulai tahun 2005, sampai-sampai kini CV. Anugerah Mulia mempunyai 100 karyawan yng bekerja di Jogja serta jakarta, sementara pabrik tetap berada di kotagede, Yogyakarta, akan tetapi distribusi Coklat Monggo telah mencapai jakarta serta bali.
Sumber : http://www.jogjawae.com/coklat-monggo-asli-jogja.html


Source Article and Picture : www.kulinerwisata.com

Seputar Kuliner : Coklat Monggo Jogja

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner : Coklat Monggo Jogja