Kuliner Jakarta - Nasi Uduk Kebon Kacang

- Selasa, Februari 21, 2017

Kuliner Jakarta - Nasi Uduk Kebon Kacang

 

Wisata Masakan Indonesia #395
Masakan Jakarta
Nasi Uduk Kebon Kacang (Kedai Zainal Fanani)
Jl. Kebon Kacang 8 No. 5, Jakarta
Telp: 021 - 31903863
Menyebut nasi uduk di Jakarta pasti akan langsung dikaitkan yang dengannya Nasi Uduk Kebon Kacang, yng menjadi mempunyai brand image yng kuat bagi masakan khas Jakarta ini. Namun dimanakah sebetulnya lokasi dari Nasi Uduk Kebon Kacang yng asli? Ya, yang dengannya nama yng telah Amat lekat menjdai nasi uduk yng kesohor, tidak heran tidak sedikit penjaja nasi uduk yng melabeli dagangannya yang dengannya nama serupa: Nasi Uduk Kebon Kacang. Namun andai mau menemukan nasi uduk kebon kacang yng asli, ataupun mungkin mampu disebut menjdai pelopor nasi uduk di daerah kebon kacang, langkahkan kakimu ke Jl. Kebon Kacang 8, tak jauh dari ruas jalan KH Wahid Hasyim yng mengarah ke Tanah Saudara tertua. Kedai Zainal Fanani, demikian nama kedai ini, sesuai yang dengannya nama sang pemilik yng meneruskan bisnis sang ayah. Serta paling tak ini dia 5 alasan mengapa anda Perlu berupaya nasi uduk yng legendaris ini:
1. Sajian Nasi Uduknya yng Unik
Nasi Uduknya disajikan berbeda yang dengannya tempat lain. Tak langsung di atas piring, nasi uduknya dikemas seukuran kepalan tangan dalam balutan daun pisang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmatinya kita tinggal menyomotnya dari baki yng telah disajikan di meja serta langsung disimpan di piring kita. Lantaran ukurannya yng kecil, tentunya tak cukup cuma satu yng kita ambil. Dua ataupun tiga malah lebih mampu tanpa sadar beralih ke piring kita, dimana harga satu kepal nasi uduk disini Rp. 2500,-. Harumnya nasi uduk yng khas ditimpali yang dengannya taburan bawang merah goreng benar-benar menarik hati seluruh indera kita.
2. Aneka Lauk yng Menarik hati
Pendamping dari nasi uduk ini pula memegang peranan penting, kita mampu memilih aneka lauk yng tidak kalah menarik hati selera dari display kaca begitu kita masuk kedai ini. Ada ayam kampung goreng, ati, ampela, sate udang, empal, paru, babat, iso, tahu, tempe, pete serta sebagainya. Harga lauk di nasi uduk kebon kacang ini bervariasi mulai dari 2000 hingga 20.000. Hati-hati melihat tampilan lauk yng dipajang semisal itu mampu membuat kita kalap pula hehehe.
3. Bumbu Kacang serta Kecap yng Khas
Tak lengkap rasanya menyantap nasi uduk tanpa kehadiran sambel kacangnya. Beberapa pedagang nasi uduk yng pernah saya sambangi umumnya menyajikan sambal kacang yang dengannya cita rasa gurih serta pedas, cenderung tawar. Namun di Nasi Uduk Kebon Kacang ini sambal kacang yng disajikan memberikan semburat rasa manis, mungkin lantaran dipadupadankan yang dengannya kecap manis yng khas. Iya loh, kecap manis yng disajikan di meja merknya khusus, dibagian tengah tertulis "PUAS" serta dikelilingi oleh goresan pena "Nasi Uduk kebon Kacang Zainal Fanani - Sejak 1967"
4. Jam Buka yng Panjang
Tidak sedikit pedagang nasi uduk yng buka di pagi hari serta telah tutup menjelang siang ataupun sore, ada juga yng baru buka di sore hari serta tutup era malam sudah larut. Di Nasi Uduk Kebon Kacang ini jam bukanya cukup panjang, lantaran telah mulai berjualan pada pukul 10 pagi serta menutup kedainya pada pukul 12 malam. Hal ini dia yng membuat kita mampu leluasa memilih waktu menikmati nasi uduk ini, namun yng Perlu diingat andai datang jam makan siang maka kedai ini akan tampak dipenuhi oleh para pelanggan setianya. Buat parkir pun jadi sulit...
5. Masakan Legenda
Zainal Fanani meneruskan bisnis nasi uduk bapaknya yng mulai menjajakan nasi uduk di tahun 1967. Dulu lokasinya di Jl Kebon Kacang I sebelum beralih ke lokasinya yng saat ini sejak tahun 2000. Berguna bisnis Nasi Uduk Kebon Kacang ini telah hampir bertahan selama 50 tahun ataupun 1/2 abad! Jadi kalau pendapat dari saya, merasakan cita rasa masakan legenda semisal di sini butuh di lakukan, lantaran tentunya orang-orang bertahan bukan tanpa alasan.
Jadi, yuk meluncur ke Kedai Zainal Fanani, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati masakan kondang khas Jakarta: Nasi Uduk Kebon Kacang.
Peta serta Alamat Nasi Uduk Kebon Kacang:
Jl. Kebon Kacang 8 No. 5, Jakarta
Koordinat GPS: 6.18783, 106.8186

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Jakarta - Nasi Uduk Kebon Kacang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Jakarta - Nasi Uduk Kebon Kacang