Kuliner 111 - Pondok Grafitasi, Pontianak

- Senin, Februari 27, 2017

Kuliner 111 - Pondok Grafitasi, Pontianak

 
Pondok Grafitasi
Jl. Raya Sungai Burung
Simpang Segedong - Kab. Pontianak
Telp: 0812 5691262
Makan seafood di pondok-pondok yng dibangun di atas sungai, suasananya emang dapet. Itu yng saya rasakan disaat diajak makan siang di Pondok Grafitasi dalam perjalanan saya menuju Singkawang dari Pontianak. Menu ikan, udang, cumi serta kepiting memanglah menjadi andalan di tempat makan ini, salah satunya "appetizer" berupa pulut panggang plus sambal kepah. Ada dua nama ikan yng menarik perhatian saya dari daftar menu yakni ikan senangin serta ikan ansam, ama ikan yng tak pernah saya jumpai di daerah lain-lainnya. Langsung saja saya pesan dua ikan itu yang dengannya masakan yng berbeda pula. Ikan ansamnya saya meminta dibakar. Yng hadir merupakan Ikan Ansam Bakar yang dengannya bumbu pedas namun manis yng mempunyai cita rasa aduhaiiiii.... Enak banged... Kelembutan dagingnya yng masih panas yang dengannya bumbu bakarannya yng meresap, pedas serta legit bener-bener membuat makan siang saya pertama di provinsi yng dilalui garis khatulistiwa ini benar-benar sempurna.
Bagaimana yang dengannya nasib ikan senangin? Atas saran orang setempat, ikan ini dikorbankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibumbuin Asam Pedas. Serta yng hadir merupakan semangkuk besar ikan senangin dalam genangan kuah asam pedas. Aroma kuahnya telah menarik hati begitu Senangin Asam Pedas ini tersaji di meja. Rasanya? Hmmm, yummiii, seggeerrr banged. Panas serta pedasnya langsung membuat dahi kita berpeluh. Puasss rasanya menyantap Ikan Senangin Asam Pedas...
Ada dua pilihan udang di tempat ini, Udang Gala serta Udang Dogol. Udang Gala ukurannya besar serta berasal dari laut, sedangkan udang dogol diambil dari sungai. Kita pesan udang dogol, lantaran namanya terkesan unik. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk merasakan nikmatnya daging udang yng fresh, saya meminta bagi atau bisa juga dikatakan untuk direbus saja. Seporsi besar udang langsung hadir di meja saya. Dagingnya terasa ada semburat manis ciri kesegaran dari kumpulan udang ini, dicocol pake sambel, pas....
Nah, yng unik "appetizer"-nya nih, Pulut Panggang. Semacam lemper namun dibakar n isinya bukan daging ayam namun udang-udang kecil. Rasanya gurih n enak. Asal jangan kebanykan aja makannya, ntar keburu kenyang hehehe.
Paling pas pulut panggang ini dicocol pake Sambal Kepah. Kepah ini serupa yang dengannya kerang, yng lantas dimasak sambal (sambal terasi?). Rasa gurih, manis serta pedas bersinergi yang dengannya harmoni yng memberikan sensasi indah bagi indera pengecap kita. Wajib dicoba!!!
Saya pernah sempet mengunjungi Kalimantan Barat di akhir tahun 2006, namun belum "serius" bagi atau bisa juga dikatakan untuk berwisata masakan. Jadi peluang kedua ini tak disia-siakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati kenikmatan masakan provinsi yng berbatasan yang dengannya Negeri Jiran ini. Apa yng pernah saya tulis di awal pembuatan blog ini akan saya lengkapi pada peluang kunjungan kedua ini. Silakan menikmati.....

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 111 - Pondok Grafitasi, Pontianak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 111 - Pondok Grafitasi, Pontianak